Biaya Hidup di Jakarta Selatan Untuk Mahasiswa

Biaya Hidup di Jakarta Selatan Untuk Mahasiswa

Rincian biaya hidup di Jakarta Selatan untuk Mahasiswa – Ibukota Negara Indonesia (jakarta) memang masuk sebagai daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. 

Tentu saja Jakarta merupakan pusat bisnis dan juga jakarta merupakan Fashion mode nya Indonesia. Jadi, tidak heran jika biaya hidup di Jakarta untuk Mahasiswa tinggi karena adanya proses pertukaran dari daerah ke kota yang cenderung tinggi. 

UMR DKI Jakarta juga saat ini salah satu yang tertinggi di Indonesia dan sudah mencapai Rp 4.453.935. Tips mengelola keuangan memang patut sekali dipelajari terutama jika Kalian adalah seorang Mahasiswa. 

Walaupun angka UMR Jakarta mengalami kenaikan dibandingkan UMR pada tahun lalu, tetap saja banyak yang merasa bahwa biaya hidup di Jakarta untuk Mahasiswa cukup tinggi. 

Penasaran berapa biaya hidup di Jakarta untuk Mahasiswa apalagi untuk mahasiswa yang tinggal di jakarta selatan. 

Rincian Biaya Hidup Di Jakarta Selatan Untuk Mahasiswa

Biaya hidup di Jakarta untuk Mahasiswa yang paling penting diperhatikan adalah kesiapan Mahasiswa dari segi tempat tinggal, biaya konsumsi, dan transportasi.

  • Biaya Tempat Tinggal 

Hidup di Jakarta akan terasa boros jika Kalian tidak Kalian memilih daerah kos yang dekat dengan fasilitas umum. Namun, Kalian perlu memperhatikan dari segi gaya hidup setempat. 

Selain memperhatikan fasilitas umum, Kalian juga perlu melihat harga-harga makanan atau jika memang terlalu mahal, coba maksimalkan untuk memasak makanan sendiri.

Jika Kalian adalah seorang Mahasiswa maka ada beberapa alternatif tempat tinggal yang bisa dipilih di Jakarta antara lain kontrakan, kos-kosan. Bagi Kalian yang ingin menghemat biaya hidup di Jakarta, kos-kosan adalah pilihan yang cukup ideal. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga tempat tinggal di Jakarta antara lain lokasi, fasilitas, dll. Jika tempat tinggal Kalian semakin dekat dengan area kawasan bisnis, maka biaya tempat tinggal akan lebih mahal.

Jika Kalian ingin tinggal di dekat kawasan perkantoran seperti Sudirman, Gatot Subroto, Karet, Kuningan dan area perkantoran di Jakarta lainnya, maka biaya hidup di Jakarta untuk Mahasiswa mungkin cenderung lebih mahal. Namun, Kalian akan lebih hemat dari segi biaya transportasi.

  • Biaya Konsumsi ( Makan ) 

Tidak dipungkiri bahwa biaya hidup di Jakarta untuk Mahasiswa selain tempat tinggal Kalian juga harus mempertimbangkan biaya makan sehari-hari. 

Biaya makan sehari-hari mungkin akan menguras kantong Kalian jika tinggal di area yang memiliki gaya hidup lebih tinggi dibandingkan pinggiran Jakarta. 

Jika ingin berhemat, Kalian bisa menyiapkan modal Rp 50.000 – Rp 100.000 untuk membeli makanan persiapan selama 1 minggu. 

Jika Kalian kesulitan dalam mempersiapkan makanan, Kalian bisa mencoba beberapa makanan di warteg terdekat. Pastikan budget yang Kalian keluarkan per hari untuk konsumsi tidak lebih dari Rp. 15.000. 

Dengan memasak beras sendiri sebenarnya Kalian sudah berhemat untuk membeli makanan di Warteg. Sehingga, Kalian bisa menggunakan budget tersebut untuk membeli lauk dari pagi hingga malam. 

Jadi rata-rata pengeluaran setiap bulan untuk makanan sehari-hari sudah bisa maksimal di angka Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu bukan? 

  • Biaya Transportasi

Biaya transportasi biasanya tergantung dari jarak lokasi kantor ke tempat tinggal. Untuk itu jika Kalian ingin lebih berhemat, pastikan Kalian memilih kos yang jaraknya tidak begitu jauh dari lokasi tempat tinggal Kalian. 

Nah, itulah informasi mengenai rincian biaya hidup di Jakarta Selatan untuk Mahasiswa, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *