Apa Geofisika Kerja Dan Berapa Gajinya?

Geofisika Kerja

Geofisika Kerja – Meski jurusan ini kurang populer dibanding jurusan lain, banyak lulusan jurusan ini yang justru memiliki daya kerja yang tinggi. Selain itu, karena jumlah pelamar sedikit, lulusan lebih mudah bekerja karena pesaing lebih sedikit.

Apa itu teknologi geofisika?

Rekayasa geofisika adalah ilmu yang mengharuskan Anda menggunakan kemampuan Anda untuk mengamati, menghitung, menganalisis, meneliti, menyusun pemikiran Anda, memperhatikan detail dan ketekunan. Jika Anda memiliki kurikulum geofisika, Anda perlu bekerja langsung di lapangan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan metode dan peralatan.

Selain itu, kursus Teknik Geofisika adalah program gelar yang mencakup keterampilan khusus dengan berbagai peluang karir. Menurut teori fisika ini, dalam studi geografi Anda akan menghadapi kursus yang tidak mudah, tetapi di sini Anda dapat meningkatkan keterampilan aritmatika dan melakukan analisis.

Peluang lulusan teknik geofisika kerja apa?

Jika Anda penasaran dengan lowongan kerja lulusan geofisika dan ingin mengetahui informasi gaji masing-masing lowongan, berikut informasinya:

  1. Ahli ramalan cuaca

Prakiraan cuaca memiliki analisis yang kuat tentang bagaimana mendeteksi perubahan cuaca dan melakukan pengamatan tentang berbagai proses di lapisan bumi. Pekerjaan ini juga membutuhkan keahlian dalam perencanaan geofisika. Disiplin ini akan membantu Anda lebih memahami kondisi alam berdasarkan penelitian dan temuan ilmiah. Gaji iklan pekerjaan ahli meteorologi berkisar antara Rp 4-7,5 juta per bulan.

  1. Pejabat

Pekerjaan lulusan mata kuliah Teknik Geofisika selanjutnya adalah sebagai PNS. Pekerjaan ini juga memberi Anda jaminan berapa banyak Anda akan dibayar. Dengan gaji yang menjanjikan, Anda juga harus memiliki keahlian yang sesuai dengan level tugas. Gaji rata-rata pegawai negeri adalah 5 juta euro per bulan.

  1. Teknik Perminyakan dan Material

Apakah Anda tertarik untuk bekerja di pabrik atau industri? Pekerjaan ini bisa kamu lakukan setelah lulus dari jurusan Geofisika. Keahlian dan keterampilan yang akan Anda peroleh di universitas akan berguna jika Anda ingin bekerja sebagai insinyur di bidang minyak atau produk alami lainnya.

Pekerjaan seorang insinyur perminyakan dan material membutuhkan sistem keselamatan dan keahlian tingkat lanjut serta peluang gaji yang baik. Apalagi jika Anda berhasil diterima di perusahaan asing, gaji Anda akan semakin tinggi. Dalam pekerjaan ini, Anda berpeluang mendapatkan gaji mulai dari Rp 4,5 juta hingga Rp 10 juta per bulan.

  1. Insinyur Perlindungan Lingkungan

Peluang berikutnya untuk teknik geofisika adalah sebagai Insinyur Konservasi di lembaga lingkungan pemerintah.

Dengan memilih jurusan ini, Anda bisa bekerja di bidang lingkungan. Perkiraan gaji yang akan Anda dapatkan untuk bekerja sebagai Teknisi Perlindungan Lingkungan berkisar antara 3,5 hingga 5 juta rupiah per bulan.

  1. Pejabat BMKG

Jika Anda ingin bekerja di departemen BMKG, jurusan ini juga cocok. BMKG adalah badan meteorologi, cuaca, fenomena alam, dan kualitas udara.

Jika Anda berhasil menjadi perwira junior di lembaga ini, Anda bisa mendapatkan gaji awal sebesar Rs 5 lakh per bulan. Plus, Anda tetap bekerja untuk dipromosikan sehingga Anda dapat meningkatkan gaji Anda.

  1. COKLAT

Beberapa BUMN, termasuk Pertamina, juga mencari lulusan dengan fokus geofisika. Lulusan ini dapat bekerja dalam eksplorasi sumber daya alam dengan tujuan menemukan sumur minyak.

Estimasi gaji pegawai BUMN mulai 7 juta per bulan.

  1. Dosen

Peluang kerja geofisika selanjutnya adalah menjadi dosen atau instruktur mata kuliah geofisika. Selain memberikan kesempatan untuk belajar lebih lanjut, Anda juga dapat memperluas pengetahuan ini.

Dosen tidak hanya harus bisa mendidik mahasiswanya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, tetapi Anda juga berkesempatan mendapatkan beasiswa agar bisa melanjutkan studi. Kisaran gaji seorang dosen cukup luas dan gaji rata-rata sekitar 5 juta euro per bulan. 8. Peneliti

Lulusan teknik geofisika juga telah mempelajari penelitian sumber daya alam, pengolahan data, pencitraan, reservoir dan memperoleh informasi tentang udara kotor, sehingga seorang peneliti geofisika harus memiliki peluang terbaik untuk mencegahnya.

Anda juga bisa memilih beberapa institusi sebagai tempat bekerja, seperti Lemigas, LIPI atau lainnya. Jumlah gaji yang akan Anda dapatkan mulai dari 6 juta rupiah per bulan.

Selain opsi di atas, pekerjaan desain geofisika dilakukan oleh Departemen Energi dan Mineral dan personel penelitian dan pengembangan. Masing-masing menawarkan gaji mulai dari Rs 13 lakh hingga Rs 4 lakh per bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *