Mata Pelajaran Sekolah Dasar Yang Wajib DIketahui!

Mata Pelajaran Sekolah Dasar

Mata Pelajaran Sekolah Dasar – Sistem ini diterapkan di SD karena karakteristik siswa yang masih memandang sesuatu secara holistik (menyeluruh).

Bukan saja dianggap belum mampu memilih konsep dari berbagai disiplin ilmu, siswa SD juga dikenal dengan cara berpikirnya yang deduktif (dari yang umum ke bagian-bagian kecil).

Oleh karena itu, pembelajaran tematik integratif diyakini dapat menjadi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mereka. Nah, jika sebelumnya mata pelajaran IPA dan IPS berdiri sendiri, dalam pembelajaran ini keduanya menjadi materi pembahasan pada semua pelajaran.

Dalam artian, dua mata pelajaran ini akan diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran. Untuk IPA, misalnya, akan menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia dan matematika,

Sedangkan untuk IPS akan menjadi pembahasan materi pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Mata pelajaran sekolah dasar yang wajib

Ada dua kompetensi di SD/MI, yakni Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Sementara mata pelajaran terdiri dari Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Per jam pelajaran siswa SD dihitung 35 menit, dengan banyak jam pelajaran per minggu bervariasi. Kelas I 30 jam, kelas II 32 jam, kelas III 34 jam, kelas IV, V,VI 36 jam.

Struktur kurikulum SD/MI terdiri atas mata pelajaran umum kelompok A dan mata pelajaran umum kelompok B. mata pelajaran umum kelompok A merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan.

Dan kompetensi keterampilan peserta didik sebagai dasar penguatan kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mata pelajaran umum kelompok B merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap,

Kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan peserta didik terkait lingkungan dalam bidang social, budaya dan seni.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang mata pelajaran sekolah dasar, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya. See you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *