Jurusan Kuliah Perhotelan dan Pariwisata 2023

Jurusan Kuliah Perhotelan dan Pariwisata

Jurusan kuliah perhotelan dan pariwisata – Ilmu Manajemen Perhotelan dan Pariwisata adalah ilmu yang mempelajari tentang segala hal yang terkait dengan pariwisata, rekreasi, dan penginapan atau akomodasi.

Pada program studi Ilmu Manajemen Pariwisata dan Perhotelan akan dipelajari mulai dari bagaimana cara merancang, menyusun, melakukan, dan mengevaluasi kegiatan di sektor pariwisata dan penginapan. 

Secara kata, Ilmu Manajemen Perhotelan memiliki perbedaan definisi tersendiri yaitu ilmu yang mempelajari hal-hal yang terkait dengan penginapan atau akomodasi baik berupa hotel, villa, dan penginapan jenis lainnya yang ada di sekitar objek wisata.

Ilmu Pariwisata sendiri memiliki arti ilmu yang mempelajari segala sesuatu terkait pengelolaan objek wisata, interaksi terhadap wisatawan, dan mengelola jasa pelayanan wisata.

Ilmu yang didapat di Jurusan Pariwisata sangat berhubungan erat dengan sejarah, geografi, budaya, ekonomi, dan sebagainya dalam objek-objek wisata yang kamu datangi. Bidang ilmu ini mempelajari sumber daya pariwisata, 

Pembangunan kawasan pariwisata, juga manajemen perhotelan. Bekal pengetahuan tersebut sangat berguna ketika kamu bekerja di industri pariwisata seperti agen perjalanan maupun perhotelan.

Adapun antara pariwisata dan perhotelan hampir tidak bisa dipisahkan karena kedua hal ini sangat erat kaitannya

Manajemen Perhotelan dan Pariwisata termasuk jurusan yang memiliki cakupan yang cukup luas. Hal ini terlihat melalui peminatan atau spesialisasi jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata yang sangat beragam.

Para pelajar yang memilih kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata cukup beruntung karena banyak universitas yang menawarkan beragam spesialisasi jurusan.

Jurusan Kuliah Perhotelan dan Pariwisata berisi dengan beberapa ilmu studi, termasuk manajemen bisnis, marketing (pemasaran), public relations (humans), event management dan pariwisata. 

Semua aspek operasional yang berada di hotel dan industri makanan, seperti restoran dan kafe merupakan bagian dari manajemen hotel.

Semakin tingginya perkembangan industri pariwisata untuk meningkatkan pendapatan daerah membuat lulusan universitas jurusan Perhotelan memiliki peluang lebar. 

Program studi perhotelan adalah jurusan kuliah perhotelan dan pariwisata yang mempelajari pengelolaan hotel dan keseimbangan aspek wisata dan manajemen bisnis ini harus menguasai bahasa asing. 

Tentu kuliah Jurusan Kuliah Perhotelan dan Pariwisata ini ada hubungannya dengan tren wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke hotel milikmu ataupun hotel tempatmu bekerja.

Pengetahuan dan Keahlian yang dimiliki lulusan ini secara umum yaitu keterampilan komunikasi, bahasa asing, melayani konsumen, bekerja secara tim, manajerial, detail, teliti, dan tekun. 

Bukan berarti lulusan perhotelan akan bekerja di dalam hotel, karena cakupannya luas ada kaitannya dengan bisnis kuliner juga. Sehingga kamu bisa membuka bisnis seperti cafe, bakerycoffee shop, atau lainnya.

Usai lulus kuliah pariwisata atau perhotelan, kamu yang mencari pekerjaan di perusahaan bidang perhotelan atau sebagai pembuka lapangan pekerjaan. 

Misalnya, kamu bisa fokus di bidang kuliner. Ini pasti ‘keren’ apalagi memiliki spesialisasi menu tertentu yang tidak ada di tempat manapun.

Penguasaan bahasa asing yang tidak usah diragukan lagi, membuat lulusan ini bukan hanya bisa berkecimpung di dalam negeri melainkan juga di luar negeri. 

Keterampilan komunikasi yang baik akan sangat memudahkan kamu untuk bergabung di hotel taraf internasional bahkan hotel top di dunia. Oleh karena itu, kamu butuh info kuliah lengkap terkait universitas jurusan perhotelan.

Jurusan Kuliah Perhotelan dan Pariwisata

Berikut ini universitas yang memiliki jurusan perhotelan dan pariwisata di Indonesia:

  • Universitas Pelita Harapan 

Jenjang: DIV 

Program studi: Pengelolaan Perhotelan 

  • Akademi Pariwisata Bunda Mulia 

Jenjang: DIII

Program studi: A

  • Universitas Airlangga 

Jenjang: DIV dan DIII 

Program studi: Manajemen Perhotelan 

  • Politeknik Indonusa Surakarta 

Jenjang: DIII 

Program studi: Perhotelan 

  • Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti 

Jenjang: DIV 

Program studi: Pengelolaan Perhotelan Jenjang: DIII Program studi: Perhotelan 

  • Politeknik Sahid 

Jenjang: D1, DIII, DIV 

Program studi: Perhotelan 

  • Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta 

Jenjang: DIII 

Program studi: Perhotelan 

  • Universitas Pendidikan Ganesha 

Jenjang: DIII 

Program studi: Perhotelan

  • Universitas Negeri Padang 

Jenjang:DIV 

Program studi: Manajemen Perhotelan 10. 

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang jurusan kuliah perhotelan dan pariwisata, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *