Materi Mata Pelajaran Biologi SMP Kelas 7

Materi Mata Pelajaran Biologi SMP Kelas 7

Mata Pelajaran Biologi SMP Kelas 7 – Makhluk hidup terdiri dari sel, jaringan, organ, sistem organ hingga organisme. Untuk memahami organisasi kehidupan, kali ini kita membahas tentang organisasi kehidupan mulai dari struktur dan fungsi sel hingga organisme.

Berikut Materi Mata Pelajaran Biologi SMP Kelas 7

A.Sel

Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup. Sel sebagai unit struktural terkecil berarti bahwa sel adalah substansi dasar dari tubuh yang hidup. Setiap sel terdiri dari bagian-bagian yang berbeda, yaitu membran plasma, nukleus, sitoplasma, dan organel sel. 

Pada organisme multisel, sel-sel dengan bentuk serupa bergabung bersama dan melakukan tugas yang sama membentuk jaringan. Jaringan yang berbeda kemudian membentuk organ dengan fungsi tertentu. Organ yang berbeda bekerja sama membentuk sistem organ.

Selama pengamatan peneliti, ditemukan bahwa sel memiliki dua struktur, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. 

  1. Sel prokariotik

Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti, artinya sel prokariotik adalah sel yang memiliki materi genetik DNA yang tidak tertutup oleh membran inti. Contoh sel prokariotik adalah sel bakteri.

  1. Sel eukariotik

Sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti, sehingga terjadi pemisahan nukleus dan sitoplasma. Contoh sel eukariotik adalah sel tumbuhan dan sel hewan.

B. Struktur dan fungsi organel

Sel eukariotik tersusun atas beberapa organel sel dengan struktur dan fungsi tertentu, seperti membran sel, sitoplasma inti, ribosom, mitokondria, retikulum endoplasma, badan Golgi dan lisosom. Berikut ini menjelaskan struktur dan fungsi organel sel.

1. membran sel (membran plasma)

Membran sel adalah penutup luar yang mengelilingi sel. Plasma terdiri dari lipid, protein dan sejumlah kecil karbohidrat. Membran plasma berfungsi sebagai tempat ion, molekul dan senyawa untuk masuk, keluar atau masuk ke dalam sel.

Membran plasma bersifat semipermeabel, artinya memiliki kemampuan untuk menyeleksi zat yang masuk atau keluar sel.

2. inti sel

Pada sel eukariotik, nukleus dibatasi oleh membran inti. Membran inti berguna untuk pertukaran bahan antara nukleoplasma (plasma inti) dan sitoplasma. Di dalam sel, tugas utama nukleus adalah mengontrol semua aktivitas sel, yang kepentingannya dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Mengontrol proses metabolisme yang berkelanjutan di dalam sel;
  • Pengumpulan informasi genetik (gen) berupa DNA;
  • Mengatur kapan dan di mana ekspresi gen harus mulai, mulai dan berhenti;
  • Tempat Replikasi dan Transkripsi DNA.

3. Sel plasma

Plasma sel adalah cairan sel di dalam kantung sel, yang dibatasi oleh membran sel. Plasma sel terdiri dari dua bagian yaitu nukleoplasma dan sitoplasma. Nukleoplasma adalah plasma atau cairan yang ditemukan dalam inti sel. Sitoplasma, di sisi lain, adalah cairan kental yang mengisi ruang antara membran sel dan nukleus. Di dalam sitoplasma terdapat organel sel, termasuk ribosom, retikulum endoplasma, badan Golgi, lisosom, dan mitokondria.

4. Ribosom

Ribosom adalah butiran kecil yang tersebar di seluruh sitoplasma, beberapa di antaranya melekat pada retikulum endoplasma (RE). Di dalam sel, ribosom berperan dalam sintesis protein.

5. Retikulum Endoplasma (RE)

RE terdiri dari kantung pipih dan tabung membran berlapis ganda yang memanjang dan menutupi sebagian besar sitoplasma. Ada dua jenis RE yaitu RE kasar yang menempel pada ribosom dan RE halus yang tidak menempel pada ribosom. RE kasar berperan dalam sintesis protein sedangkan RE halus berperan dalam sintesis lemak.

6. Badan Golgi

Aparatus Golgi adalah tumpukan kantong pipih yang disusun dari besar ke kecil dan dibatasi oleh membran. Aparatus Golgi menghasilkan lisosom dan memproses protein dan molekul lain yang diangkut keluar sel atau ke membran sel.

7. Lisosom

Lisosom adalah vesikel membran kantung yang mengandung enzim yang biasanya memecah molekul besar di dalam sel dan merusak sel asing (fagositosis).

8. Mitokondria

Mitokondria adalah organel membran ganda yang berpartisipasi dalam respirasi seluler dan menghasilkan energi seluler. Mitokondria terdiri dari membran luar, membran dalam, membran kristal dan matriks. 

Demikianlah ulasan mengenai mata pelajaran biologi smp kelas 7. Semoga dapat membantu teman-teman ya di dalam memahami mata pelajaran ini. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *