Pemrograman Komputer

Pemrograman Komputer

Pemrograman Komputer- Program komputer atau tata olah adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer.

Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebut pada prosesor.

Sebuah program biasanya memiliki suatu bentuk model pengeksekusian tertentu agar dapat secara langsung dieksekusi oleh komputer.

Program yang sama dalam format kode yang dapat dibaca oleh manusia disebut sebagai kode sumber, bentuk program yang memungkinkan penata olah menganalisis serta melakukan penelaahan algoritme yang digunakan pada program tersebut.

Kode sumber tersebut pada akhirnya dikompilasi oleh utilitas bahasa pemrograman tertentu sehingga membentuk sebuah program.

Bentuk alternatif lain model pengeksekusian sebuah program adalah dengan menggunakan bantuan penerjemah, kode sumber tersebut langsung dijalankan oleh utilitas interpreter suatu bahasa pemrograman yang digunakan.

Programa windows 8

Komputer dan perangkat lain yang menggunakan Windows 8 memiliki tampilan dan desain yang unik jika dibandingkan dengan perangkat yang menggunakan versi Windows sebelumnya. Program dan aplikasi Windows 8 dapat ditemukan dengan mengakses Modern Interface ataupun Desktop.

Melalui Modern Interface

  • Tekan tombol WIN + C di keyboard secara bersamaan. Menu Charms akan muncul
  • Klik pada bagian “Search,” kemudian ketik nama program yang Anda cari
  • Saat hasil pencarian muncul, klik program yang Anda inginkan

Melalui Desktop

  • Tekan tombol WIN + D secara bersamaan untuk mengakses desktop Windows 8.
  • Tekan tombol WIN + R secara bersamaan, kemudian ketik kriteria program yang Anda cari.
  • Tekan “Enter” untuk memulai pencarian. Windows 8 akan mencari program dan aplikasi yang sudah diinstal di perangkat sesuai dengan kriteria yang Anda masukkan.

Pemrograman komputer pertama adalah

Pemrograman komputer merupakan suatu proses iteratif penulisan dan penyuntingan kode sumber sehingga membentuk sebuah program.

Penyuntingan kode sumber meliputi proses pengetesan, analisis, pembetulan kesalahan, pengoptimasian algoritme,

normalisasi kode, dan kadang-kadang pengkoordinasian antara satu programmer dengan programmer lainnya jika sebuah program dikerjakan oleh beberapa orang dalam sebuah tim.

Seorang praktisi yang memiliki keahlian untuk melakukan penulisan kode dalam bahasa pemrograman disebut sebagai programmer komputer atau programmer, pengembang perangkat lunak, atau koder.

Istilah rekayasa perangkat lunak (bahasa Inggris: Software engineering) sering kali digunakan karena proses penulisan program tersebut dipandang sebagai suatu disiplin ilmu perekayasaan.

Sebuah program komputer biasanya akan disimpan terlebih dahulu dalam memori utama (RAM) komputer sebelum dijalankan yang biasanya dilakukan oleh sistem operasi.

Prosesor kemudian akan mengeksekusi program tersebut, instruksi demi instruksi sampai program tersebut diterminasi. Sebuah program yang tengah dieksekusi oleh prosesor dinamakan sebagai proses.

Terminasi ataupun penghentian eksekusi sebuah program biasanya terjadi baik karena permintaan dari pengguna, interupsi pengguna, kesalahan atas program itu sendiri, ataupun kesalahan atas perangkat keras yang digunakan

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Pemrograman Komputer, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *