Kupas Tuntas Contoh Soal Integral Parsial Kuliah 2021

Contoh Soal Integral Parsial Kuliah

Akreditasi.org, Kupas Tuntas Contoh Soal Integral Parsial Kuliah – Salam literasi untuk semua sobat literasi, kali ini akan ada artikel menarik mengenai Contoh Soal Integral Parsial Kuliah lho.

Informasi umum untuk sobat literasi yang mengambil jurusan yang nantinya menuntut sobat literasi untuk mempelajari materi mengenai Integral. 

Integral yang akan dipelajari salah satunya adalah Integral Parsial. Integral parsial ini merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk melakukan integral yang sifatnya parsial. Perlu diketahui bahwa parsial ini adalah bentuk penyelesaian integral yang dilakukan dengan trik jitu pemisahan.

Banyak sekali tersedia contoh soal Integral parsial kuliah ini di website-website. Hal ini pastinya bertujuan untuk membantu sobat literasi untuk memahami materi Integral khususnya untuk Integral parsial. 

Berikut contoh soal Integral parsial kuliah dan pembahasan yang dikupas secara tuntas.

Pada sebuah daerah diketahui nilai grafik untuk sumbu y memiliki nilai y = sin x, sementara itu untuk sumbu –x nilai 0 ≤ x ≤ π/2. Apabila sumbu y dan x diketahui seperti sebelumnya, maka tentukanlah nilai dari titik pusat daerah yangg dimaksudkan!

Jawaban dari soal :

1. Hal pertama kali yang perlu sobat literasi lakukan untuk menyelesaikan contoh soal Integral parsial kuliah, maka sobat literasi perlu mengetahui luas dari daerah yang dimaksud.

Luas daerah tersebut adalah :

A = 0/2sin x dx = cos x 0/2 = 1

  • Setelah itu, baru sobat literasi bisa menentukan titik pusatnya. Caranya sebagai berikut. Ikuti terus langkah-langkahnya untuk menyelesaikan contoh soal Integral parsial kuliah.

y = 1A 0/2sin x 2 (sin x) dx = 14 0/2(1-cos 2x)dx = 14 x- sin 2x 2  0/2 = 8

2. Selanjutnya, kita bisa mengetahui integral melalui absis titik pusat dengan cara pemisalan dv = sin x dx dan u = x dan akan diperoleh v = – cos x dan du =dx. Berikut penjelasannya supaya sobat literasi bisa lebih memahaminya. 

xsin x dx = -xcos x+ cos x dx= -xcos x+sin x+C   

3. Apabila nilai di atas telah diperoleh, maka sobat literasi akan memperoleh nilai dibawah ini untuk nilai akhirnya. 

x = 1A 0/2xsin x dx=[-xcos x+sin x]    0/2 = 1

Maka sobat literasi memperoleh titik pusat dengan nilai (1, π/8)

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai contoh soal Integral parsial kuliah dan pembahasannya yang dikupas secara tuntas. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 

contoh soal integral parsial kuliah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *