Jurusan Multimedia di Universitas Terbaik Indonesia

Jurusan Multimedia

Jurusan multimedia – Multimedia merupakan salah satu kompetensi keahlian di SMK yang termasuk dalam rumpun bidang keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Jurusan ini ditempuh dalam 3 tahun masa belajar.

Kompetensi keahlian ini cukup banyak diminati oleh siswa lho.. karena cakupan bidang pekerjaan yang bisa diperoleh cukup luas. Multimedia juga memberikan peluang bagi lulusannya untuk membuka usaha atau berwirausaha sendiri dalam bidang multimedia.

Pada dasarnya multimedia dibagi menjadi dua jenis yaitu Multimedia Linier dan Multimedia Interaktif. Multimedia Linier merupakan multimedia yang berjalan tanpa dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan pengguna misalnya film dan televisi. 

Sedangkan Multimedia Interaktif merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga terjadi interaksi dengan pengguna contohnya pada game atau pembelajaran secara multimedia. 

Jurusan Multimedia Mempelajari Tentang Apa 

Untuk menguasai atau memahami mengenai multimedia, tentu dibutuhkan pengalaman dan juga pengetahuan yang mumpuni. 

Oleh sebab itu, ada Jurusan Multimedia yang memang ditujukan untuk memenuhi kompetensi dan mencapai tujuan dari multimedia itu sendiri. Lalu apa sebenarnya Jurusan Multimedia itu?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Jurusan Multimedia ini terdapat di sekolah menengah kejuruan (SMK). 

Nantinya, siswa yang mempelajari ilmu multimedia pada Jurusan Multimedia bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di universitas, baik di Program Studi Komputer, Teknik Informatika, dan lain sebagainya.

Jurusan Multimedia ini mempelajari mengenai penggunaan komputer. Selain itu, siswa yang mengambil Jurusan Multimedia ini juga belajar mengenai bagaimana cara menyajikan data dalam bentuk suara, animasi, teks, gambar, maupun video.

Ada pun materi yang diajarkan atau dipelajari siswa Jurusan Multimedia di SMK yaitu menguasai berbagai macam alat atau tools, misalnya CorelDraw, After Effect, Adobe Photoshop, Freehand, dan lain sebagainya. Dengan demikian, para siswa dituntut harus memahami berbagai tools tadi untuk menguasai bidang multimedia.

Di universitas, Jurusan Multimedia ini memiliki fokus terhadap pemanfaatan teknologi dan juga memproduksi dan mendistribusikan konten multimedia. 

Dengan mempelajari berbagai ilmu di Jurusan Multimedia, maka mahasiswa juga dituntut memiliki berbagai keahlian dalam hal penggunaan teknologi multimedia, perangkat multimedia, hingga teknologi multimedia interaktif yang sifatnya standalone atau sistem terdistribusi.

Di dalam Jurusan Multimedia, mahasiswa juga akan diajarkan teknologi yang mana menggabungkan teknologi komputer, sistem video dan audio untuk mendapatkan kombinasi yang lebih baik dan meningkatkan interaksi antara pengguna dengan komputer. 

Sehingga ada dua jenis perangkat yang dipelajari, yaitu perangkat lunak atau software dan perangkat keras atau hardware.

Beberapa kompetensi yang diajarkan kepada siswa Multimedia antara lain:

  • Komputer dan Jaringan Dasar
  • Pemrograman Dasar
  • Dasar Desain Grafis
  • Desain Grafis Percetakan
  • Design Media Interaktif
  • Teknik animasi 2D dan 3D
  • Teknik Pengolahan Audio Video
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Jurusan Multimedia di Universitas 

  1. Politeknik Negeri Jakarta

Kampus multimedia terbaik yang pertama ialah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Kampus ini terletak di Beji, Depok, Jawa Barat, sangat dekat dengan hiruk-pikuk ibukota. Lokasi kampus yang strategis memberikan keuntungan tersendiri bagi mahasiswanya yaitu dapat mengamati langsung trend design atau komunikasi media yang sedang beredar di masyarakat.

  1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Fakultas teknik multimedia kreatif dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dapat menuntun anda menjadi bagian penting dibalik produksi film, radio, atau konten hiburan lainnya. 

Fakultas ini menawarkan program studi Multimedia Broadcasting dengan akreditasi B yang sudah diakui oleh BAN-PT. Jurusan ini hadir untuk jenjang D3 sehingga anda akan lebih banyak melakukan praktik yang berguna di dunia kerja.

  1. Politeknik Negeri Medan

Sama seperti Jakarta, Medan memiliki politeknik terbaiknya dalam jurusan multimedia. Fakultas Teknologi Komputer dan Informatika di polmed menaungi dua program studi. Diantaranya ialah manajemen informatika dan teknik komputer, sangat cocok untuk  anda yang ingin memahami teknologi dan mengetahui perkembangannya.

  1. Universitas Multimedia Nusantara

Kampus multimedia terbaik di Indonesia selanjutnya dan yang paling terbaik ialah Universitas Multimedia Nusantara. Universitas ini sudah sangat terkenal dengan kualitas pendidikan yang terbaik, fasilitas serta gedung perkuliahannya pun tidak main-main. 

UMN sendiri terletak di Summarecon Serpong, Tangerang dan merupakan bagian dari Kelompok Kompas Gramedia.

Bila anda melanjutkan studi multimedia di sini, maka anda berkesempatan magang di Kompas Gramedia. Kesempatan tersebut akan menjadi pengalaman dan media pengembangan diri terbaik bagi para mahasiswanya. 

Bahkan bila kinerja magang anda sangat baik maka bisa langsung dipanggil bekerja bersama tim profesional di Kompas Gramedia.

  1. Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta

Kota pelajar yang satu ini juga memiliki kampus multimedia terbaik. Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta menawarkan enam program studi kepada calon mahasiswa. Diantaranya ialah program studi desain teknologi permainan, manajemen informasi komunikasi, manajemen teknik studio produksi siaran, manajemen produksi pemberitaan, dan manajemen produksi siaran.

Kampus multimedia terbaik di Indonesia ini telah terakreditasi B dan memberikan pengajaran kepada lebih dari 1700 mahasiswa. 

Biaya studinya pun cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 4.425.000 per semesternya. Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta juga menawarkan program untuk jenjang D4 dengan berbagai fakultas menarik.

Demikian informasi mengenai jurusan multimedia di universitas terbaik di Indonesia yang bisa anda ketahui. Semoga bisa menambah pengetahuan anda perihal jurusan multimedia di beberapa universitas yang ada di Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *