Jurusan Statistika Akreditasi A Tahun 2023

Jurusan Statistika Akreditasi A

Jurusan statistika akreditasi a – Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.  

Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data. 

Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas. 

Jurusan Statistika merupakan jurusan yang mempelajari proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan juga menganalisis data agar kemudian data tersebut dapat dijadikan pijakan dalam mengambil keputusan. 

Berbagai data tersebut diproses menggunakan teori yang ada di Jurusan Statistika dengan valid dan tanpa rekaan sama sekali. Jurusan ini banyak dipilih siswa karena memiliki prospek kerja statistika yang luas.

Jurusan statistika lebih berfokus kepada data dan juga pengolahannya yang mana tujuannya agar data tersebut mudah dipahami dan mudah dijadikan dan diolah menjadi sebuah informasi bagi banyak orang.

Peminat Jurusan Statistika ini tak selaris jurusan lain dari rumpun Saintek, misalnya Jurusan Kedokteran atau Jurusan Teknik Informatika. Padahal, jurusan statistika di berbagai universitas menawarkan jenjang pendidikan yang sangat beragam, mulai dari D-III, D-IV, dan bahkan S-1.

Untuk mengetahui mengenai jurusan statistika lebih lanjut, simak berbagai hal mengenai jurusan statistika di bawah ini, mulai dari bagaimana prospek kerja jurusan statistika, apa saja kelebihan dan kekurangan jurusan statistika.

Jurusan statistika merupakan jurusan yang kemampuan lulusannya sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan oleh lapangan pekerjaan dan di masa depan. 

Lulusan Jurusan Statistika ini memiliki peluang yang besar untuk selalu dicari karena hasil kerja keras mereka akan menjadi pengambilan dasar keputusan di berbagai sektor.

Hal ini karena kemampuan melakukan proses data dengan akurat dibutuhkan oleh hampir semua instansi, baik itu instansi pemerintahan atau instansi swasta agar instansi tersebut dapat memberikan informasi atau dapat mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan dengan berbagai data yang ada.

Misalnya saja mengenai informasi perhitungan hasil pemilu atau pemutusan pembuatan suatu kebijakan yang berdasarkan kepada data jenjang pendidikan penduduk Indonesia, atau perhitungan jumlah keluar masuk barang yang ada di sebuah pabrik yang harus dihitung dengan tepat dan cepat serta akurat.

Jurusan matematika dan statistika berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) bersama dengan jurusan biologi, fisika, geofisika, kimia dan biokimia.

Universitas swasta jurusan statistika akreditasi a 

Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan salah satu kampus swasta yang berlokasi di Yogyakarta yang berdiri pada 8 Juli 1945, satu bulan sebelum proklamasi Republik Indonesia. Pengalaman panjang tersebut, menjadikan UII sebagai pionir pendidikan tinggi di Indonesia yang berlandaskan pada nilai kebangsaan dan keislaman.

UII dikenal sebagai kampus intelektual dengan akar yang kuat pada kebebasan akademik. Oleh karena itu, keberagaman pemikiran turut mendapatkan ruang apresiasi yang tinggi di kampus ini. 

Kualitas UII juga tidak perlu dipertanyakan lagi, karena telah terakreditasi Unggul dari BAN-PT, serta mendapatkan tiga bintang dari QS Asian University Rankings 2021.

Program studi Statistika adalah program studi pertama di fakultas MIPA yang mempersiapkan lulusannya sebagai seorang yang ahli data (data scientist). Program studi Statistika UII telah mendapatkan akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT No.3909/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2020. 

Program studi ini menerapkan kurikulum ENTHUSIASTICS  dengan konsentrasi Data Sains, Aktuaria, Bisnis dan Sosial, Industri serta Manajemen Kebencanaan. 

Era teknologi informasi saat ini mengakibatkan  ledakan data di setiap instansi dan industri baik dalam level nasional maupun internasional. 

Kebutuhan data scientist yang bisa mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisa, menginterpretasikan dan menyajikan data masih sangat minim dibandingkan dengan kebutuhan yang diperlukan akibat banjirnya data tersebut. 

Seperti yang banyak dilansir di berbagai situs web pekerjaan terbaik dunia di tahun 2017, data scientist memiliki pendapatan tertinggi per tahun, karena seseorang yang terampil dalam statistika akan mampu ditempatkan di berbagai bidang. 

Data scientist sangat dihargai dalam analisa data untuk mengukur dan memprediksi keadaan perusahaan di masa mendatang berdasar data agar dapat diambil tindakan manajemen yang tepat dan menguntungkan bagi perusahaan.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang jurusan statistika akreditasi a,  semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *