Komputer Terapan: Pengertian dan Jenis

Komputer Terapan

Komputer Terapan adalah ilmu yang mengajarkan dasar-dasar pengoperasian komputer. Komputer terapan bermanfaat bagi berbagai bidang ilmu, salah satunya dalam Teknologi Pangan.  

Komputer terapan jaringan adalah sekelompok komputer rekayasa(terapan) yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi. 

Sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras dengan tujuan membawa informasi secara cepat dan tepat dari sisi pengirim (Transmitter) menuju ke sisi penerima (Receiver).

Melalui komputer terapan, kemampuan dalam mengolah dan menganalisa data serta pemanfaatan software dalam komputer dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan dalam bidang tertentu.   

Jenis komputer terapan berdasarkan fungsi alat dibagi menjadi 2 yaitu 

  1. Jaringan nirkabel(Wi-Fi)

wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel.

Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.

Wireless LAN menggunakan gelombang elektromagetik (radio dan infra merah) untuk melakukan komunikasi data menyalurkan data dari satu point ke point yang lain tanpa melalui fasilitas fisik. 

Koneksi ini menggunakan frekuensi tertentu untuk menyalurkan data tersebut, kebanyakan Wireless LAN menggunakan frekuensi 2,4 GHz.

Kelebihan :

  • Pemeliharaan murah
  • Infrastruktur berdimensi kecil
  • Pembangunan cepat
  • Mudah dan murah untuk direlokasi dan mendukung portabilitas
  • Koneksi internet akses 24 jam
  • Akses internet yang cepat
  • Bebas tanpa pulsa telepon
  • Ramah lingkungan10.Memungkinkan menjangkau tempat yang sulit secara geografis

Kekurangan :

  • Biaya peralatan mahal
  • Delay yang sangat besar
  • Kesulitan karena masalah propagasi radio
  • Keamanan data
  • Kapasitas jaringan karena keterbatasan spektrum
  • Rentan terhadap noice
  1. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Wire Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai mediapenghantar. Jadi, data mengalir pada kabel. 

Kabel yang umum digunakan pada jaringankomputer biasanya menggunakan bahan tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakanbahan sejenis fiber optic atau serat optik. Biasanya bahan tembaga banyak digunakan pada LAN

Kelebihan:

  1. Tidak rentan terhadap penyadapan data dibanding teknologi wireless.
  2. Dengan Kabel, kecepatan yang dikutip dalam Mbps (ke bawah atau ke atas).

Kekurangan :

  1. Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi.
  2. Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya acoecrosstalka dan sinyal acoenoisea

Jenis komputer terapan jaringan berdasarkan koneksi 

  1. Client-Server

Client-Server adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client (biasanya aplikasi yang menggunakan GUI) dengan server. 

Client-server menggambarkan hubungan antara dua program komputer di mana satu program, klien, membuat permintaan layanan dari program lain, server, yang memenuhi permintaan. 

Meskipun ide client–server dapat digunakan oleh program dalam satu komputer, itu adalah ide yang lebih penting dalam jaringan.

Dalam sebuah jaringan, model client–server menyediakan cara yang nyaman untuk menghubungkan program yang didistribusikan secara efisien di lokasi yang berbeda. 

Transaksi menggunakan komputer Client-server model sangat umum. Misalnya, untuk memeriksa rekening bank Anda dari komputer Anda, sebuah program klien di komputer Anda ke depan permintaan Anda ke program server di bank. 

  1. Peer to Peer

Peer To Peer adalah  jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. 

Pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).

  1. Hybrid Network

Hybrid Network adalah Network yang dibentuk dari berbagai Topologi (seperrti dan Teknologi. Sebuah Hybrid Network mungkin sebagai contoh, diakibatkan oleh sebuah pengambilan alihan suatu perusahaan. 

Sehingga, ketika di gabungkan maka teknologi-teknologi yang berbeda tersebut harus digabungkan dalam network Tunggal. Sebuah Hybrid metwork memiliki semua Karakteristik dari topologi yang terdapat dalam jaringan tersebut.

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Komputer Terapan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah membaca.     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *