Transformasi Geometri, Silahkan Cek Disini !

Transformasi Geometri

Transformasi geometri merupakan jenis soal yang sering muncul di ujian dan salah satunya di ujian UTBK tentunya.

Informasi yang akan saya bahas disini mengenal transformasi geometri secara lengkap dengan pengertian dan juga rumus – rumusnya tentunya.

Informasi pertama disini yaitu apa itu transformasi geometri ? transformasi geometri menurut KBBI ini disusun berdasarkan dua kata pembentuknya yaitu transformasi dan geometri.

Transformasi yang artinya perubahan rupa seperti bentuk, sifat, fungsi dan sebagainya yang juga bisa menjadi perubahan struktur gramatikal lain dengan menambah dan juga mengurangi ataupun menata kembali unsur – unsurnya.

Nah sedangkan geometri ini merupakan ilmu ukur dalam cabang matematika yang menjelaskan sifat – sifat garis, sudut dan juga bidang hingga ruang tentunya.

Kemudian dari hal dua berikut dapat di simpulkan bahwa transformasi geometri merupakan hal yang berhubungan dengan perubahan rupa yang dilihat dari garis, sedut, bidang dan juga ruang tentunya.

Untuk anda ketahui bahwa jenis transformasi geometri ini terbagi atas 4 jenis tentunya yang wajib anda ketahui tentunya.

1. transformasi geometri translasi pergeseran

geometri translasi atau pergeseran merupakan jenis transformasi geometri yang berhubungan dengan perpindahan suatu titik sepanjang garis lurus tentunya.

2. transformasi geometri refleksi atau pencerminan

geometri refleksi atau pencerminan merupakan perpindahan yang bersifat seperti cermin tentunya.

3. transformasi geometri rotasi atau perputaran

geometri rotasi atau perputaran dimana bahwa rotasi ini bentuk transformasi dengan memutar titik yang ada sebesar 0 derajat tentunya.

4. transformasi geometri dilatasi atau perkalian 

geometri dilatasi perkalian dimana ukuran objek sehingga jika dilihat dari gambar bahwa bangun datarnya tetep sama yang artinya dilatasi tentunya.

#1. Transformasi Geometri Kelas 11

Untuk geometri kelas 11 ini terdapat materi tentang penggunaan matriks dalam menyelesaikan sebuah operasi transformasi geometri tentunya.

Transformasi ini banyak sekali dijumpai dalam kehidupan sehari – hari tentunya semisalnya di kehidupan sehari – hari, perpindahan kendaraan dari satu tempat ke tempat yang lain tentunya.

#2. Transformasi Geometri Contoh Soal

Berikut ini contoh untuk geometri contoh soal yang wajib anda ketahui tentunya disini yaitu sebagai berikut :

Di bawah ini terdapat beberapa contoh soal geometri beserta pembahasannya yang sudah kami kumpulkan. Silakan dipelajari dan dipahami untuk meningkatkan pemahaman anda tentang transformasi geometri.

Tentukan koordinat titik A jika A’ (13, -20) merupakan bayangan titik A karena translasi B (10, -7), yaitu:

Misal A = (x, y), maka

Jadi, koordinat titik A adalah (3, -13).

Nah demikianlah artikel tentang transformasi geometri, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *