Ilmu Fisika Dasar

Ilmu Fisika Dasar

Fisika Dasar – Ilmu fisika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai definisi sebagai ilmu yang membahas serta mempelajari mengenai zat dan energi, yaitu mencakup energi cahaya, panas, serta bunyi.

Fisika adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat dasar alam semesta, termasuk materi, energi, ruang, waktu, dan interaksi antara keduanya. 

Ilmu ini melibatkan pengamatan, eksperimen, dan analisis matematika untuk mengembangkan teori dan hukum yang menjelaskan fenomena alam.

Fisika dasar mempelajari tentang teori dan konsep fisika dasar atau mekanika klasik yang banyak berhubungan dengan gerak. 

Sebagian materinya adalah tentang Kinematika yaitu mempelajari gerak tanpa mengetahui penyebab geraknya dan Dinamika yaitu mempelajari pergerakan benda dan harus mengetahui penyebab benda tersebut bergerak.

Fisika Dasar 1

Fisika Dasar 1 ada bebarapa hal yang di pelajari, untuk penjabarannya kalian bisa baca secara lengkap di bawah ini :

1. Topik 1 Pengukuran, Pokok Bahasan Pengukuran Pokok Materi Mengukur Satuan Internasional Mengubah Satuan Panjang Waktu Massa Pada tahun 1960, sebuah komite internasional membentuk serangkaian standar untuk hal mendasar jumlah ilmu pengetahuan.Ini disebut SI (Systme International), dan satuan panjang, massa, dan waktu adalah meter, kilogram, dan sekon/detik.

Standar SI lainnya ditetapkan oleh panitia adalah untuk suhu (kelvin), arus listrik (ampere), intensitas bercahaya (candela), dan jumlah zat (mol). Untuk lebih paham mengenaik pengukuran, silahkan mengikuti kuliah Topik 1 Pengukuran.

2. Topik 2 operasi vektor,  pokok bahasan operasi vektor pokok materi representasi vektor operasi dasar vektor perkalian antar vektor sistem koordinat polar dalam mempelajari fisika kita selalu berhubungan dengan besaran, yaitu yang dapat diukur dan dioperasikan. 

Ada besaran yang cukup dinyatakan dengan nilai (harga atau magnitude) dan satuannya saja, tidak perlu ditambahkan penjelasan lain. Besaran ini disebut skalar. Contoh besaran skalar antara lain waktu, massa, temperatur dsb. 

Pengoperasian dan perkaliannya sama dengan yang kita kenal sehari – hari. Ada juga besaran yang disamping nilai dan satua perlu juga dinyatakan arahnya. Besaran semacam ini disebut vektor . Contoh besaran vektor adalah kecepatan, percepatan, gaya dsb. Aturan pengoperasian vektor tidak sama dengan bilangan yang biasa kita pakai sehari – hari.

3. Topik 3 kinematika i, pokok bahasan kinematika partikel i pokok materi posisi dan perpindahan kecepatan sesaat dan kecepatan rata-rata percepatan rata-rata dan percepatan sesaat hubungan antara posisi, kecepatan, dan percepatan.

4. Topik 4 kinematika partikel ii, pokok bahasan kinematika partikel ii pokok materi GLB GLBB gerak melingkar.

5. Topik 5 dinamika i, pokok bahasan dinamika i pokok materi gaya dan hukum gaya massa dan inersia hukum gerak .Contoh aksi dan reaksi memindahkan gaya dengan tali pada topik 5 dinamika i mahasiswa akan belajar secara terkait topik dinamika. Dinamika mempelajari pengaruh lingkungan terhadap keadaan gerak suatu sistem.

6. Topik 6 dinamika ii, pokok bahasan dinamika ii pokok materi sistematika penggunaan hukum newton gesekan dinamika gerak peluru gerak melingkar

7. Topik 7 kerja & energi, pokok bahasan kerja & energi pokok materi usaha usaha sebagai luas daya energi kinetik energi potensial hukum kekekalan energi mekanik usaha & energi.Dalam medan nonkonservatif hukum kekekalan energi umum istilah “kerja/usaha” yang dipakai di sini memiliki definisi yang lebih ketat dibandingkan dengan pengertian sehari-hari. Bila kita mendorong benda dan benda berpindah tempat.

8. Topik 8 momentum & impuls, pokok materi hukum newton ii dalam bentuk impuls dan momentum gaya impulsif sistem banyak partikel pusat massa gerak pusat massa hukum kekekalan momentum linear tumbukan dalam topik terdahulu telah kita pelajari dua konsep penting untuk menangani persoalan dinamika yaitu konsep gaya dan konsep energi.

9. Topik 9 kesetimbangan & elastisitas, pokok bahasan kesetimbangan & elastisitas pokok materi kesetimbangan benda tegar elastisitas topik ini akan mempelajari tentang kesetimbangan benda tegar. Salah satu fokus pembahasannya adalah mengetahui penyebab stabilnya suatu benda/objek meskipun gaya-gaya bekerja padanya.

10. Topik 10 fluida statis, pokok materi tekanan fluida hukum-hukum hidrostatik tegangan permukaan topik ini akan mempelajari tentang fluida yaitu zat yang mengalir. Fluida dibagi menjadi dua yaitu fluida yang diam pada keadaan setimbang disebut dengan statika fluida dan fluida yang bergerak disebut dinamika fluida.

11. Topik 11 fluida dinamis, pokok bahasan fluida dinamis pokok materi aliran fluida dan persamaan kontinuitas persamaan bernaulli penerapan prinsip bernaulli pada topik terakhir ini membahas tentang fluida yang bergerak yaitu fluida dinamis.

Fisika Dasar 2

Pada fisika dasar 2 kalian akan mempelajari muatan listrik dengan medan gaya listrik statik, yaitu perhitungan medan listrik statik oleh berbagai distribusi muatan listrik, konsep dielektrik dan kapasitansi, konduksi listrik dalam logam, interaksi antara muatan bergerak dan medan magnet statik, imbas magnetik dan induktansi, rangkaian listrik dc dan ac. 

Selain itu mata kuliah ini bertujuan agar dikuasai berbagai konsep dan prinsip tentang gejala gelombang sebagai medan yang merambat secara matematis, serta berbagai sifat yang bersifat umum untuk berbagai macam gejala gelombang dalam alam.  

Dengan fisika dasar 2 juga diharapkan dikuasai berbagai konsep dan prinsip dasar dalam fisika modern, yaitu  fisika untuk benda yang bergerak mendekati kecepatan cahaya,  benda dengan ukuran atomis, benda dalam jumlah amat besar, serta susunan dasar zat.

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Fisika Dasar, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah membaca.     

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *