Jurusan Akuntansi UNP dan Prospek Kerja

Jurusan Akuntansi UNP

Jurusan Akuntansi UNP – Universitas Negeri Padang (UNP) adalah hasil konversi IKIP Padang menjadi universitas, yang pada mulanya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Semenjak didirikan pada tanggal 23 Oktober 1954, UNP telah mengalami banyak perubahan.

Dalam sejarah perkembangannya, perubahan-perubahan yang terjadi meliputi bukan saja nama dan tempat kedudukannya, tetapi juga status serta program-program pendidikan yang dikembangkannya, sesuai dengan kebijakan untuk memenuhi tuntutan perkembangan pendidikan di tanah air.

Perubahan ini dapat diklasifikasikan dalam lima periode, yaitu periode PTPG Batusangkar, periode FKIP Universitas Andalas Bukittinggi di Batusangkar, periode FKIP Universitas Andalas Padang, periode IKIP Jakarta Cabang Padang, periode IKIP Padang dan periode UNP.

Rektor Universitas Negeri Padang sejak 5 Juni 2024 adalah Dr. Ir. Krismadinata, S.T., M.T. Kampus utamanya terletak di Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Kota Padang. Sedangkan lokasi kampus lainnya terletak di Lubuk Buaya, Ulu Gadut, Limau Manis, Kota Bukittinggi, dan Kota Pariaman.

Pada 2011, UNP menjadi salah satu dari 28 Perguruan Tinggi Negeri lainnya yang dinobatkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) sebagai 50 perguruan tinggi yang paling menjanjikan di Indonesia, atau 50 Promising Indonesian Universities.

Pada 29 Desember 2016, UNP memperoleh akreditasi dengan predikat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Dan pada 20 April 2022, akreditasi UNP naik jadi predikat Unggul.

Pada 17 Agustus 2018, Kemenristekdikti mengumumkan peringkat 100 besar perguruan tinggi Indonesia nonvokasi tahun 2018.

UNP berada pada peringkat 26 dan termasuk dalam kluster kedua, ada April 2022, Universitas Negeri Padang (UNP) menerima Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Saat ini, Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat tengah menyiapkan diri, untuk menjadi World Class University (WCU) atau Universitas Berkelas Dunia (UBD) dengan melakukan penguatan kerja sama dengan universitas luar negeri.

Jurusan Akuntansi adalah program studi yang mempelajari teknik mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan dalam bisnis atau perusahaan.

Dengan kata lain, setiap bisnis atau usaha yang melibatkan keuangan, sudah pasti memerlukan seorang akuntan alias praktisi yang melakukan akuntansi.

Tak sekadar menghitung jumlah keuntungan atau mencatat penjualan, akuntansi juga menunjukkan arus kas, nilai aset, dan memberitahu bagian mana dari bisnis yang benar-benar menghasilkan uang.

Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) adalah suatu jurusan dari rumpun Bisnis dan Manajemen (Bismen) yang mempelajari pencatatan dan penyusunan laporan keuangan secara manual maupun menggunakan sistem komputerisasi.

Penyusunan laporan keuangan ini bisa diterapkan pada perusahaan jasa, perusahaan dagang maupun perusahaan manufaktur. Keunggulan Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL).

  • Prospek Pekerjaan yang luas

Kelebihan jurusan akuntansi yang utama yakni prospek kerja yang luas. Tentu saja karena semua sektor pasti membutuhkan skill seorang akuntan baik itu sektor industri, pajak, perbankan, otomotif, pendidikan, penerbangan, dan lain sebagainya.

Dalam arti lain, lulusan memiliki banyak pilihan untuk bekerja. Lulusan bisa memilih kelak ingin bekerja sendiri sebagai seorang wirausaha, bekerja di sebuah perusahaan swasta atau BUMN, atau bahkan bekerja sebagai seorang PNS.

  • Karier yang beragam

Memiliki prospek kerja yang luas tak berarti lulusan akan berakhir menjadi seorang akuntan. Memang ada beberapa jenis profesi akuntansi yang bisa dijadikan pilihan antara lain akuntan internal, akuntan pendidikan, akuntan publik, serta akuntan forensik.

Namun, perlu diketahui juga jika ada juga profesi lain bagi lulusan jurusan akuntansi selain menjadi akuntan.

Beberapa pilihan karier ini bisa dijadikan opsi, seperti accounting manager, konsultan pajak, financial analyst, data analyst, staf keuangan, auditor, budget analyst dan lain sebagainya.

  • Memiliki potensi untuk terus berkembang

Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) juga dimungkinkan mengelola perusahaan untuk usaha mandiri atau berwirausaha.

Selain itu dapat melanjutkan juga ke jenjang perguruan tinggi pada semua bidang keilmuan terutama yang terkait dengan tenaga pembukuan/Akuntansi, manajemen, manajemen Akuntansi dan Keuangan Lembaga dan sebagainya.

  • Range pendapatan yang baik

Perlu diketahui jika gaji seorang lulusan akuntansi bisa cukup besar. Apalagi jika dia telah memiliki jam terbang yang tinggi.

Mereka yang bekerja sebagai konsultan atau mereka yang berada di ranah perpajakan tentu biasa dengan nominal gaji tinggi. Begitu pula dengan gaji seorang akuntan senior.

Selain itu, kemampuan seorang akuntan di perusahaan manapun juga selalu diakui dan dihargai tinggi karena memang setiap perusahaan memerlukan seorang yang teliti dan mampu menganalisis dengan baik.

  • Membantu mempermudah pengelolaan keuangan

Masalah keuangan tak hanya berkutat dalam lingkup pekerjaan seperti perusahaan atau instansi, tetapi juga pribadi. Memiliki keterampilan akuntansi sama halnya dengan membantu diri sendiri mengatur serta mengelola keuangan pribadi.

Dengan terbiasa melakukan kegiatan pencatatan, maka siswa juga akan terbiasa untuk mencatat dan mengatur pemasukan atau pengeluaran.

Selain itu, siswa bisa lebih bijak memutuskan pengalokasian keuangan. Misal dengan hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan.

Prospek Kerja

Prospek kerja lulusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga sangat luas. Semua bidang pekerjaan membutuhkan lulusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga, seperti:

  • Staf Akuntansi/Keuangan Perusahaan

Staf Akuntansi adalah salah satu posisi yang paling dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Seorang staf akuntansi akan bertanggung jawab untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan dengan cara mengelola keuangan dengan tepat.

Menjadi staf akuntansi merupakan posisi yang kompleks dengan tugas yang bermacam-macam. Oleh sebab itu, orang yang ingin mengisi posisi ini haruslah mengerti apa saja tugas dan keahlian yang dimiliki.

  • Staf Akuntansi / Keuangan di Instansi Pemerintah

Seperti staf akuntansi pada perusahaan swasta, staf akuntansi di instansi pemerintah juga bertugas dan bertanggung jawab melakukan pencatatan serta pengklasifikasian semua transaksi sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh instansi tersebut, secara tepat dan akurat. Pencatatan serta pengelompokan semua transaksi ini memiliki standar aturan tersendiri.

  • Staf Perpajakan

Staf perpajakan adalah orang yang bertugas melakukan segala pencatatan, pembayaran, pelaporan, hingga pengawasan proses administrasi yang berkaitan dengan pajak suatu perusahaan.

Pegawai di bidang perpajakan biasanya bekerja pada divisi atau departemen keuangan, salah satu bagian terpenting dalam suatu struktur perusahaan.

  • Kasir

Kasir adalah profesi yang bertanggungjawab melayani pembayaran yang dilakukan pelanggan. Setelah itu, ia juga akan melakukan pencatatan barang yang dibeli.

Disebutkan juga bahwa kasir akan selalu berhadapan langsung dengan pembeli, sehingga mereka harus memiliki skill melayani pelanggan dan mengenal produk yang dijual.

  • Teller

Seorang teller umumnya bekerja pada sebuah bank. Teller adalah posisi yang akan melayani nasabah untuk melakukan transaksi. Bentuk transaksi tersebut ada berbagai macam, seperti menabung, menarik uang, melakukan transfer, hingga melakukan pembayaran lainnya.

Teller berada di bagian front office. Jadi, bisa dibilang bahwa teller adalah sosok yang ada di garda terdepan sebuah bank sehingga bagaimana teller memberikan service kepada nasabah akan menentukan reputasi bank tersebut.

  • Staf Administrasi

Staf administrasi adalah salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari perusahaan. Pasalnya, posisi ini cukup memegang peranan penting bagi keberlangsungan kegiatan operasional suatu bisnis.

Seorang staf administrasi perkantoran dituntut melakukan pengorganisasian data, dokumen, keperluan kantor hingga jadwal-jadwal dari petinggi di suatu perusahaan. Belum lagi, ia juga harus punya kemampuan dalam menguasai teknologi.

  • Customer Service

Customer service atau layanan pelanggan adalah menyediakan informasi atau layanan terkait barang dan jasa yang diperdagangkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini juga ditujukan untuk menarik minat calon pembeli.

Customer service akan melayani pertanyaan, saran, juga keluhan konsumen kemudian memberikan saran yang sesuai untuk menyelesaikan persoalan konsumen dalam menggunakan produk atau layanan perusahaan.

  • Wirausaha

Wirausaha adalah kegiatan usaha atau bisnis mandiri di mana segala sumber daya dan upaya dibebankan kepada pelaku usaha.

Seluruh kegiatan tersebut mulai dari mengenali produk baru, menentukan cara produksi, menyusun suatu operasi, memasarkan, serta mengatur permodalannya. Seseorang yang melakukan kegiatan wirausaha disebut wirausahawan atau entrepreuner.

Jurusan Akuntansi Kuliah

Jurusan Akuntansi adalah sebuah studi yang mempelajari teknik dalam mengukur dan mengelola sebuah transaksi dengan melakukan pengidentifikasian, pencatatan, penggolongan dan peringkasan yang disajikan pada laporan keuangan.

Untuk mengetahui lebih detail berikut pengertian Akuntansi menurut para Ahli:

  • AICPA (American Institute of Certified Public Accountans) pada tahun 1941, mendefinisikan akuntansi sebagai “seni mencatat, menggolongkan dan meringkas transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara tertentu dan dalam bentuk satuan uang, serta menafsirkan hasil-hasilnya.”
  • Menurut Winarno pada tahun 2005, akuntansi adalah ‘’proses pencatatan, pengolahan dan penyajian data transaksi keuangan terhadap pihak-pihak tertentu.”
  • Menurut Soemarsono pada tahun 2004, akuntansi merupakan “proses dalam mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi yang memungkinkan adanya penilaian dalam mengambil keputusan melalui informasi tersebut.”

Apa Saja yang Dipelajari pada Jurusan Akuntansi?  

Dalam membuat laporan keuangan tentu membutuhkan keterampilan dan ketelitian ekstra. Hal ini memerlukan strategi agar kamu terbiasa dalam menyusun laporan keuangan perusahaan.

Kurikulum pada jurusan tersebut juga perlu disesuaikan agar dapat diserap dengan baik di Industri.

Kurikulum Jurusan Akuntansi diadopsi dengan menggunakan pendekatan berbasis OBE (Outcome Based Education) yang memanfaatkan kapabilitas ICT dengan pemanfaatan jejaringnya di industri tersebut agar memperkuat proses pembelajaran.

Oleh karena itu, kamu akan dilatih dengan mempelajari berbagai mata kuliah yang menunjang ilmu Akuntansimu. Berikut beberapa mata kuliah yang akan dipelajari apabila kamu menjadi mahasiswa Akuntansi:

  • Akuntansi bisnis
  • Akuntansi perpajakan
  • Sistem informasi akuntansi
  • Literasi data
  • Akuntansi keuangan
  • Literasi teknologi
  • Akuntansi manajemen
  • Analisis laporan terkait keuangan perusahaan
  • Kewirausahaan

Mahasiswa Jurusan Akuntansi juga memiliki kompetensi tambahan dengan pelatihan sertifikasi Qualified Internal Auditor Level Dasar I dan II, Bravet Pajak A dan B serta System Analysis and Program Development (SAP). Sertifikasi tersebut akan membantu kamu untuk menemukan prospek kerja yang terbaik.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Akuntansi?

Setelah mengetahui dan mempersiapkan hal diatas, mahasiswa Jurusan Akuntansi kerja apa? Lulusan Akuntansi berpeluang besar untuk bekerja di perusahaan nasional dan multinasional. Berikut berbagai peran pekerjaan Akuntansi dapat kamu pilih, seperti:

  • Akuntan

Setelah lulus dari Jurusan Akuntansi, kamu akan dihadapkan dengan berbagai tawaran pekerjaan, salah satunya adalah menjadi seorang Akuntan.

Pada posisi ini, kamu akan menyusun, memeriksa dan memastikan seluruh keuangan perusahaan dilakukan secara benar.

Selain itu kamu juga memberikan saran dan rekomendasi terkait kebijakan keuangan serta pengelolaan risiko pada manajemen perusahaan.

  • Auditor

Prospek pekerjaan selanjutnya yaitu Auditor. Pada peran pekerjaan ini, kamu akan meninjau dan memperbaiki laporan keuangan. Dengan ilmu yang kamu kuasai, kamu akan dengan mudah menangani klien dalam mendata laporan keuangan.

  • Konsultan Pajak

Konsultan pajak menjadi prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan Akuntansi. Seorang konsultan pajak akan bertanggung jawab membantu klien untuk memenuhi kewajiban pajak dan penghematan pajak.

Kamu akan memberikan saran dan konsultasi mengenai masalah pajak kepada klien sehingga permasalahan yang dimiliki klien dapat tersolusikan dengan baik.

  • Akuntan Pendidik

Selain berbagai prospek pekerjaan di atas, kamu juga bisa menjadi Akuntan pendidik di bidang Akuntansi.

Meningkatnya jumlah mahasiswa di Jurusan Akuntansi juga menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan tenaga pendidik Jurusan Akuntansi. Kamu dapat menjadi tenaga pendidik agar ilmu yang kamu miliki dapat terus bermanfaat dan berkembang.

Demikianlah pembahasan mengenai Jurusan Akuntansi UNP. Semoga dapat memperkaya pengetahuan kita semua, sekian terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *