Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang, Cek Disini!!!

Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang

Teknik otomotif universitas negeri malang – Saat ini Universitas Negeri Malang (UM) memiliki Fakultas Ilmu PendidikanFakultas SastraFakultas MIPAFakultas EkonomiFakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu KeolahragaanFakultas Ilmu Sosial

Fakultas Pendidikan Psikologi, dan Pascasarjana. Secara umum, UM merupakan perguruan tinggi yang telah mengalami perkembangan dan perubahan nama sejak didirikan pertama kalinya. 

UM pertama kali didirikan melalui terbitnya surat keputusan nomor 38742, dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Pada pertama kalinya tersebut, PTPG dipimpin oleh Prof. 

Sutan Adam Bachtiar sebagai Rektor PTPG Malang dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan, Prof. Mr. Muhammad Yamin. 

Pada masa berikutnya, UM terus berkembang dan mengalami perluasan mandat, sehingga menjadi salah satu universitas besar di kota Malang.

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu universitas besar dengan jumlah dosen 1.050 orang, jumlah pelaksana administrasi 1.043 orang, dan jumlah mahasiswa 28.671 orang mahasiswa (data statistik Mei 2020). 

Untuk menunjang aktivitas dari warga UM dalam menjalankan tugasnya sehari-hari di kampus, mutlak diperlukan adanya beberapa fasilitas umum. 

Tersedianya fasilitas umum ini tentunya diharapkan dapat memperlancar tugas-tugas yang diberikan kepada sivitas akademika secara langsung ataupun tidak langsung. 

Beberapa sarana dan fasilitas umum yang diperlukan dan tersedia di kampus UM antara lain asrama mahasiswa, kolam renang, BNI Kantor Layanan UM, BRI Kantor Kas UM, ATM BNI BRI dan BTN, gedung pertemuan (Sasana Krida, Sasana Budaya, Graha Cakrawala), kantin, 

Kantor Pos, Kegiatan Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma, Kegiatan Warga (Katholik dan Protestan), Pengembangan Kehidupan Agama, Masjid Al-Hikmah, Poliklinik, sarana kesenian, sarana olahraga, sarana transportasi, tempat parkir dan lalu-lintas kampus, koperasi mahasiswa, 

Toko dan koperasi, hotspot, dan wisma tamu (Guest House). Sebagai salah satu fakultas di UM, FT pertama kali didirikan pada tanggal 1 September 1965 dengan keluarnya SK No 37 tahun 1965, yang bernama Fakultas Keguruan Teknik (FKT). 

Pada operasional pertama kali, FKT mencakup Departemen Teknik Mesin, dan Departemen Teknik Sipil. Seiring dengan perkembangan UM, Tabel 1.2. berikut ini melukiskan keberadaan FT. 

Dengan semakin berkembangnya FT, maka pengelolaannya menjadi 4 Jurusan, yang mencakup Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Elektro, dan Teknologi Industri. 

Universitas Negeri Malang Mengantongi akreditasi A sejak 2017 dari BAN-PT, jurusan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Malang termasuk program yang memberikan pengajaran cukup lengkap.

Faktor ini pula yang membuatnya masuk dalam daftar universitas teknik otomotif terbaik di Indonesia. Adapun total SKS yang tersedia adalah 144 hingga 152 SKS.

Di sini, kamu bakal mempelajari mata kuliah seputar Peralatan Otomotif, Teknologi Motor Diesel, Teknologi Motor Bensin, Kelistrikan Engine, hingga Perbaikan Bodi Kendaraan.

Jurusan pendidikan teknik otomotif mempelajari pengetahuan teknik otomotif (menguasai sejarah dan perkembangan teknik otomotif, dasar teknik otomotif, dan gambaran umum dunia otomotif), Perawatan otomotif (menguasai teknik perawatan mesin, chasis, bodi,

Dan kelistrikan otomotif), teknologi Otomotif (menguasai teknik pembuatan komponen otomotif), dan enterpreneur (menguasai dasar-dasar manajemen dan pelayanan kepada konsumen serta mampu menjadi enterpreneur dalam bidang otomotif)

Gelar Sarjana Pendidikan Teknik Otomotif adalah (S.Pd). Lulusan jurusan ini memang dipersiapkan untuk menjadi Tenaga pendidik di bidang teknik otomotif, tetapi tidak menutup kemungkinan mereka dapat menjadi seorang wirausahawan di bidang otomotif.

Berikut ini visi, misi dan tujuan jurusan teknik otomotif universitas negeri malang:

  • Visi

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif sebagai pusat keunggulan nasional dalam penyelenggaraan pendidikan tenaga pendidik bidang keahlian teknik otomotif, dan pusat pengembangan serta penerapan ilmu dan teknologi otomotif.

  • Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan tenaga pendidik bidang keahlian teknik otomotif yang unggul; 
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi di bidang teknik otomotif; 
  3. Memberikan bantuan kepada masyarakat dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan kejuruan bidang studi teknik otomotif.
  • Tujuan

Menghasilkan lulusan sarjana (S1) pendidikan teknik otomotif yang memiliki kompetensi dan kewenangan sebagai guru teknik otomotif pada sekolah menengah kejuruan 

Atau instruktur teknik otomotif pada lembaga kejuruan teknik/industri, dan perancang Program Pelatihan dalam bidang pendidikan dan teknik otomotif

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang teknik otomotif universitas negeri malang, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *