Jurusan Statistika di UNRI 2023

Jurusan Statistika di UNRI

Jurusan statistika di unri – FMIPA Unri dibuka tahun 1963 bersamaan dengan diresmikannya Universitas Riau dan awalnya bernama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) yang memiliki tiga jurusan yaitu Jurusan Ilmu Pasti, Fisika dan Kimia. Pada tahun 1963.

FIPIA diubah namanya menjadi FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Program studi statistika FMIPA Universitas Riau merupakan program studi yang didirikan pada tahun 2016

Program studi ini berada dibawah naungan jurusan matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau. Saat ini prodi S1 Statistika memiliki 8 orang dosen homebase dan dosen tetap dari Jurusan Matematika dari berbagai bidang riset dan keahlian. 

Capaian pembelajaran dan profil lulusan disusun berdasarkan panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi di era industri 4.0 untuk jenjang pendidikan sarjana dengan gelar S.Stat.

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 4594/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2020 yang dikeluarkan pada tangga 11 Agustus 2020, Prodi Statistika UNRI meraih Akreditasi B. 

Captain ini patut diapresiasi, pasalnya Prodi Statistika merupakn program studi yang baru berdiri pada tahun 2016 tepatnya pada tanggal 10 Maret.

Berikut ini visi dan misi jurusan statistika di unri:

Visi

Menjelang tahun 2035 Prodi Statistika menjadi lembaga yang unggul dalam bidang penelitian di Wilayah Sumatera, mampu berkompetisi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran serta pengembangan dan pelayanan Statistika di Indonesia dan dikenal di wilayah Asia Tenggara

Misi

  1. Unggul yang dimaksudkan adalah dengan menunjukkan kepada publik bahwa Prodi Statistika mampu menjadi acuan dalam penelitian Statistika di Sumatera.
  2. Mampu berkompetisi maknanya Prodi mempunya sumber daya yang baik sehingga mampu bersaing untuk tingkat nasional.
  3. Dikenal di Asia Tenggara, maksudnya Prodi telah menjalin kerjasama dengan Prodi sejenis di kawasan Asia Tenggara sehingga dapat melakukan berbagai kegiatan bersama.

Jurusan Statistika mempelajari statistika dan penerapannya di berbagai bidang, khususnya di bidang industri dan bisnis, komputasi, ekonomi finansial dan aktuaria, sosial dan kependudukan, serta lingkungan dan kesehatan. 

Mahasiswa jurusan akan belajar cara mengumpulkan data, menganalisis, hingga menyajikan dan menginterpretasikan data agar dapat dibaca serta dipahami.

Gelar yang diperoleh Sarjana Statistika adalah (S.Si) atau (S.Stat) sesuai Universitas tempat menempuh pendidikan. Prospek kerja jurusan ini terbilang cukup luas karena ahli data dibutuhkan hampir di setiap perusahaan. 

Sarjana Statistika dapat bekerja di Instansi Bidang Konsultan Riset, Quality Assurance, Riset dan Perkembangan, Analisis Data, Bank Pemerintah dan Swasta, Riset Pasar, Badan Pusat Statistik (BPS), Pemerintah Daerah, Industri, dan lain-lain.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang jurusan statistika unri, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *