Daftar Universitas Negeri di Jawa Timur Terfavorit

Universitas Negeri di Jawa Timur

Universitas negeri di jawa timur- Universitas yang ada di Jawa Timur pun, tidak luput dari incaran calon mahasiswa, khususnya bagi mereka yang ingin mencoba tinggal di daerah Jawa timur. 

Banyak faktor mengapa mereka ingin kuliah di sana, salah satunya adalah biaya hidup yang murah serta memiliki universitas dengan mutu pendidikan yang baik.

Universitas Negeri di Jawa Timur yang Banyak Peminat 

Berikut ini universitas negeri yang ada di jawa timur yang memiliki banyak peminat:

  • UB (Universitas Brawijaya)

Tidak heran apabila universitas ini menjadi salah satu incaran para calon mahasiswa karena universitas ini pun sudah berdiri lama. Bahkan, nama Brawijaya sendiri diberikan oleh Presiden pertama Indonesia, yakni Soekarno.

Kampus ini pun secara konsisten menempati posisi 5 terbaik universitas yang ada di Indonesia, penelitian ini berdasarkan dari hasil dari BAN-PT dan terindeks pula secara internasional oleh Quacquarelli Symonds atau QS.

Selain itu, Universitas Brawijaya sudah terakreditasi dengan nilai A dan no BAN-PT No. 328/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 dan akreditasi ini berlaku sampai tanggal 4 Desember 2023 mendatang.

  • UNAIR (Universitas Airlangga

Universitas ini berdiri dan diresmikan pada tahun 1954, tepatnya pada tanggal 10 November dan bertepatan pula dengan peringatan hari pahlawan yang ke Sembilan. Nama universitas ini diambil dari nama seorang raja yang memerintah pada tahun 1019, di Jawa Timur.

Raja tersebut bernama Rakai Halu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Anantawikramattungadewa atau yang sering dipanggil dengan Prabu Airlangga

Untuk kampus ini sendiri akreditasinya adalah A, nilai ini diperoleh dari hasil penilaian BAN-PT dan memiliki No akreditasi BAN PT 362/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. Sehingga, kamu tidak perlu cemas mengenai mutu pendidikan dari kampus ini.

  • UM (Universitas Negeri Malang)

Universitas ini merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di daerah Blitar dan Malang, provinsi Jawa Timur. Kamu tahu, kampus ini didirikan pada tahun 1954, tepatnya pada tanggal 18 Oktober. 

Sebelum bernama UM atau Universitas Negeri Malang, kampus ini dulunya dikenal dengan nama IKIP atau nama panjangnya Perguruan TInggi Pendidikan Malang.

Nama ini bertahan dari tahun 1964 sampai dengan tahun 1999, lalu setelah itu lebih dikenal dengan nama yang sekarang

  • UBAYA (Universitas Surabaya)

Kampus popular berikutnya adalah kampus swasta yang memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Kampus yang terletak di Surabaya pada tahun 1966 ini, sudah berdiri puluhan tahun dan mutu pendidikannya pun masih terjaga.

Akan tetapi, pada tahun 1968 kampus ini berubah nama dari Universitas Trisakti Surabaya menjadi Universitas Surabaya sampai sekarang. Selain sudah lama berdiri, kampus ini pun sudah menerima akreditasi dari BAN-PT dengan nilai A.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang universitas negeri di jawa timur, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *