Materi Mata Pelajaran Sosiologi Kelas 12

Mata Pelajaran Sosiologi Kelas 12

Mata Pelajaran Sosiologi Kelas 12 – Sosiologi merupakan mata pelajaran di bidang jurusan IPS di SMA. Mata Pelajaran ini membahas semua hal terkait kehidupan sosial.

Dengan belajar pelajaran Sosiologi diharapkan kamu dapat menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum karena sosiologi meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip atau hukum-hukum umum dari interaksi antar manusia dan juga perihal sifat hakikat, bentuk, isi, dan struktur masyarakat.

Berikut ini akan dijelaskan sedikit gambaran materi Mata Pelajaran Sosiologi Kelas 12

1. Bab 1 Perubahan Sosial

Perubahan sosial dapat berarti adanya ketidaksesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan sosial sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan baru yang dapat tidak serasi fungsinya dengan pola kehidupan masyarakat yang bersangkutan.

Perubahan sosial adalah perubahan lembaga sosial dalam masyarakat mempengaruhi sistem sosial, nilai, sikap, dan perilaku individu dan kelompoknya.

Bentuk Perubahan
  • Perubahan Lambat
  • Perubahan Cepat
  • Perubahan Kecil
  • Perubahan Besar
  • Perubahan yang direncanakan
  • Perubahan yang tidak direncanakan
  • Perubahan Struktur dan Perubahan Proses
Faktor Pendorong
  • Faktor internal : Bertambah atau berkurangnya penduduk, penemuan baru, konflik masyarakat, terjadinya pemberontakan/revolusi.
  • Faktor eksternal : Lingkungan fisik, Peperangan, Pengaruh kebudayaan masyarakat lain

2. Bab 2 Modernisasi dan Globalisasi

Asal kata modo artinya cara dan ernus artinya periode waktu masa kini. Proses perubahan sosial dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Perubahan peralatan dari sederhana menjadi kompleks.

Koentjaraningrat menyatakan modernisasi sebagai usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi dunia sekarang. Ogburn dan Nimkoff, modernisasi harus mengarahkan masyarakat agar dapat memproyeksikan diri ke masa depan yang nyata dan bukan angan angan semu.

3. Bab 3 Lembaga Sosial

4. Bab 4 Penelitian Sosial

Menurut Marzuki, penelitian sebagai suatu usaha untuk mengumpulkan, mencari dan menganalisa fakta mengenai suatu masalah. Menurut Supranto, penelitian adalah kegiatan yang dijalankan untuk memperoleh fakta atau prinsip dengan sabar, hati-hati dan sistematis.

Sutrisno Hadi mengatakan bahwa penelitian adalah suatu usaha untuk menemukan suatu untuk mengisi kekosongan atau kekurangan, mengembangkan atau memperluas.

Jadi, penelitian adalah suatu usaha menarik kesimpulan yang dapat dipercaya kebenarannya, yang dilakukan dengan sadar dan teliti menurut prosedur ilmiah. Suatu aktivitas ilmiah yang menggunakan metode ilmiah logis dan sistematis untuk menguji atau verifikasi suatu atau beberapa hipotesa terhadap satu atau beberapa masalah dengan proses mengumpulkan data.

Penelitian digunakan untuk memperkuat ilmu pengetahuan, membina, dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

5. Bab 5 Pengumpulan Data

6. Bab 6 Pengolahan Data

Demikianlah pembahasan tentang Mata Pelajaran Sosiologi Kelas 12. Semoga materi yang kita bagikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *