Perawatan Kulit Wajah Yang Benar

Perawatan Kulit Wajah

Perawatan Kulit Wajah adalah prosedur untuk memelihara kesehatan kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Perawatan kulit wajah merupakan salah satu prosedur yang paling umum dan dapat dilakukan secara rutin, baik di rumah, klinik estetika, maupun rumah sakit.

Perawatan wajah atau facial adalah prosedur perawatan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah manusia. Facial merupakan layanan yang paling umum diberikan di spa.

Masalah kulit wajah ini dapat berkaitan dengan tekstur, tekanan sel, warna, dan kesehatan secara keseluruhan, sementara prosedur yang dilakukan dapat mencakup pembersihan, eksfoliasi, penghilangan komedo, pemberian masker kecantikan, pemijatan, dan pemberian nutrisi.  

Kulit berfungsi untuk melindungi tubuh dari perubahan suhu, tekanan, dan benda asing. Kulit juga berfungsi sebagai indra peraba, pengatur suhu tubuh, dan penyeimbang cairan tubuh melalui keringat.

Tujuan Perawatan Wajah

  1. Meningkatkan kebersihan, kesehatan, kesegaran dan kecantikan kulit wajah dari kotoran-kotoran yang menempel baik karena karena riasan wajah, debu atau lapisan kulit mati.
  2. Mengatasi berbagai macam masalah pada kulit wajah seperti jerawat, komedo, kulit kusam, flek pada kulit wajah dan tekstur kulit yang tidak rata
  3. Memperbaiki kondisi kulit dari keriput dan kerutan kecil dari kulit kasar menjadi halus
  4. Meningkatkan peredaran darah dan getah bening pada kulit wajah
  5. Merangsang kembali kegiatan sel kulit wajah

Perawatan kulit wajah pria 

Berikut perawatan wajah untuk pria yang bisa diterapkan:

  1. Ketahui Jenis Kulit Wajah 

Sebelum memilih produk perawatan kulit, ketahui jenis kulit terlebih dahulu. Menurut American Academy of Dermatology, ada lima jenis kulit, yaitu kulit normal, kering, sensitif, berminyak, dan kombinasi.

Dengan memahami jenis kulit, cara merawat kulit wajah pria pun akan lebih gampang, terutama dalam pemilihan produk yang tepat.

  1. Bersihkan Wajah

Aktivitas di luar ruangan dapat membuat kulit wajah pria mudah kotor. Untuk itu, salah satu perawatan wajah pria yang paling penting adalah membersihkan wajah menggunakan facial wash.

Membersihkan wajah dari kotoran menjadi salah satu cara merawat wajah pria agar tidak kusam dan mencegah timbulnya jerawat

  1. Gunakan Toner

Tidak hanya wanita yang membutuhkan toner wajah, pria juga memerlukannya. Toner digunakan setelah mencuci muka untuk mengembalikan pH kulit dan mengangkat sisa kotoran di wajah.

Bagi pemilik kulit kering, gunakan hydrating toner agar dapat membantu melembapkan. Untuk kulit berminyak, gunakan toner yang oil-free untuk membantu mengangkat minyak berlebih di wajah.

  1. Eksfoliasi

Perawatan wajah pria berikutnya adalah exfoliation, bisa di rumah ataupun klinik kecantikan. Eksfoliasi dengan scrub atau bahan kimia (chemical peeling) bisa menjadi cara merawat wajah pria agar tidak kusam karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Dengan eksfoliasi, kulit juga dapat menyerap produk skincare lebih baik sehingga hasilnya lebih maksimal.

  1. Pakai Tabir Surya

Bagi pria yang memiliki aktivitas dengan paparan sinar matahari selama lebih dari 2 jam, sebaiknya gunakan tabir surya sebagai pelindung kulit wajah (SPF minimal 30).

Tabir surya berfungsi mencegah kerusakan kolagen akibat sinar matahari dan terbentuknya flek. Selain tabir surya, gunakan juga topi sebagai pelindung agar tidak terlalu lama terkena sinar matahari langsung.

  1. Gunakan Pelembap

Cara merawat kulit wajah pria berikutnya adalah menggunakan krim pelembap secara rutin. Dengan menghidrasi kulit wajah menggunakan pelembap, kulit menjadi tampak sehat, kenyal, mencegah penuaaan dini dan keriput, serta mengurangi produksi minyak berlebih. 

Jika sudah terbentuk kerutan di dahi atau ujung mata, sebaiknya gunakan krim khusus anti-aging.

  1. Gunakan Pisau Cukur yang Tepat

Cara merawat wajah pria juga bergantung pada pemilihan pisau cukur. Pilihlah pisau cukur yang tajam sehingga lebih mudah membersihkan rambut di sekitar wajah. Hasil cukuran yang lebih bersih akan membuat tampilan wajah lebih sehat.

Selain itu, jangan abaikan penggunaan krim after-shave. Krim ini berfungsi untuk menghidrasi dan menenangkan kulit, sehingga kulit terhindar dari iritasi.

  1. Pilih Skincare Sesuai Kondisi Kulit

Memperhatikan kandungan pada produk perawatan kulit juga penting. Hal ini berguna untuk menghindari kerusakan muka, seperti jerawat, iritasi, dan infeksi. 

Jika memiliki kulit yang berjerawat, cari pembersih dan pelembap “bebas minyak” atau “non-comedogenic“. Produk tersebut biasanya tidak menyumbat pori-pori wajah.

Jika memiliki kulit sensitif, gunakan produk berbahan ringan dan “bebas pewangi”. Produk yang mengandung wewangian dapat membuat kulit terasa kering dan gampang iritasi.

Bagi pria yang memiliki masalah kulit wajah kompleks seperti jerawat membandel, kulit kusam, dan bekas luka jerawat, jangan malu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit, ya.

  1. Periksa Kulit Secara Rutin

Kesehatan kulit juga perlu diperiksa rutin. Jika menemukan bercak kehitaman, benjolan, ataupun tahi lalat yang tampak mencurigakan muncul di kulit, terlebih menyebabkan keluhan mudah berdarah, nyeri, atau bahkan membesar cepat, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. 

Pasalnya, bisa saja hal tersebut menjadi tanda awal suatu keganasan (kanker) pada kulit dan perlu mendapatkan perawatan.

Selain langkah perawatan wajah pria di atas, hal yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan kulit dari dalam. 

Caranya mudah, yakni mengonsumsi makanan sehat, perbanyak konsumsi air putih, sayuran dan buah, serta menghindari merokok. Percaya, deh, kulit pun lebih terjaga kesehatannya!

Perawatan kulit wajah kering dan kusam 

Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

Untuk mengatasi kulit kering dan kusam, cobalah dengan beberapa cara sederhana berikut ini, yaitu:

  1. Gunakan tabir surya

Paparan sinar UV yang terus menerus mengenai kulit dapat membuat kulit nampak kering dan kusam, gunakan tabir surya untuk melindungi kolagen yang ada agar tidak rusak dan membangun lebih banyak protein struktural dalam kulit.

  1. Terapkan teknik eksfoliasi

Eksfoliasi adalah teknik untuk mengangkat kulit-kulit mati dengan cara lembut, bisa menggunakan alat seperti scrub atau dengan bahan seperti asam hidroksi alfa.

  1. Selalu mencuci muka, khususnya di malam hari

Mengingat peningkatan polusi udara dapat menyebabkan kulit kusam, maka jangan lupa untuk mencuci muka dan membersihkannya setelah beraktivitas di luar rumah. Dilanjutkan dengan penggunaan serum atau losion yang mengandung antioksidan, seperti vitamin C.

  1. Pijat lembut kulit wajah sambil menggunakan pelembab

Setelah lelah beraktivitas seharian ditambah dengan adanya stres, cobalah untuk memijat lembut wajah saat sedang menggunakan pelembab, dengan begitu akan membantu merangsang aliran darah, meningkatkan sirkulasi, mengangkat sel kulit mati, dan menambah kilau di wajah.

  1. Gunakan serum untuk membantu menghidrasi kulit

Serum akan membantu menutrisi kembali kulit yang kering dan kehilangan kelembapan sertai cairan, cobalah gunakan serum dengan kandungan asam hialuronat kemudian dilapisi dengan pelembab seperti cetyl alkohol atau dimethicone setelahnya.

  1. Konsumsi multivitamin

Berbagai jenis vitamin memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan kulit, pastikan untuk konsumsi multivitamin agar kebutuhan nutrisi kulit harian terpenuhi, seperti vitamin yang mengandung selenium, tembaga, besi, dan seng.

Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kering dan kusam, sehingga wajah dapat kembali cerah bersinar.

Gunakan berbagai perawatan ini, jika dirasa tidak ada perubahan, cobalah untuk berkonsultasi dengan medis mengenai penanganan terbaik. 

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Perawatan Kulit Wajah, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah membaca.     

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *