Mekanika Fluida Cabang Mekanika

Mekanika Fluida

Mekanika Fluida Cabang Mekanika – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Mekanika Fluida.

Mekanika Fluida Adalah Cabang Mekanika

Mekanika fluida adalah cabang mekanika yang mempelajari mengenai pergerakan dari fluida. Pergerakan ini diamati dalam bentuk cairan maupun gas. Dalam mekanika fluida juga dipelajari fluida yang tidak dalam keadaan bergerak atau diam.

Sebagian besar bahasan dalam mekanika fluida berkaitan dengan mekanika kontinum. Secara garis besar, mekanika fluida terbagi menjadi statika fluida yang mempelajari fluida dalam keadaan diam, dan dinamika fluida yang mempelajari fluida dalam keadaan bergerak.

Khusus pada dinamika fluida digunakan pendekatan matematika dan bukti empiris guna penyelesaian masalah.

Contoh aplikasi dari mekanika fluida yaitu:

1) artesis yang merupakan mata air yang keluar sendiri tanpa perlu dipompa;

2) pantulan pasca-gletser yang merupakan kenaikan permukaan Bumi akibat hilangnya permukaan salju yang menutupinya, biasanya terjadi di daerah Skandinavia.

Mekanika fluida hampir seluruhnya mengkaji hukum fisika dan mekanika. Kekhususannya adalah pada objek yang dikaji yaitu fluida.

Mekanika fluida membahas tentang penerapan hukum gerak Newton, hukum kekekalan massa, hukum pertama termodinamika dan hukum kedua termodinamika.

Pembahasan dalam mekanika fluida kemudian dikelompokkan menjadi dua, yaitu statika fluida dan dinamika fluida.

Pada statika fluida, mekanika fluida membahas fluida yang dalam keadaan diam atau tidak bergerak. Sementara itu, dinamika fluida membahas tentang fluida dalam keadaan bergerak.

Statika fluida membahas mengenai fluida yang diam dan dalam keadaan setimbang. Perumusan pada statika fluida menggunakan hukum gerak Newton yang pertama dan yang ketiga. Kajian di dalam statika fluida meliputi massa jenis, tekanan, daya apung, dan tegangan permukaan.

Dinamika fluida merupakan cabang keilmuan mekanika fluida yang paling rumit. Dalam dinamika fluida, perhitungan dan perumusan nilai fluida dilakukan dalam keadaan bergerak.

Analisa dalam dinamika fluida memanfaatkan model-model ideal yang sederhana, tetapi didukung oleh hukum gerak Newton dan hukum kekekalan energi.

Dinamika fluida adalah bidang penelitian utama dengan banyak hal yang belum terselesaikan atau hanya sebagian yang terselesaikan.

Mekanika fluida dapat menjadi sangat rumit secara matematika, dan sangat tepat untuk diselesaikan dengan metode numerik, biasanya dengan menggunakan perhitungan komputer.

Dinamika fluida komputasi, adalah salah satu disiplin yang dikhususkan untuk penyelesaian masalah mekanika fluida dengan pendekatan numerik.

Mekanika Fluida Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan (Environmental Engineering) merupakan jurusan yang mempelajari terkait lingkungan dam permasalahannya, serta mencari solusi untuk menyelamatkan lingkungan hidup seperti air, tanah, dan udara melalui pendekatan rekayasa lingkungan (engineer).

Maksudnya, perekayasaan terhadap alat-alat dan metode yang digunakan untuk meminimalisir dan mencegah hal buruk yang dapat mengancam lingkungan kita.

Kelestarian lingkungan adalah sesuatu yang mutlak dan tak bisa ditawar lagi. Saat ini hamper semua orang, Lembaga,  atau perusahaan, kembali dengan slogan go green masing-masing. Mereka sadar betapa pentingnya kelestarian lingkungan.

Teknik Lingkungan pun memiliki peran yang begitu vital dalam memberi solusi permasalahan lingkungan (sampah-sampah, banjir dan lainnya) terutama sumber daya air di era modern.

Apalagi, perkembangan industri modern kerap dibarengi dengan dampak buruk terhadap lingkungan, utamanya sumber mata air.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Mekanika Fluida. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *