Mata Pelajaran Biologi SMA Dan Rangkuman Materi

Mata Pelajaran Biologi SMA

Mata Pelajaran Biologi SMA terdiri atas 3 jenjang yaitu kelas X, XI, XII. Masing-masing tingkatan kelas memiliki silabus materi tersendiri sesuai dengan kurikulum yang telah ditentukan.

Kami akan menyajikan rangkuman mata pelajaran biologi dari ketiga jenjang tersebut. yuk simak penjelasannya sebagai berikut.

Sederhananya, materi biologi kelas 12 SMP meliputi sel, genetika, evolusi, dan bioteknologi.

Menurut kurikulum nasional, biologi kelas 12 dibagi menjadi tujuh bab. Biasanya kami belajar empat sampai lima bab di semester pertama. apa yang terjadi Bagaimana saya bisa belajar, ya? Lihat semuanya di bawah ini.

Bahan biologis kelas 12 BAB 1: pertumbuhan dan perkembangan

Tumbuh vs Berkembang

Pada bab pertama Anda akan mempelajari perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan. Untuk menguasai bab ini, pertama-tama Anda harus mengetahui perbedaan antara berkembang dan berkembang, bukan?

Pertumbuhan tanaman

Apa yang perlu Anda kuasai dalam subspesialisasi ini? Ada banyak perbandingan di bab ini! Bandingkan hanya tanaman, bukan orang lain!

  • Perbedaan struktur biji tumbuhan (monokotil dan dikotil)
  • Jenis perkecambahan (hypogeal dan epigeal)
  • Jenis pertumbuhan tanaman (primer dan sekunder)
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman (internal dan eksternal)

pertumbuhan hewan

Anda tidak hanya akan belajar tentang tumbuhan di bab ini, tetapi pertumbuhan dan perkembangan hewan juga sama pentingnya!

  • Perkembangan embrio pada hewan
  • Metamorfosis pada hewan

Bahan biologis kelas 12 BAB 2: enzim dan metabolisme

Enzim

Di sini Anda dapat belajar banyak tentang cara kerja enzim. Apa peran enzim dalam tubuh?

  • Mekanisme kerja enzim
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi enzim

Metabolisme

Enzim berperan dalam mengendalikan semua reaksi yang terjadi pada makhluk hidup. Nah, reaksi makhluk hidup itulah yang kita sebut metabolisme.

Katabolisme

  • Contoh yang paling banyak dibicarakan adalah respirasi aerobik

anabolisme

Struktur dan komponen DNA dan RNA

Di Bab 3, Anda membahas nukleotida, yang terdiri dari DNA dan RNA. Perbedaan apa? Bagaimana DNA mempengaruhi sifat manusia? Apa yang terjadi pada DNA?

Setelah Anda menguasai bab ini, Anda akan lebih mudah mempelajari Bab 4, yang juga mencakup genetika.

Bahan biologis kelas 12 BAB 4: pembelahan sel

Dalam bab ini kita akan belajar bagaimana sel berkembang biak. Kalian mungkin sering mendengar istilah mitosis dan meiosis di pelajaran biologi kelas 10 kan? Jadi di kelas 12 kalian akan belajar lebih banyak tentang proses.

Siklus sel

Proses apa yang terjadi dalam fase-fase ini?:

  • Profase
  • Metafase
  • anafase
  • Telofase
  • Sitokinesis

Kanker

Spoilers, Anda juga akan belajar tentang kanker nanti. Kanker sendiri merupakan sel yang proses pembelahannya tidak teratur atau terputus sehingga menimbulkan benjolan (tumor). Sekelompok sel disfungsional dapat melahap berbagai makanan yang berakhir di tubuh dan mencegah sel lain mendapatkan bagiannya.

Rangkuman Materi Mata Pelajaran Biologi SMA/MA Kelas 10

a. Biologi sebagai ilmu: Objek, masalah, cabang dan keunggulan biologi

Pada bab ini kita akan mempelajari beberapa hal secara bersama-sama termasuk apa saja materi pelajaran dalam biologi? Bagaimana biologi berkembang? Apa kelebihan dan kekurangannya?

b. Keanekaragaman Hayati

Setelah mempelajari bab ini, kami berharap teman-teman dapat merumuskan konsep kesatuan dan keragaman makhluk hidup, dengan memperhatikan lingkungan. Semakin banyak Anda tahu tentang keragaman Indonesia, semakin Anda akan berusaha untuk melindungi dan melestarikannya.

c.Virus

Sifat virus adalah sebagai makhluk hidup, namun virus juga dapat mengkristal (dinonaktifkan sementara).

d.Monera

Meski ukuran prokariota sangat kecil, dampaknya terhadap Bumi sangat besar dan luar biasa. Kebanyakan prokariota bermanfaat bagi kehidupan manusia dan sedikit yang berbahaya.

e. Protista

Mempelajari protista akan membantu Anda memahami ciri-ciri umumnya, peran apa yang dimainkannya dalam kehidupan di planet ini, dan organisme apa yang termasuk dalam kingdom protista ini

f. Jamur

Banyak ahli telah mempelajari jamur, namun hal ini memerlukan penelitian lebih lanjut. Jamur memiliki cara hidup khusus yang sangat menarik untuk dipelajari.

g. Margasatwa

Setelah mempelajari tentang satwa liar, saya berharap teman-teman dapat lebih mengenal satwa liar dengan menjelaskan ciri-ciri utamanya dan memahami perannya dalam kehidupan di bumi.

h. Ekosistem

Pada materi ini, Anda akan belajar tentang komponen ekosistem dan perannya dalam pengangkutan materi dan kehidupan. Harapan saya setelah membaca bab ini adalah saya dapat belajar lebih banyak tentang komponen penyusun ekosistem yang mendukung kehidupan di Bumi.

  1. Perubahan Ekosistem

Setelah mempelajari tentang perubahan ekosistem, semoga teman-teman dapat lebih memahami dampak perubahan keseimbangan lingkungan terhadap kehidupan sebagai akibat ulah manusia dan bencana alam. Lebih cerdas dan cerdas dalam menggunakan sumber daya alam.

Silabus mata pelajaran biologi sma kelas x kurikulum 2013

Rpp mata pelajaran biologi sma kurikulum 2013 

Demikianlah ulasan mengenai mata pelajaran biologi sma. Semoga bisa membantu kamu dalam menguasai mata pelajaran biologi yaaa. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *