Download Logo Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dan Maknanya

Logo Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Logo Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar atau UIN Alauddin adalah Perguruan Tinggi Islam Negeri yang berada di Makassar.

Penamaan UIN Alauddin di Makassar diambil dari nama Raja Gowa ke-14, yang pertama kali memeluk agama Islam pada pada hari Jum’at tanggal 9 Jumadil Awal 1015 Hijriah atau 22 September 1605 Masehi.

Sultan Alauddin yang bernama lengkap I Manngaranngi Daeng Manrabia Sultan Alauddin Tumenanga ri Gaukanna yang lebih populer disebut dengan nama Sultan Alauddin, seorang raja di Kerajaan Gowa yang memerintah pada tahun 1593-1639.

Bagi kalian yang sedang mencari Logo Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, kalian bisa download disini dan kalian perlu tahu juga makna dari Logo Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Logo Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Berikut ada 2 versi Makna Logo Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar :

Versi 1 dari Makna Logo Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Makna dan filosofis Logo yang baru saja diresmikan tersebut yaitu Ada lima elemen yang melambangkan pancasila sebagai dasar dan falsafah Negara

Elemen Pertama, bentuk pola dasar Masjid yang melambangkan UIN Alauddin sebagai pusat pembinaan akhlak, pusat pencerahan dan transformasi ilmu teknologi, serta pusat perkembangan peradaban. 

Elemen kedua, bentuk kubah masjid melambangkan UIN Alauddin sebagai wadah penerapan dan pengembangan tridarma perguruan tinggi yang berbasis pada ajaran islam. Pintu masjid melambangkan UIN Alauddin sebagai pintu gerbang pembangunan manusia muslim yang berakhlak mulia yang berpegang teguh pada kebenaran islam.

Mata pena melambangkan UIN Alauddin sebagai pusat transformasi dan pengembangan iptek yang berbasis pada prinsip dan nilai Universitas Islam.

Elemen ketiga, bentuk perahu phinisi tampak dari depan melambangkan kebenaran UIN Alauddin diwilayah Sulawesi Selatan dan Menggambarkan kekuatan dan kekokohan dalam perjalanan mengemban misi untuk mencapai tujuan Uin alauddin Makassar.

Elemen keempat, bentuk dua buah buku yang terintegrasi. Buku yang berwarna hijau melambangkan alquran dan hadist sebagai kitab suci. Buku berwarna putih melambangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Integrasi kedua buku tersebut melambangkan misi integrasi keilmuan UIN Alauddin di kampus peradaban.

Versi ke 2 dari Makna Logo Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar 

  1. Bentuk lambang adalah garis lengkung membentuk lima sudut, melambangkan sila dari Pancasila
  2. Dua bulu angsa yang pangkalnya berbentuk pena, melambangkan keilmuan;
  3. Konfigurasi kubah mesjid yang dibentuk oleh lengkungan bulu angsa dan pita melambangkan keislaman;
  4. Kitab Al-Qur’an yang terbuka, melambangkan dasar keilmuan Islam;
  5. Garis 17 ( tujuh belas ) pada pita, garis 8 (delapan) pada kitab Al-Quran dan garis 45 ( empat puluh lima ) pada kedua belah bulu angsa , melambangkan hari kemerdekaan Indonesia;
  6. Tiga simpul pada pangkal bulu angsa, melambangkan kesatuan iman, Islam dan ihsan;
  7. Warna dasar Hijau daun melambangkan kedamaian dan warna kuning tua pada garis lengkung melambangkan kemuliaan dan kebesaran jiwa;
  8. Gambar perahu Pinisi dengan dua tiang dan tujuh layarnya berkembang di antara Al-Quran dan tiga simpul pada pangkal bulu angsa merupakan ciri khas daerah tempat Uin Alauddin berada;
  9. Tulisan UIN Alauddin Makassar berwarna hitam terletak ditengah – tengah pita.

Nah itu lah penjelasan dari Logo Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan kami ucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *