Biaya Rontgen Gigi dan Biaya Rontgen Tulang

Biaya Rontgen

Biaya Rontgen – Rontgen atau X-ray adalah proses menggunakan radiasi untuk mengambil foto organ dalam tubuh. Tindakan ini sebagian besar digunakan untuk mendiagnosis masalah kesehatan dan untuk mengawasi penyakit yang sudah ada sebelumnya. 

Selain pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan ini merupakan salah satu pemeriksaan penunjang yang digunakan untuk menentukan diagnosis.

Penggunaan rontgen yang paling umum adalah untuk memeriksa patah tulang (patah tulang), tetapi terdapat jenis rontgen lain yang juga digunakan untuk mengidentifikasi gangguan lain. 

Misalnya, rontgen dada dapat mendeteksi pneumonia atau mammogram menggunakan sinar-x untuk mencari kanker payudara.

Hasil gambar sinar-X akan menunjukkan bagian-bagian tubuh dalam hitam dan putih. Ini karena setiap jaringan dan organ akan menyerap jumlah radiasi yang berbeda. 

Kalsium dalam tulang paling banyak menyerap sinar-x, sehingga tulang akan terlihat putih. Lemak dan jaringan lunak lainnya menyerap lebih sedikit sehingga terlihat abu-abu. Sementara itu, udara menyerap paling sedikit, sehingga paru-paru terlihat hitam.

Jenis Rontgen

Tindakan pemindaian melalui sinar-X ini secara umum dibagi menjadi 3 jenis. Berikut adalah penjelasan jenis-jenis rontgen.

  • Rontgen Dada

Jantung, paru-paru, arteri darah, sistem pernapasan, dan kelenjar getah bening semuanya dapat terlihat pada pemindaian dada. Jenis ini juga dapat menunjukkan tulang selangka, tulang rusuk, bagian atas tulang belakang, dan tulang dada.

Jenis ini digunakan untuk mengidentifikasi kondisi medis seperti masalah paru-paru dan pernapasan, masalah jantung, dan kondisi lain yang menunjukkan gejala di daerah dada. Dua gambar biasanya diambil selama rontgen ini, satu dari samping dan satu dari belakang.

  • Rontgen Tulang Belakang

Sinar-X pada tulang belakang akan menghasilkan gambar tulang belakang dan membantu mengidentifikasi kondisi dan luka yang memengaruhi cakram, sendi, dan tulang belakang (cakram atau bantalan di antara tulang).

Jenis ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi berbagai masalah kesehatan, termasuk patah tulang belakang, kelainan cakram, infeksi, dan dislokasi (pergeseran). 

Sinar-X tulang belakang juga sering digunakan untuk mengidentifikasi skoliosis (kelainan bentuk tulang belakang) dan spina bifida (cacat tabung saraf). 

  • Rontgen Alat Gerak

Jenis ini berfokus pada anggota gerak badan, seperti tangan, kaki, lutut, tungkai, dan pinggul. Biasanya, pemindaian ini diperlukan untuk menemukan penyakit dan cedera termasuk patah tulang dan pergeseran.

Tumor, osteoporosis (keropos tulang), dan radang sendi adalah beberapa contoh penyakit yang dapat memengaruhi tungkai bawah dan mungkin memerlukan rontgen.

Prosedur Rontgen

Prosedur pemeriksaan medis ini tergolong aman dan tidak menyakitkan. Prosedur pemeriksaan rontgen dibagi menjadi tiga tahapan yakni sebelum foto, selama foto, dan sesudah foto. Ini ulasan untuk masing-masing tahapan:

  1. Sebelum Foto

Kamu dianjurkan untuk berpuasa atau berhenti menggunakan obat-obatan. Kamu juga harus melepas perhiasan atau aksesoris yang terbuat dari logam. 

Biasanya kamu pun hanya mengenakan pakaian khusus yang diberi rumah sakit atau pakaian yang nyaman dan mudah dibuka untuk pemeriksaan.

  1. Selama Foto

Biasanya, selama prosedur foto, kamu akan diminta untuk berdiri atau duduk. Ikuti petunjuk dari dokter untuk mengambil pose tertentu untuk memudahkan pengambilan foto.

Tahanlah napas dan tetap diam selama pengujian untuk mencegah gambar kabur, kecuali jika diinstruksikan untuk mengubah posisi. Kamu tidak akan merasakan apa-apa selama pemeriksaan. 

Pemeriksaan ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit kecuali untuk beberapa prosedur (seperti penggunaan zat kontras).

  1. Sesudah Foto

Setelah prosedur, kamu dapat kembali ke rumah dan melanjutkan rutinitas normal. Jika menggunakan cahaya atau zat kontras, kamu disarankan untuk meminum banyak air putih untuk membantu mengeluarkan zat kontras dari tubuh.

Dokter spesialis radiologi akan memeriksa lebih lanjut hasil pemeriksaan, namun gambar akan dikirim segera setelah dicetak.

Efek Samping Rontgen

Meski tidak selalu, namun radiasi yang digunakan dalam tindakan rontgen berpotensi memicu pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Tetapi, risiko tersebut kemungkinannya sangat rendah dan masih dalam kondisi aman. Selain itu, beberapa efek samping lain yang bisa terjadi pada pasien adalah.

  • Terasa logam di dalam mulut.
  • Pusing dan mual.
  • Diare.
  • Gatal dan bercak-bercak merah pada kulit.
  • Sesak nafas.

Biaya Rontgen Gigi 

Rontgen gigi merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk melihat permasalahan di bagian dalam mulut, termasuk gigi dan gusi. Umumnya, kisaran biayanya antara Rp120 ribu – Rp330 ribu untuk sekali pemeriksaan. 

Fasilitas ini juga disediakan oleh klinik Prodia dengan metode Panoramic. Biaya rontgen gigi di Prodia berkisar mulai dari Rp170 ribu per sekali foto.

Biaya Rontgen Tulang

Rontgen tulang dilakukan untuk mengetahui kondisi struktur dan jaringan dari tulang Anda. Adapun biaya melakukan rontgen tulang yang dibutuhkan yaitu mulai dari Rp200 ribu.

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Biaya Rontgen, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *