Geologi Adalah?

Geologi Adalah

Geologi adalah cabang ilmu kebumian yang mempelajari segala sesuatu tentang planet bumi dan isinya yang pernah ada. Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat dan bahan-bahan bumi, susunannya, proses-proses di dalam dan di atas permukaan bumi, kedudukan bumi di alam semesta dan sejarah perkembangannya sejak lahirnya bumi. alam semesta sejauh ini.

Geologi dapat diklasifikasikan sebagai ilmu yang kompleks dengan banyak topik berbeda, tetapi juga merupakan bidang studi yang menarik. Ilmu ini mempelajari hal-hal sekecil atom hingga ukuran benua, lautan, cekungan, dan pegunungan.

Perkembangan ilmu geologi adalah

Bahkan, dapat dikatakan bahwa geologi itu sendiri dimulai sekitar 500-300 tahun sebelum masehi, berdasarkan fakta yang diikuti oleh gagasan dan pernyataan para filsuf Yunani. Tetapi geologi berkembang menjadi ilmu bumi modern pada abad ke-17 dan ke-18 setelah fisikawan Skotlandia James Hutton menerbitkan Theory of the Earth pada tahun 1795. Hutton mengembangkan doktrin uniformitarianisme, yang menurutnya hukum fisika, kimia, dan biologi yang terjadi saat ini juga terjadi. di masa lalu.

Karena luasnya cakupan wilayah yang sangat beragam, maka secara geologis biasanya dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu:

  1. Geologi Fisik

Geologi fisik adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri fisik bumi, seperti : B. Susunan dan susunan bahan-bahan penyusun bumi, lapisan udara yang menyelimuti bumi, terutama bagian-bagian yang melekat dan berinteraksi dengan itu. Bumi, lalu film air atau hidro? dan proses yang terjadi di permukaan bumi, yang digerakkan oleh pengaruh energi matahari dan gravitasi bumi. Proses yang terlibat dapat digambarkan sebagai pelapukan, erosi, perpindahan dan pengendapan. 

  1. Geologi Dinamis (Geologi Dinamis)

Geologi dinamis adalah cabang geologi yang mempelajari sifat-sifat dinamis bumi. Aspek ini merujuk pada perubahan bagian-bagian bumi yang disebabkan oleh gaya yang dipicu oleh energi dari dalam bumi, seperti B. aktivitas magmatik yang menghasilkan vulkanisme, gerakan litosfer yang disebabkan oleh arus konveksi, gempa bumi dan gerakan pembentuk cekungan, sedimen dan pegunungan.

Bagian geologi ini berada pada puncak perkembangannya pada abad ke-20, yang semakin memukau para ahli geosains dengan munculnya konsep baru tektonik global dengan teorinya tentang lempeng tektonik.

Teori ini merevolusi pemikiran mereka dan memengaruhi banyak bidang geologi lainnya seperti petrologi, stratigrafi, geologi struktur, tektonik dan pengaruhnya terhadap pembentukan endapan mineral, minyak, dll. tugas seorang ahli geologi

Peran seorang ahli geologi adalah melakukan penelitian untuk mengungkap misteri yang masih melingkupi proses, pergerakan dan perubahan yang terjadi pada material bumi, seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi. Selain itu, kami mencari dan mencoba menemukan bahan-bahan yang diperlukan dari bumi, seperti mineral, minyak, dan gas alam.

Dengan berkembangnya peradaban, melakukan banyak hal yang dibutuhkan manusia yang membutuhkan bahan tambang seperti besi, tembaga, emas dan perak, kemudian juga batu bara dan minyak bumi sebagai sumber energi dan karena harus diekstrak dari dalam bumi, ilmu geologi berkembang. sebagai ilmu terapan, yang dalam hal ini berfungsi sebagai pedoman penting dalam pencarian.

Selain itu, dalam pengembangan lahan yang sebelumnya tidak menjadi masalah dalam pemilihan kawasan pemukiman, kini pengembangan kawasan harus memperhatikan daya dukung lingkungan yang ditentukan oleh faktor geologis, agar pengembangan tersebut tidak mempengaruhi keseimbangan alam. . Oleh karena itu, selain yang telah dijelaskan di atas, peran seorang ahli geologi juga mempelajari karakteristik bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, dll; Prediksi dan cara menghindarinya.

Geologi adalah pdf

Demikianlah ulasan mengenai geologi. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu ya guys. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *