Psikologis Pendidikan Inggris

Psikologis Pendidikan Inggris

Psikologis Pendidikan Inggris – Di Sekolah kamu menemui  Sikap dan perilaku anak didik sangat beragam mulai dari anak yang pendiam, hiperaktif hingga anak bandel dan nakal sudah tidak asing lagi dilingkungan sekolah.

Dalam menafsirkan perilaku manusia beserta beberapa masalah yang mereka miliki, terdapat sebuah studi ilmu yakni psikologi. Adapun cabang psikologi yang secara khusus mengkaji aktivitas atau perilaku peserta didik adalah psikologi pendidikan.

Ketika seorang anak bersikap tidak sesuai dengan keinginan guru atau tidak pintar matematika maka anak tersebut akan di cap sebagai anak yang bodoh. 

Psikologi pendidikan lebih memfokuskan untuk meneliti dan  mengkaji pembelajaran di lingkungan pendidikan. Oleh karena itu, baik di sekolah atau kampus peserta didik sering diminta untuk mengisi angket atau kuesioner yang berhubungan dengan identitas, sifat, dan potensi peserta didik yang bisa dikembangkan.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan psikologi pendidikan inggris? Bagaimana pendapat para ahli mengenai psikologi pendidikan ini? Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan di bawah ini!

Psikologis Pendidikan Inggris Menurut Para Ahli Terkemuka

Sebelum mengemukakan pendapat para mengenai psikologi pendidikan, terlebih dahulu kita akan membahas apa yang dimaksud dengan psikologi pendidikan?

Psikologi pendidikan merupakan salah satu cabang dari ilmu psikologi yang memfokuskan kajian atau mempelajari tentang cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan terutama di sekolah.

Ada juga yang mengartikan psikologi pendidikan sebagai ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang menguraikan berbagai kegiatan manusia dalam hubungannya dengan di lingkungan sekolah atau situasi pendidikan. 

Salah satu contoh yang sering dipelajari dalam psikologi pendidikan yaitu bagaimana cara menarik perhatian peserta didik sehingga mereka lebih mudah menerima pelajaran yang diajarkan, lebih rajin belajar dan bersikap sesuai dengan usianya..

Dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan dimaksudkan adalah untuk mempengaruhi atau membuat kegiatan pendidikan sehingga proses pembelajaran dan belajar mengajar dapat berlangsung lebih efektif dan efisien dengan melibatkan respon emosional dan tingkah laku peserta didik ketika  di lingkungan sekolah.

Sedangkan pengertian psikologi pendidikan menurut pandangan beberapa para ahli maupun ilmuwan terkemuka yaitu sebagai berikut:

1. Plato dan Aristoteles

Menurut Plato dan Aristoteles, psikologi pendidikan memiliki 3 komponen yang saling berkaitan dengan satu sama lain diantaranya:

  • Adanya elaborasi (tahapan pembelajaran yang dilakukan secara cermat dan tekun) antara perasaan-emosi-afektif-rasa.
  • Adanya elaborasi antara penalaran-pemahaman-pengertian-kognitif-cipta.
  • Adanya elaborasi antara kehendak-keinginan-will-konasi (kemauan)-karsa (tekad).

2. John Locke 

Menurut John Locke, seluruh pengetahuan yang diterima manusia hakikatnya berasal dari sebuah pengalamannya. Pada saat seseorang lahir ke dunia, ia tidak mengetahui apapun. Kemampuan dan pengetahuan seseorang akan bertambah seiring berjalannya waktu dengan banyak belajar, meniru, pengalaman dan lainnya.

3. Binet 

Ilmuwan pertama yang menciptakan alat untuk menguji mental seseorang. Hasil tes tersebut, dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk mengukur kemampuan seseorang. Namun alat uji yang dikembangkan oleh Binet ini hanya dapat digunakan oleh orang yang ahli di bidang tersebut misalnya psikolog.

4. Alice Crow

Alice Crow menjelaskan psikologi pendidikan merupakan sebuah studi yang mempelajari banyak hal mengenai proses belajar, proses pertumbuhan, dan kematangan setiap individu dalam berpikir, perkembangan mental, lingkungan yang baik, serta penerapan terhadap prinsip ilmiah mengenai reaksi manusia yang dapat mempengaruhi proses belajar mengajar.

5. John Dewey 

Menurut teori John Dewey pendidikan merupakan sarana untuk membantu seseorang dalam belajar dan berkembang sepanjang hidupnya agar dapat menambah pengalaman, dan menambah kemampuan untuk mengarahkannya ke pengalaman selanjutnya setiap individu.

John Dewey membagi perkembangan moral anak menjadi 3 konsep, yaitu konsep preconventional atau premoral, konsep conventional, dan konsep autonomous. 

Tiga konsep tersebut dapat membuat anak mengalami beberapa tahapan dalam bertingkah laku di lingkungan sosial atau kelompok yang kemudian dapat membawa pengetahuan dan pengalaman bagi mereka.

6. Jean Piaget 

Jean Piaget merupakan seorang pakar psikologi pendidikan yang mempelajari perkembangan kognitif anak. Menurut Piaget, setiap anak sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam dirinya yang tersusun dalam bentuk struktur paradigma kognitif

7. Muhibbin Syah

Psikologi pendidikan merupakan sebuah disiplin psikologis yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi di dalam dunia pendidikan. 

Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Penuh

Psikologi Pendidikan dan Bimbingan adalah salah satu jurusan atau program studi dalam jenjang strata 1 (S1) yang menghasilkan sarjana pendidikan (S.Pd.) yang mempunyai kewenangan untuk menjadi konselor pendidikan  atau guru BK di suatu satuan pendidikan.

Demikianlah penjelasan mengenai psikologi pendidikan inggris menurut para ahli terkemuka. Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *