Teknik Pertambangan Kerja Apa?

Teknik Pertambangan Kerja Apa

Teknik pertambangan kerja apa – Teknik Pertambangan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses penambangan mineral berharga dan batubara. Fokus dari jurusan Teknik Pertambangan adalah kegiatan eksplorasi, eksploitasi, dan pemrosesan. 

Jadi, kamu akan belajar banyak soal sifat-sifat mineral yang akan ditambang, kegunaannya, cara menambangnya, sampai proses pengolahannya agar dapat dimanfaatkan oleh manusia. 

Lulus teknik pertambangan Kerja apa

Teknik pertambangan tampak menjadi salah satu jurusan teknik terfavorit. Sepintas, studi ini memang terlihat amat menjanjikan seiring dengan prospek dari industri tambang itu sendiri yang dikenal mewah.

Jurusan ini kemudian dianggap memiliki peluang gaji yang amat menjanjikan. Lalu, apa saja peluang karir jurusan ini?

Berikut ini beberapa pilihan pekerjaan lulus teknik pertambangan yang bisa kamu pilih:

1. Konsultan pertambangan

Bekerja di dalam bidang pertambangan itu tidak bisa main-main. Pekerjaan ini memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang tinggi. 

Konsultan pertambangan membantu dalam mengetahui sifat mineral apa yang akan ditambang, apa kegunaannya, dan bagaimana mineral tersebut akan diolah dan dimanfaatkan oleh manusia nantinya.

Prospek kerja teknik pertambangan ini penting, karena membantu perusahaan untuk tidak hanya menambang secara bebas begitu saja.

2. Ahli tambang dan geologi

Prospek kerja teknik pertambangan yang satu ini bertanggung jawab dalam melakukan survei lapisan permukaan bumi. Hal itu dilakukan untuk mengidentifikasi apakah tempat itu cocok untuk menjadi situs pertambangan.

Pekerjaan ini juga bertugas dalam mendukung proses pertambangan yang ramah lingkungan dan memastikan keamanan peralatan dan keadaan kerja di situs tambang. Biasanya ahli tambang dan geologi ini memiliki sertifikasi Competent Person Indonesia (CPI).

Nah, kamu juga harus bisa membuat laporan yang memiliki standarisasi dari Komite Cadangan Mineral Indonesia (KCMI).

3. Ahli pengeboran bumi

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, jurusan teknik pertambangan mempelajari matematika dan mekanisme alat. Oleh karena itu, ahli pengeboran bumi bisa juga menjadi prospek kerja teknik pertambangan.

Pekerjaan ini menuntut kamu untuk tahu cara pengoperasian pengeboran yang lebih ekonomis. Oleh karena itu, gaji yang yang biasanya kamu dapatkan dari pekerjaan ini pun cukup fantastis. 

4. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Tidak sedikit dari lulusan teknik pertambangan yang pastinya ingin bekerja di BUMN. Nah, perusahaan pelat merah ini bisa menjadi prospek kerja ilmu pertambangan yang bisa kamu tuju.

Berikut beberapa perusahaan BUMN di Indonesia yang dinaungi oleh MIND ID (Mining Industry Indonesia):

  • PT Freeport Indonesia (PTFI)
  • PT Aneka Tambang Tbk (Antam)
  • PT Bukit Asam Tbk
  • PT Timah Tbk
  • PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum)

5. Instansi pemerintahan

Selain BUMN, instansi pemerintahan juga bisa menjadi prospek kerja bagi lulusan teknik pertambangan. Untuk Bekerja di instansi pemerintah, kamu bisa mendaftarkan dirimu sebagai dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 

Secara umum, kamu bisa mengincar salah satu posisi di Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. Di luar itu, terkadang ada beberapa kementerian lain yang memberikan kesempatan bagi lulusan jurusan ini.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa bekerja di dinas tingkat daerah seperti Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral.

6. Peneliti

Prospek kerja berikutnya yang dapat dilakukan oleh lulusan dari Teknik Pertambangan adalah menjadi seorang peneliti. Disini Kamu dapat meneliti bahan tambang di Indonesia. 

Nantinya, hasil penelitian yang telah Kamu lakukan tidak hanya bermanfaat untuk dunia Pendidikan namun juga bermanfaat untuk pemerintah sebagai pembuat keputusan dan juga para pelaku usaha.

Rata-rata gaji yang bisa Kamu dapatkan sebagai seorang peneliti yaitu sekitar Rp6.000.000 per bulan

7. Wirausaha Minyak Dan Gas Bumi

Peluang kerja selanjutnya yang bisa dilakukan oleh lulusan teknik pertambangan adalah dengan bekerja menjadi wirausaha minyak dan Gas Bumi. Lulusan Teknik pertambangan tidak harus terjun langsung ke lokasi tambang. 

Kamu juga bisa berkarir sebagai wirausaha, baik itu di bidang minyak dan gas bumi, pengusaha batu bara, ataupun menjadi wirausaha di bidang lainnya yang Kamu minati.

Untuk penghasilannya, tidak ada penghasilan pasti bagi Kamu yang memilih menjadi wirausaha. Seiring dengan perkembangan usaha yang Kamu miliki, Kamu bisa meraih ratusan juta tiap bulannya

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang teknik pertambangan kerja apa, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *