Ilmu Kesehatan Kulit

Ilmu Kesehatan Kulit

Ilmu Kesehatan Kulit- Kulit adalah bagian luar dari tubuh kita yang harus dijaga agar tidak dapat dirusak oleh gangguan sekitar lingkungan. 

Pentingnya kulit bagi fisiologi tubuh secara umum dapat ditunjukkan dengan melihat dari timbulnya gangguan-gangguan sistemik yang serius pada kerusakan kulit yang berat misalnya akibat luka bakar atau pada dermatitis eksfoliativa menyeluruh.

Ilmu penyakit kulit dan kelamin fkui pdf 

Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin merupakan ilmu yang mempelajari penyakit-penyakit yang terdapat pada rambut, kuku, kulit, dan kelamin. 

Secara umum, penyebab penyakit pada lokasi di atas adalah virus, bakteri, jamur, parasit, alergi, autoimun, tumor dan penyakit sistemik yang menimbulkan kelainan pada lokasi tersebut. 

Kulit atau disebut juga jaringan integumen yang terdiri dari unsur-unsur epitelial, mesenkimal, glandular dan neurovaskuler, bukan hanya merupakan pembungkus tubuh. Kulit memegang peranan yang penting dalam mempertahankan homeostasis. 

Jaringan integumen memiliki membran dengan permeabilitas air paling rendah sehingga mencegah terjadinya dehidrasi kulit pada keadaan cuaca yang kering. Sebagai barrier, kulit tidak hanya mencegah hilangnya cairan tubuh, tetapi juga menghalangi masuknya zat-zat yang toksik dari lingkungan. 

Jaringan integumen mempertahankan kehidupan dengan cara menjaga suhu tubuh tetap konstan, kulit melindungi jaringan dibawahnya dari berbagai tekanan fisik dari luar tubuh, seperti radiasi ultra violet, energi listrik, dan kekuatan mekanik, dan ini dapat menghalangi masuknya sebagian besar mikro organisme. 

Pentingnya kulit bagi fisiologi tubuh secara umum dapat ditunjukkan dengan melihat timbulnya gangguan-gangguan sistemik yang serius pada kerusakan yang berat dan luas akibat luka bakar atau pada dermatitis eksfoliativa menyeluruh. 

Dermatologi dan pengertian tentang penyakit kulit sangat tergantung pada pengertian tentang mekanisme dasar dari biologi kutaneus. Penelitian dalam bidang dermatologi telah mengambil bagian dalam revolusi biologi molekuler dan memusatkan penelitian ilmiah yang mendasar tentang susunan kutaneus, 

dan hal tersebut telah memberikan jawaban-jawaban yang penting dalam pemahaman dan pengobatan penyakit kulit Secara tradisional, ilmu kedokteran terutama dihubungkan dengan penyakit atau kelainan yang dapat mengakhiri kehidupan seseorang. 

Perhatian yang lebih besar harus ditujukan pada keadaan medis tersebut karena dapat menghancurkan kehidupan seseorang bila tidak diakhiri

Ilmu Kesehatan Kulit adalah 

Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin mempelajari tentang pengetahuan serta keterampilan khusus dalam mendiagnosa dan menangani berbagai masalah kulit dan kelamin. 

Selain itu, bidang ilmu kedokteran yang satu ini juga mempelajari tentang bagaimana cara menangani masalah kuku dan rambut, baik itu pada anak-anak, dewasa, ataupun orang tua.

Secara umum, Jurusan Spesialis Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin mempelajari tentang berbagai macam penyakit pada kulit & kelamin seperti rambut, kuku, kelenjar keringat, penyakit yang ditularkan melalui alat kelamin, dermatologi kosmetik dan bedah dermatologi.

Untuk bisa mendapatkan gelar dokter spesialis kulit dan kelamin atau Sp. KK, atau yang biasanya dikenal dengan sebutan spesialis dermatovenerologi (Sp.DV), 

kamu harus menempuh program studi ilmu kesehatan kulit dan kelamin. Umumnya, pendidikan spesialis ini akan berlangsung selama kurang lebih 7 hingga 11 semester.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Ilmu Kesehatan Kulit, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *