Pendidikan Profesi Guru UNY (Terakreditasi A) 2023

Pendidikan Profesi Guru UNY

Pendidikan Profesi Guru UNY – Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk menyiapkan guru-guru profesional dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Guru profesional adalah guru yang dalam melaksanakan tugasnya mampu menunjukkan kemampuannya, ditandai dengan penguasaan kompetensi akademik kependidikan dan kompetensi substansi atau bidang studi sesuai disiplin ilmunya.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Bagi kalian yang telah menyelesai Pendidikan S1 Keguruan dan ingin melanjutkan Pendidikan Profesi Guru, kalian bisa memilih berkuliah untuk melanjutkan Pendidikan Profesi Guru di Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ).

Sebelum kami bahas mengenai Pendidikan Profesi Guru UNY, kalian harus tahu harapan dari Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)  diadakan, adapun harapan dari Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)  antara lain sebagai berikut :

  1. Kekurangan jumlah guru (shortage), khususnya pada daerah terluar, terdepan, dan tertinggal.
  2. Distribusi guru yang tidak seimbang (unbalanced distribution).
  3. Kualifikasi guru yang dibawa standar (under qualification).
  4. Guru-guru yang kompetensinya masih kurang (low competence).
  5. Ketidaksesuaian antara kualifikasi pendidikan dengan bidang yang diampu guru (missmatched).

Pendidikan Profesi Guru UNY telah menerima sertifikat akreditasi dengan nilai perolehan A, berdasarkan dari Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 5931/SK/BAN-PT/Ak/PP/IX/2022.

Tertanggal 6 September 2022 tentang Peringkat Akreditasi Pendidikan Profesi Guru pada Program Profesi Universitas Negeri Yogyakarta, Kabupaten Sleman.

Dengan Status Akreditasi A Pendidikan Profesi Guru UNY membuat kalian merasa mantap untuk melanjutkan pendidikan kalian di Kampus ini,

Berikut Kualifikasi akademik calon peserta Pendidikan Profesi Guru UNY : 

  1. S1 Kependidikan yang sesuai dengan program pendidikan profesi yang akan ditempuh.
  2. S1 Kependidikan yang serumpun dengan program pendidikan profesi yang akan ditempuh dengan menempuh matrikulasi.
  3. S1/DIV Non kependidikan yang sesuai dengan program pendidikan profesi yang akan ditempuh dengan menempuh matrikulasi mata kuliah akademik kependidikan.
  4. S1/DIV Non kependidikan serumpun dengan program pendidikan profesi yang akan ditempuh dengan menempuh matrikulasi.
  5. S1 Psikologi untuk program PPG pada PAUD SD, dengan menempuh matrikulasi

Jika kalian termasuk dalam kualifikasi tersebut silahkan daftar Pendidikan Profesi Guru UNY, nah kami rasa sudah cukup banyak informasi Pendidikan Profesi Guru UNY, semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan kami ucapkan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *