Apa Itu Magang? Yuk Simak Penjelasan Lengkap Disini

Apa Itu Magang?

Apa itu magang? magang adalah suatu program belajar sekaligus berlatih bekerja dengan cara langsung pada sebuah perusahaan selama beberapa waktu. Perusahaan yang menerima karyawan magang berhak memberi tugas dan wajib memberi bimbingan selama program. 

Di akhir program, peserta magang akan mendapat penilaian dari pihak perusahaan, terutama dari atasannya langsung. 

Magang umumnya dilakukan oleh siswa SMK serta mahasiswa di tingkat akhir. Pada beberapa bidang studi, magang termasuk salah satu mata kuliah wajib yang akan mempengaruhi nilai. Namun, ada juga program studi yang tidak mensyaratkannya sama sekali.

Kamu mungkin juga pernah mendengar istilah PKL atau Praktek Kerja Lapangan. Meski pada dasarnya sama saja, perbedaan magang dan PKL hanyalah sebatas penggunaan istilahnya saja. 

Istilah PKL biasanya mengacu pada program magang di jenjang SMK dan diploma. Sementara, untuk jenjang perkuliahan S1 dan S2, istilah internship atau magang lebih umum digunakan.

Tujuan Magang Bagi Mahasiswa

Pada dasarnya, tujuan utama dari magang adalah sebagai jembatan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. Di program ini, kamu akan mengejar berbagai manfaat yang bisa sangat menguntungkan saat mulai mencari kerja setelah lulus nanti. Misalnya adalah sebagai berikut:

  1. Implementasi Ilmu ke Pekerjaan

Pada beberapa bidang studi, ilmu teori yang dipelajari di kampus kadang masih belum cukup. Kamu masih perlu belajar bagaimana caranya mengimplementasikan ilmu tersebut ke aktivitas kerja yang nyata dan bermanfaat. Program magang memberimu kesempatan yang optimal untuk mempelajari hal tersebut.

  1. Meningkatkan Hard Skill

Ada banyak keterampilan dan ilmu yang akan kamu pelajari saat magang. Selain mendapatkannya dari sesi pelatihan, kamu juga akan langsung mempraktekkannya di bawah supervisi professional. Cara ini jelas efektif untuk mengembangkan kemampuanmu.

  1. Mempelajari Berbagai Soft Skill

Selain belajar hard skill seperti dijelaskan di atas, kamu juga akan mempelajari berbagai soft skill secara langsung dan efektif. 

Kemampuan berkomunikasi, negosiasi, dan manajemen waktu pasti akan sangat diasah selama magang. Kamu juga bisa mengembangkan berbagai soft skill lain, tergantung pada jenis pekerjaan dan tanggung jawab kerja yang kamu jalani.

  1. Adaptasi dengan Dunia Kerja

Ritme dunia kerja sangatlah jauh berbeda dengan ritme sekolah dan kuliah. Tak sedikit fresh graduate yang cukup kelabakan beradaptasi pada awal-awal menjalani pekerjaannya. Program magang memberimu kesempatan untuk beradaptasi dengan lebih nyaman dan bertahap.

  1. Memudahkan Karir Sebagai Fresh Graduate Nanti

Setelah lulus kuliah nanti, mencari pekerjaan akan cukup menantang karena tingginya persaingan dan minimnya pengalaman. Namun, menjadi fresh graduate dengan pengalaman magang tertulis di CV akan menjadikan lebih unggul. 

Kemungkinanmu untuk direkrut pun akan semakin besar. Adanya koneksi yang kamu jalin selama internship juga bisa membantumu membuka jalan karir yang baik.

Apa itu magang kampus merdeka? 

Apa itu magang kampus merdeka adalah aktivitas pembelajaran yang memberikan wawasan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa Kependidikan dan Non-Kependidikan mengenai kegiatan riil di lembaga pendidikan dan industri. 

Sehingga mahasiswa memiliki kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang keahliannya. 

Praktik kerja bagi mahasiswa kependidikan diarahkan agar mahasiswa memiliki nilai dan wawasan keilmuan pendidikan dan pembelajaran secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai pendidik yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era global. 

Sedangkan praktik kerja bagi mahasiswa non-kependidikan dilaksanakan di dunia usaha atau industri agar mahasiswa memiliki pengalaman praktis dan bermakna kepada mahasiswa sesuai dengan bidang keahliannya, meningkatkan kompetensi keilmuan, dan memberikan pengalaman memecahkan masalah yang ada di dunia kerja. 

Tujuan

Tujuan program magang atau praktik kerja bagi mahasiswa kependidikan antara lain:

  • Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan.
  • Mampu mendeskripsikan struktur organisasi dan tata kerja sekolah.
  • Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah.
  • Mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan seremonial- formal di sekolah.
  • Mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuluer.
  • Mampu mendeskripsikan praktik-praktik pembiasan dan kebiasan positif di sekolah.
  • Mampu menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
  • Mampu menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru.
  • Mampu menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru.
  • Mampu mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi.
  • Mampu menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
  • Mampu berlatih mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing.
  • Mampu melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler.
  • Mampu melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru.

Tujuan program magang atau praktik kerja bagi mahasiswa non- kependidikan antara lain:

  • Mampu merencanakan bidang kerja dan standar pelaksanaan pekerjaan yang ada di tempat kerja sesuai bidang keahliannya secara sistematis.
  • Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan memecahkan permasalahan di tempat kerja secara kritis dan bertanggung jawab sesuai bidang keahliannya.
  • Mampu melaksanakan dan melaporkan pekerjaan di tempat kerja sesuai dengan bidang keahliannya secara terbimbing/mandiri, terukur, dan bertanggung jawab.
  • Mampu melakukan interaksi, komunikasi dan kerjasama dengan teman sejawat, staf dan pimpinan di tempat kerja.

Apa itu magang dharma bank jateng 

Apa itu magang dharma bank jateng adalah program permagangan yang diselenggarakan oleh Bank Jateng dan ditujukan kepada para anak muda, khususnya lulusan SMA/SMK dan diploma (D1-D3) yang tertarik untuk merasakan pengalaman bekerja di bidang perbankan. 

Seperti kata pepatah Tak Kenal Maka Tak Sayang, sebelum mengupas lebih lanjut tentang persyaratan dan tahapan seleksi program Magang Dharma. Alangkah baiknya jika kamu perlu mengenal Bank Jateng lebih dulu. So, let’s dig in!

Bank Jateng atau Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah adalah bank milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan bekerja sama dengan Pemerintah di seluruh Kota/Kabupaten Jawa Tengah

Bank Jateng didirikan di Semarang pada tahun 1963 berdasarkan Surat Persetujuan Menteri Pemerintahan Umum & Otonomi Daerah No. DU 57/1/35. Bank ini memulai operasinya pada tanggal 6 april 1963. 

Pembentukan Bank Jateng memiliki tujuan untuk mengelola keuangan daerah Jawa Tengah, yaitu sebagai pemegang kas daerah serta penunjang kegiatan ekonomi daerah dengan memberikan program kredit kepada para pengusaha UMKM. 

Bank Jateng memiliki berbagai kegiatan usaha, yaitu simpanan bisnis dan koperasi, treasury, host to host, trade finance & service, serta layanan bisnis dan korporat. 

Sebagai bank yang memiliki visi dalam mengembangkan perekonomian Jawa Tengah, Bank Jateng memberikan kesempatan bagi para anak muda, terutama lulusan SMA/SMK hingga diploma, untuk merasakan pengalaman bekerja di Bank Jateng. 

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Magang, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *