Dasar Boga Dan Materi

Dasar Boga

Dasar Boga Teknik Olah Makanan – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Dasar Boga.

Materi Dasar Boga

Boga dasar adalah pengetahuan mengenai cara atau teknik mengolah makanan. Tata boga adalah pengetahuan di bidang boga (seni mengolah masakan) yang mencakup ruang lingkup makanan.

Tata boga adalah salah satu disiplin ilmu pengelolaan masakan yang mempelajari teknik penyajian makanan dan minuman dengan memperhatikan estetika, kualitas rasa dan keutuhan nutrisi.

Bidang ini mencakup bagaimana makanan dan minuman disiapkan menjadi sebuah hidangan regional dan nasional. Prinsip-prinsip ilmiah yang berkaitan dengan kesehatan, gizi dan cita rasa.

Di Indonesia, disiplin ilmu ini dapat dipelajari di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau di tingkat Perguruan tinggi terkait Industri pariwisata dan industri perhotelan.

Ciri khas tata boga, yaitu memberikan pengetahuan tentang seni mengolah hidangan dari persiapan pengolahan sampai dengan menghidangkan makanan dan minuman itu sendiri.

Berbagai prinsip prinsip dasar utama dan tata cara memasak yang umum dilaksanakan. Dengan demikian,pengelolaan tata boga lebih kompleks lagi termasuk didalamnya pemanfaatan untuk tujuan ekonomis dan perindustrian.

Tata boga mulai berkembang sebagai disiplin ilmu pada era Hindia Belanda. Di abad ke-19 Masehi, para juru masak bertugas untuk menyiapkan makanan untuk para pejabat belanda dan pembesar lokal, di mana hidangan yang disajikan dinamakan boga hindia (Indische Keuken).

Setelah kemerdekaan, tata boga menjadi salah-satu disiplin ilmu yang banyak ditawarkan oleh berbagai SMK dan sekolah pariwisata, di mana lulusan dari sekolah tersebut diarahkan untuk bekerja di industri pariwisata dan perhotelan.

Modul Boga Dasar

Tata boga juga sudah mulai diajarkan sebagai keterampilan non-kurikuler di beberapa Sekolah menengah atas di Indonesia.

Di tingkat SMK, tujuan pembelajaran tata Boga difokuskan pada kemampuan untuk menjadi tenaga menengah yang terampil dan siap kerja di industri pariwisata seperti hotel, restoran, industri jasa boga dan berwirausaha dalam bidang boga, sehingga materi pembelajaran terdiri dari materi teori dan praktek.

Lulusannya diarahkan sebagai tamatan siap kerja, cerdas, memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif serta berkarakter kuat sebagai pekerja profesional.

Oleh karena itu, keterampilan memasak harus terkuasai manakala ingin menjadikan lulusan tata boga yang unggul dalam menghadapai persaingan kerja.

Orang-orang yang memiliki keahlian di bidang tata boga kemudian mendirikan Ikatan Ahli Boga Indonesia (IKABOGA Indonesia) berdiri pada tanggal 3 Desember 1987 yang merupakan wadah satu-satunya Ahli Boga seluruh Indonesia.

Ikatan ini didirikan sebagai perwujudan dari gagasan Subkonsorsium Memasak dan Jasa Boga pada Direktorat Pendidikan Masyarakat Ditjen Diklusepora Departemen Pendidikan Nasional, yang pada waktu itu dijabat oleh Bapak Prof. Dr. W. P. Napitupulu.

Ada tiga pilihan profesi utama bagi orang-orang yang menekuni bidang tata boga :

  • Koki

Profesi koki merupakan preferensi yang lumrah di kalangan lulusan Tata Boga. Koki di sini mencakup koki restoran, kafe, katering, hotel bintang lima hingga di kapal pesiar. Bahkan, koki juga dibutuhkan di penyediaan makanan rumah sakit.

  • Pembuat kue

Profesi pembuat kue menjadi preferensi yang lumrah kedua di kalangan lulusan Tata Boga. Tidak jauh berbeda dengan koki, pembuat kue dapat bekerja di berbagai bidang mulai dari kapal pesiar, katering, hotel, kafe, hingga pembuat kue privat.

  • Barista

Profesi barista menjadi preferensi yang lumrah ketiga di jurusan Tata Boga yang berfokus di bidang menghidangkan dan mengelola minuman. Barista di sini mencakup barista di kedai kopi, hotel dan tempat-tempat lain.

Dari ketiga pilihan profesi utama tersebut terlihat jelas bahwa berkarir di bidang kuliner membutuhkan kerja keras dan kreativitas, baik di industri perhotelan, kafe, lab makanan, atau di tempat lain.

Perlu waktu lebih untuk mengembangkan kreativitas dan mengembangkan diri sehingga profesi ini menyajikan sebuah cita rasa baru.

Bagi kamu yang ingin membaca materi ini lebih lanjut, kamu bisa kunjungi link modul berikut ini:

Buka Link

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Dasar Boga. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *