Teknik Mesin UNAND , Berikut Info Lengkapnya!

Teknik Mesin UNAND

Teknik Mesin UNAND – UNAND Merupakan salah satu kampus yang berstatus Negeri di kota Padang, Universitas Andalas atau yang dikenal UNAND merupakan Kampus Impian bagi Pelajar yang ingin melanjutkan Pendidikannya di kota Padang.

Nah jika kalian Kuliah di UNAND dan mau mengambil jurusan Teknik Mesin UNAND, kalian bisa membaca referensi dari kami ini, sebelum kita bahas terlalu jauh mengenai Teknik Mesin UNAND. Kita bahas dulu sejarah dari Teknik Mesin UNAND.

Program Studi S1 Teknik Mesin UNAND berada di bawah Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas yang berlokasi di Kampus Limau Manis, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Pendirian Program Studi Teknik Mesin Universitas Andalas didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0233/P/1984 tanggal 14 Mei 1984 serta Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 25/Dikti/Kep/1984 tanggal 15 Mei 1984.

Penerimaan mahasiswa angkatan pertama dilakukan pada tahun ajaran 1985/1986. Pengembangan awal program studi dibantu oleh kerjasama dengan berbagai pihak seperti :

Institut Teknologi Bandung (ITB), PT.Semen Padang, PT.PLN (Persero), dan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat.

Usaha pengembangan tersebut dilanjutkan dengan bantuan proyek HEDS yang berlangsung dari tahun 1990 hingga 2002 dan EEDP-ADB pada tahun 1996-2000.

Periode 2004-2012, pengembangan program studi banyak terbantu dari hibah-hibah pengembangan yang diberikan Dikti, seperti program hibah SP4, A2 dan Program IMHERE.

Saat ini Jurusan Teknik Mesin UNAND telah mengelola 3 (tiga) program studi yaitu Program Studi S1 (Sarjana) Teknik Mesin, Program Studi S2 (Magister) Teknik Mesin, dan Program Studi S2 (Doktor) Teknik Mesin.

Berbagai bentuk perbaikan dan pembenahan dari segi tata kelola maupun mutu pendidikan juga terus dilakukan. Hasil dari berbagai usaha tersebut adalah berhasilnya Program Studi S1 Teknik Mesin memperoleh akreditasi B dari BAN-PT untuk periode 1998-2006.

Kemudian mendapatkan akreditasi A untuk periode 2006-2011, mempertahankan akreditasi A untuk periode 2012-2016.

Di Periode 2016-2021 Teknik Mesin UNAND Kembali mendapatkan Akreditasi A.  ini diberikan berdasarkan SK No. 2781/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016 tanggal 24 November 2016, dan berlaku hingga 24 November 2021.

Sedangkan Teknik Mesin UNAND Akreditasi tahun ini Unggul dengan No Sk 6095/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/IX/2020, Akreditasi ini berlaku 29/09/2020 sampai 29/09/2025.

Jika kalian tertarik masuk Teknik Mesin UNAND, persyaratannya sebagai berikut :

Mekanisme Pendaftaran Teknik Mesin UNAND

1) Persyaratan Umum Teknik Mesin UNAND

  1. Lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat tiga tahun terakhir yang sudah mempunyai ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL); dan
  2. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditentukan oleh masing-masing Program Studi.

2) Persyaratan Khusus Teknik Mesin UNAND

  1. Nilai rapor.semester 1 s.d V
  2. Memiliki prestasi serendah-rendahnya peringkat/juara III dalam bidang bakat, minat dan penalaran pada kejuaraan/lomba tingkat internasional atau nasional.
  3. Prestasi tersebut diperoleh dalam tiga tahun terakhir selama pendidikan dan/atau setelah tamat.
  4. Kriteria prestasi unggul tersebut mencakup :
    • Juara/prestasi tingkat internasional yang dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga penyelenggara;
    • Juara/prestasi tingkat nasional yang dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga resmi (Kementerian, Organisasi Resmi dan Perguruan Tinggi Negeri)
    • Untuk Bidang Olahraga diselenggarakan oleh Organisasi Olimpiade / Induk Olahraga Internasional, KEMENPORA, KONI Pusat atau Pengurus Pusat Induk Cabang Olahraga / Kemdikbud Dikti / Kemenag. seperti : Olimpiade Internasional / ASIAN Games / SEA Games / Kejuaraan Internasional, PON/Kejurnas, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) / Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah Nasional (AKSIOMA). Untuk Bidang Kesenian diselenggarakan oleh Kemendikbud Dikti seperti: Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Lomba Cipta Sen Pelajar Nasional (LCSPN), Lomba Karya Cipta Jurnalistik Nasional (LKCJ), Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK atau AKSIOMA yang diselenggarakan oleh Kemenag.
    • Untuk Bidang Sains / Penalaran diselenggarakan oleh Kemdikbud Dikti seperti: Kompetisi Sains Nasional (KSN), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK, Lomba Debat, Robotika atau Kompetisi Sains Madrasah (KSM) atau yang diselenggarakan oleh Kemenag.
    • Untuk Bidang Keagamaan diselenggarakan oleh suatu negara berupa MTQ Internasional atau diselenggarakan oleh Kementerian Agama / LPTQ seperti: MTQ Nasional atau STQ Nasional.
    • Kegiatan lain (Bidang Sains/Olahraga/Kesenian/Keagamaan) yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Negeri dapat diakui sebagai prestasi jika diselenggarakan minimal secara Nasional dengan bobot penilaian tertentu.
    • Prestasi penalaran lainnya dibidang keagamaan Non Lomba seperti Hafiz Al-Quran minimal 10 (sepuluh) juz yang dibuktikan dengan sertifikat dari sekolah.
    • Bakat dalam bidang kepemimpinan dikhususkan untuk Ketua Umum OSIS/OSIM atau Ketua Umum MPK di SMA/MA/SMK atau sederajat yang dibuktikan dengan :
      • SK pengurus; dan
      • SK/sertifikat pengalaman organisasi/pelatihan kepemimpinan lainnya yang memadai.

Prosedur Pendaftaran Teknik Mesin UNAND 

  • Layanan pendaftaran, Pendaftaran peserta dilayani secara online melalui website Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNAND pada laman https://pmb.UNAND.ac.id/

Tahap-tahap Pendaftaran Teknik Mesin UNAND 

  1. Mengisi biodata singkat untuk mendapatkan Kode Pembayaran dan PIN.
  2. Setelah Kode Pembayaran diperoleh, peserta membayar uang pendaftaran melalui bank yang ditunjuk.
  3. Setelah pembayaran, peserta login ke laman pendaftaran untuk menginput biodata lengkap dan memilih program studi  dengan ketentuan :
    • Setiap peserta dapat memilih 2 (dua) Program Studi baik pada kelompok Saintek atau Soshum, atau campuran 2 (dua) Program Studi Saintek dan Soshum.
    • Lulusan IPA dapat memilih kelompok Saintek dan/atau Soshum, sedangkan lulusan IPS/Bahasa hanya dapat memilih kelompok Soshum.
    • Dokumen yang harus diupload berupa :
    • Fotokopi ijazah  dalam 3 (tiga) tahun terakhir atau SKL bagi lulusan tahun 2022, yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah.
    • nilai rapor semester I s.d V yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah; dan
    • bukti prestasi berupa sertifikat/piagam/surat keterangan (minimal juara tiga tingkat nasional) yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
    • bukti bakat kepemimpinan berupa SK pengurus OSIS/OSIM atau organisasi intra lainnya yang setara di SMA/MA/SMK atau sederajat serta SK/sertifikat pengalaman organisasi/pelatihan kepemimpinan lainnya yang memadai yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.

Nah itulah informasi mengenai Teknik Mesin UNAND, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan kami ucapkan terima kasih telah membaca.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *