Teknik Elektro Unilak, Berikut Kelebihan Jurusan Ini!

Teknik Elektro Unilak

Teknik Elektro Unilak – Bidang Teknik Elektro adalah salah satu bidang rekayasa yang sangat berpengaruh dalam perkembangan peradaban manusia dalam beberapa abad belakangan ini.

Pengaruh di bidang elektronik akan terus meningkat seiring perkembangan teknologi dimasa yang akan datang. Peluang berbagai usaha akan semakin terbuka lebar dengan munculnya berbagai macam jenis perangkat elektronik yang dikembangkan dengan ilmu teknik elektro

Lulusan teknik elektro akan semakin dicari dan dibutuhkan agar dapat menciptakan dan merencanakan teknologi baru dengan memberikan praktek perekayasaan, operasi dan pemeliharaan elektronik serta perencanaan produk baru dan melakukan riset terkini. 

Kali ini kami akan menjelaskan tentang jurusan teknik elektro. Saat ini banyak kampus dan perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan jurusan teknik Elektro. Salah satu kampus yang mengadakan jurusan ini yaitu Universitas Lampung atau disingkat Unila.

Buat kamu yang ingin mengambil jurusan teknik elektro Unilak yuk simak ulasan dibawah ini. 

Teknik Elektro Unilak

Di Indonesia Pendidikan Teknik Elektro atau Elektro Teknik diawali dengan Laboratorium Listrik di Technische Hoogeschool te Bandoeng pada tahun 1942, dan di tahun 1944 dengan pendidikan Denki Kikaika (bagian Listrik & Mesin) sebagai bagian dari Kogyo Daigaku. 

Teknik elektro sendiri merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik dan pengaplikasian dalam kehidupan sehari hari. Ilmu teknik elektro dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama dibidang elektronik.

Bidang ilmu teknik elektro termasuk salah satu bidang ilmu eksakta yang berkembang sangat pesat dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan penciptaan inovasi dan teknologi baru. 

Dalam perkembangannya, disiplin teknik elektro tidak lagi terpaku pada aspek listrik dan kelistrikan saja, tapi telah berkembang ke arah informasi yang lebih luas tidak hanya keilmuan dalam rumpun teknik elektro, namun juga keilmuan diluar teknik elektro. 

Teknik elektro berperan penting dalam perkembangan kemajuan teknologi. Teknik elektro termasuk bagian dari teknik yang mempelajari dan menerapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kelistrikan.

Selain itu, teknik elektro juga berkaitan dengan elektromagnetisme, elektronik, fisika dan matematika yang memungkinkan untuk mendesain sistem peralatan yang berhubungan dengan listrik. 

Akreditasi Teknik Elektro Unilak

Teknik elektro Unilak pada tahun 2020 mendapatkan akreditasi A melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) BAN PT. Dari hasil penilaian, Teknik Elektro Universitas Lampung mendapatkan nilai 361 sehingga layak mendapatkan “A”.

Program Studi Teknik Elektro di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika memiliki staf pengajar yang terhormat dalam setiap bidang keahliannya baik dalam pendidikan maupun penelitian. 

Staf dosen di Unila melakukan aktivitas riset dalam berbagai bidang yang luas, diantaranya adalah kendali otomatis, teknik biomedik, komunikasi, computer aided design (CAD), pengolahan citra dan machine vision, system komputer dan jaringan, pengolahan sinyal digital, elektronika, teknik tenaga, teknologi informasi, sistem intelijen, pengolahan paralel dan terdistribusi, material mikroelektronik dan devais, microwave engineering dan perancangan VLSI.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektro Unilak

Lulusan teknik elektro Universitas Lampung memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Lulusan teknik elektro bisa mendapatkan pekerjaan dalam berbagai sektor perekonomian.

Seperti interactive & digital media, digital & wireless communications, embedded system, electronics industry, intelligent system, IC Design & manufacturing, manufacture, internet technology, multimedia, signal processing, control & automation, energy systems, oil & gas industry, and biomedical engineering. 

Selain itu lulusan teknik elektro juga bisa menjadi wirausahawan di berbagai institusi finansial dan konsultan di bidang elektronik.

Nah demikianlah artikel ini tentang Teknik Elektro Unilak. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang ingin kuliah jurusan teknik elektro. Terima kasih telah singgah 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *