Jurusan Kuliah Perhotelan di Bandung

Jurusan Kuliah Perhotelan di Bandung

Jurusan Kuliah Perhotelan di Bandung – Jika kamu sedang mencari salah satu jurusan kuliah terbaik, Jurusan kuliah Perhotelan bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Selain memiliki prospek yang menjanjikan, kamu akan menjalani proses belajar yang menyenangkan.

Seiring dengan majunya sektor pariwisata di Indonesia, pastinya lulusan sekolah jurusan perhotelan sangat dibutuhkan. Misalnya, front office, F&B service, F&B product, dan lainnya. 

Jurusan Perhotelan berfokus pada keterampilan di bidang hospitality. Umumnya, jurusan ini menawarkan program studi dengan gelar Sarjana Terapan (D4) atau Ahli Madya Pariwisata (D3). Namun, ada juga beberapa kampus yang menawarkan program studi S1.

Jurusan Kuliah Perhotelan di Bandung

Berikut ini beberapa rekomendasi Jurusan kuliah Perhotelan di Kota Bandung

Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung

Dulu, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung bernama National Hotel Institute (NHI). Perguruan tinggi ini bernaung di bawah Kementerian Pariwisata, sementara secara teknis akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

STP Bandung bekerja sama dengan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. 

ITB 

ITB bukan sekolah tinggi pendidikan pertama yang membuka program pascasarjana di bidang pariwisata. Pendidikan sarjana tentang pariwisata di Indonesia didominasi kejuruan, melayani meningkatnya kebutuhan industri yang berkembang. 

Menanggapi isu-isu yang berkembang dalam pengembangan pariwisata, ITB pada tahun 1993 mendirikan Pusat Penelitian Pariwisata untuk merangsang minat di antara mahasiswa dan anggota fakultas. Pusat penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan pengetahuan melalui penelitian serta pembelajaran.

Di pusat penelitian ini membangun banyak kerjasama dengan berbagai pemerintah daerah dan pusat. Dengan akumulasi pengetahuan selama periode itu, materi kursus tentang pariwisata menjadi diperkaya dan diperluas. 

Pada tahun 2006, program Magister tentang pariwisata dimulai sebagai lampiran ke program Magister Studi Pembangunan. Setelah pertimbangan dan persiapan yang matang, program Magister tentang Perencanaan Pariwisata kemudian didirikan pada 2010.

Jika kamu yang berminat untuk melanjutkan kuliah S2 di bidang perhotelan atau pariwisata bisa mencoba daftar ke sini. Informasi syarat masuk jurusan pariwisata dan perhotelan bisa cek pada laman web ITB.

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Negeri di Bandung yang membuka jurusan perhotelan lainnya adalah Universitas Pendidikan Indonesia. Program studi yang dibuka disini adalah Program studi Manajemen Pemasaran Pariwisata (MPP).

Program studi ini dibuka untuk membantu lulusan agar mampu mengembangkan bakatnya di bidang pariwisata. Selain itu juga membantu lulusan untuk terjun langsung pada bidang pemasaran.

Prodi ini memiliki program pembelajaran antara lain pengelolaan pemasaran pariwisata khususnya :

  • Menyusun strategi penerapan pariwisata
  • Mengimplementasikan strategi penerapan pariwisata
  • Mengevaluasi strategi penerapan pariwisata
  • Analisis lingkungan pemasaran pariwisata dan eksternal dan internal

Jika kamu berminat masuk jurusan perhotelan, kamu bisa mencoba mendaftar ke sini. Kamu akan mendapatkan berbagai materi pembelajaran yang bisa menunjang karir kamu di bidang pariwisata. Setelah lulus kamu akan memiliki gelar Sarjana Pariwisata (S.Par.)

Politeknik Negeri Bandung

Universitas Negeri di Bandung lainnya yang memiliki jurusan perhotelan adalah Politeknik Negeri Bandung. Politeknik Negeri Bandung membuka jurusan DIII- Usaha Perjalanan Wisata untuk menghasilkan lulusan yang mumpuni di bidang pariwisata.

Keunggulan menempuh kuliah di sini adalah penyusunan kurikulum pembelajaran disusun sesuai dengan kebutuhan di dunia industri. Kemampuan bahasa inggris baik lisan maupun tulisan juga diasah sebaik mungkin.

Setelah lulusan dari Politeknik Negeri Bandung kamu memiliki kesempatan untuk melamar pekerjaan ke Travel Agent, Tour Guide, Travel Consultant, EO, Cargo dan lain-lain.

Biaya Kuliah Jurusan Perhotelan di Bandung 

Informasi biaya untuk belajar di kampus Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung dibutuhkan biaya sekitar Rp 8.000.000-Rp 51.400.000 untuk S1 Studi Destinasi Wisata Rp 8.000.000-Rp 57.900.000 untuk S2 Administrasi Pariwisata.

Demikianlah pembahasan tentang Jurusan kuliah Perhotelan di Bandung. Jika kamu berminat melanjutkan pendidikan di jurusan ini, silakan pilih salah satu kampus yang sudah kami bagikan tersebut. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *