Bidang Bidang Akuntansi Terbaru 2022

Bidang Bidang Akuntansi

Kuliah dijurusan akuntansi merupakan sebuah kebanggaantersendiri karena termasuk kedalam jurusan favorit di bidang ilmu sosial pada fakultas ekonomi atau bisnis. Jurusan akuntansi ini memiliki bidang bidang akuntansi yang mesti kamu ketahui sebelum melangkah masuk di jurusan ini. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Bidang bidang akuntansi serta profesi akuntansi 

Akuntansi yang memiliki lapangan kerja yang sangat banyak dan luas ternyata juga  memiliki banyak bidang, tidak hanya akuntansi keuangan saja namun masih  banyak lagi bidang akuntansi yang perlu kamu  ketahui.

Bidang bidang akuntansi diantaranya  adalah:

  1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
    Merupakan bidang yang berkaitan dengan akuntansi  pada unit ekonomi secara keseluruhan. Bidang ini sudah  berhubungan dengan cara pelaporan keuangan bagi pihak-pihak di  luar perusahaan. Laporan yang dihasilkan bersifat serba guna  (general purpose). Kemudian kegiatannya sudah meliputi pencatatan kegiatan finansial yang memiliki tujuan untuk dapat menyajikan laporan keuangan  meliputi neraca, laporan laba rugi dan juga laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan untuk jangka waktu tertentu.
  2. Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)
    Kegiatan  yang dilakukan pada bidang auditing berupa pemeriksaan terhadap hasil pencatatan dan juga laporan keuangan untuk suatu badan, baik pada perusahaan maupun pemerintah. Bidang ini juga berhubungan dengan audit secara bebas  terhadap adanya laporan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan.
  3. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
    Akuntansi Manajemen memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada manajemen di dalam menjalankan usahanya. Beberapa kegunaan akuntansi  manajemen untuk mengendalikan kegiatan perusahaan, lalu memonitor arus kas, dan juga menilai alternatif untuk pengambilan keputusan. Pengendalian perusahaan berupa aktivitas yang dijalankan (activity based management)yang  menjadi tren baru untuk akuntansi manajemen.
  4. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
    Akuntansi Biaya merupakan bidang Akuntansi yang mencatat dan juga menghitung serta menganalisis data biaya untuk perusahaan industri agar usaha dapat menentukan besarnya harga pokok produksi pada barang atau produk. Untuk itu pada Akuntansi Biaya akan didapatkan adanya laporan harga di dalam menyusun laporan keuangan.
    5.  Akuntansi Perpajakan
    Perpajakan termasuk ke dalam bidang Akuntansi yang menekankan pada yang namanya  masalah pajak yang mesti dibayar oleh perusahaan atau perseorangan kepada pihak pemerintah. Dalam perpajakan  dibahas yang namanya  hukum-hukum dan perhitungan-perhitungannya supaya usaha bisa menetapkan besarnya pajak tersebut.
  5. Peranggaran (Budgeting) Peranggaran
    Bidang ini dapat berhubungan dengan adanya penyusunan rencana keuangan mengenai adanya kegiatan perusahaan pada jangka waktu tertentu untuk masa  yang akan datang serta adanya analisis dan pengawasannya. Anggaran berupa sarana bisa  menjabarkan tujuan perusahaan. Anggaran juga berisikan adanya rencana kegiatan supaya dilaksanakan serta nilai uangnya untuk masa akan datang.
  6. Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)
    Pada bidang ini juga mengkhususkan diri pada pencatatan dan juga pelaporan transaksi-transaksi untuk badan pemerintahan. Akuntansi pemerintahan juga menyediakan laporan akuntansi berupa aspek kepengurusan pada administrasi keuangan negara.
  7. Sistem Akuntansi (Accounting System)
    Sistem Akuntansi merupakan bidang Akuntansi yang dapat melaksanakan kegiatan dengan merancang cara  untuk melakukan pencatatan akuntansi agar aman, efektif dan juga efisien, mulai dari mengorganisir dokumen, formulir-formulir dan juga menyusun prosedur pencatatannya.

Demikianlah ulasan mengenai bidang bidang akuntansi. Yuk pahami dengan cermat pembagian bidang tersebut agar kamu bisa memilih bidang apa yang akan kamu fokuskan untuk berkuliah hingga bekerja. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *