Daftar Unit Kegiatan Mahasiswa UNPAR 2023

Unit Kegiatan Mahasiswa UNPAR

Unit Kegiatan Mahasiswa UNPAR- Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kemeriahan dan kemeriahan Pameran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tidak dipamerkan di kampus Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Hal ini dikarenakan masa pandemi yang membuat mahasiswa di rumah dengan kuliah daring hingga pandemi mereda.

Lebih sulit lagi bagi mahasiswa tahun pertama untuk mengenal berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa UNPAR secara langsung. Meski keadaan memaksa kami untuk tidak melakukan interaksi tatap muka, banyak unit aksi mahasiswa yang justru kreatif melakukan kegiatan bermanfaat di masa pandemi.

Unit Kegiatan Mahasiswa UNPAR sangat beragam dan terdiri dari berbagai bidang yang diharapkan dapat menjadi wadah untuk menggali potensi diri dan meningkatkan softskill sesuai minat dan kemampuan mahasiswa Unpar, antara lain olahraga, seni dan pencak silat. Tak jarang berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa UNPAR ini menghasilkan prestasi yang membanggakan bagi Unpar.

Berikut Daftar Unit Kegiatan Mahasiswa UNPAR

Olahraga

UKM di Unpar yang secara khusus mewadahi minat olahraga mahasiswa adalah UKM Voli, Bulutangkis, Basket, Tenis, Softball dan Sepak Bola. UKM ini melakukan latihan rutin setelah perkuliahan di lapangan Parahyangan Reksa Raga (Pasaga) maupun di berbagai lokasi khusus lain sesuai kebutuhan. 

Berbagai UKM olahraga secara aktif mengirimkan wakil terbaiknya dalam berbagai kejuaraan yang diselenggarakan oleh pihak eksternal maupun internal dalam Unpar, dan secara rutin mendulang prestasi bagi Unpar.

Selain itu, UKM olahraga juga memiliki program kompetisi yang dibuka baik bagi mahasiswa Unpar maupun bagi mahasiswa perguruan tinggi lain, seperti program invitasi. Selain pelatihan dan kompetisi, berbagai UKM olahraga ini menjadi ruang sosial bagi anggotanya melalui kegiatan bersama.

Seni

Bagi mahasiswa yang ingin terjun ke dunia seni, Unpar menjamu mereka di beberapa UKM. Paduan Suara Mahasiswa (PSM) merupakan wadah bagi mahasiswa Unpar yang tertarik untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi. Di sisi lain, Lingkungan Kesenian Tradisional (Listera) merupakan wadah bagi mereka yang ingin mempelajari berbagai kesenian tradisional di Indonesia. Keduanya telah meraih banyak kesuksesan di tingkat internasional dan nasional. 

UKM (Satre) sastra dan teater juga aktif di sana, yang merupakan wadah pengembangan diri bagi mahasiswa yang tertarik dengan seni peran dan kebudayaan. Bagi Anda yang menyukai fotografi dan desain, UKM Potret cocok untuk Anda. Setiap UKM seni secara rutin menyelenggarakan kursus pelatihan dan pertunjukan untuk menunjukkan kualitasnya. Pertunjukan dan pameran ini juga terkadang menjadi bagian dari inisiasi anggota baru.

Pertahanan diri

Tujuan menguasai pencak silat bukan hanya untuk melindungi diri dari keadaan yang tidak diinginkan, tetapi juga agar tetap sehat dan bugar menghadapi kesibukan perkuliahan. Kendo, Gelar Tarung, Aikido, Wushu, Capoeira, Jiu-Jitsu, Taekwondo, dan Karate merupakan wadah bagi mahasiswa Unpar untuk belajar dan mengembangkan kemampuan bela diri.

Diantara berbagai UKM pencak silat, Tarung Derajat merupakan salah satu keunikan sebagai pencak silat yang diciptakan oleh masyarakat Indonesia. Seni bela diri lainnya berasal dari berbagai negara, seperti kendo, aikido, karate dan jiu-jitsu dari Jepang, wushu dari China, taekwondo dari Korea, dan capoeira, yang merupakan campuran seni bela diri dan ilmu Brasil.

Selain karena berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa UNPAR, pencak silat Unpari memperbaiki kondisi tubuh melalui latihan fisik, juga menanamkan kedisiplinan dan pembinaan mental yang kuat pada anggotanya. Beberapa pencak silat juga melatih keterampilan menggunakan peralatan beladiri baik sebagai bagian dari keterampilan maupun untuk digunakan dalam pertarungan. Berbagai UKM pencak silat tak tertandingi berhasil meraih sukses besar.

Ketertarikan spesial

Belum dapat dipastikan apakah minat mahasiswa tersebut dapat diwujudkan dalam UKM tersebut di atas. Oleh karena itu, Unpar menawarkan wadah bagi UKM yang dikhususkan bagi mahasiswa. UKM dilibatkan

Media Parahyangan yang bergerak di bidang jurnalistik mahasiswa, dan Stasiun Radio Unpar (URS) yang mengelola radio kampus dan tertarik dengan siaran para anggotanya.

Mahasiswa yang berminat dengan dasar-dasar latihan kemiliteran dan pembinaan kerohanian dapat bergabung dengan UKM Bela Negara di Batalyon III Unpar. UKM Airsoft Gun yang bergerak di bidang outdoor dan shooting juga beroperasi sebagai unit kemahasiswaan. UKM lainnya, yaitu Korps Relawan (Korgala) menjadi garda depan mahasiswa Unpar dalam menghadapi bencana, kecelakaan dan keadaan darurat lainnya.

UKM Parahyangan English Debate Society (PEDS) merupakan wadah pengembangan diri bagi mahasiswa yang berminat untuk menyampaikan pendapat, berbicara di depan umum dan berdebat argumentasi dalam bahasa Inggris. Yang terakhir adalah Unit Kegiatan Mahasiswa UNPAR Parahyangan Pecinta Alam (Mahitala), tempat berkumpulnya mahasiswa yang mencintai kelestarian lingkungan dan memiliki hasrat eksplorasi dan petualangan. 

Tentunya, bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa UNPAR merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan oleh mahasiswa Unpar untuk mengembangkan bakat dan berjejaring dengan mahasiswa lain yang memiliki minat yang sama. Jika Anda ingin mendapatkan informasi tentang UKM di Unpar, termasuk keinginan Anda untuk bergabung dengan UKM, Anda dapat mengunjungi laman https://pm.unpar.ac.id/ukm/. (JNS/DAN – Departemen Publikasi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *