5 Daftar Universitas Negeri yang Ada di Solo

Universitas Negeri yang Ada di Solo

Akreditasi.org,  Universitas Negeri yang ada di Solo, Solo merupakan salah Kota yang menarik untuk dibahas kenapa demikian banyak orang di luar daerah atau dari daerah Solo yang ingin belajar.

Selain belajar tentang seni budaya yang ada di kota Solo keberadaan Universitas Negeri yang ada di Solo  juga menambah daya tarik sendiri, membuat kota kecil ini diminati banyak orang yang ingin belajar.

Nah bagi kalian yang ten atau akarab di sebut dengan KEMDIKBUD.

Pada awal berdiri Institut Seni Indonesia Surakarta  merupakan sebuah perguruan tinggi setingkat akademi dengan nama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta. 

Tujuan didirikan Akademi Seni Karawitan Indonesia sebagai salah satu wadah untuk merintis perkembangan seni tradisional.

Kampus ini berdiri pada tahun 15 Juli 1964, saat ini Institut Seni Indonesia Surakarta memiliki 2 fakultas yang mana kedua fakultas ini terdiri dari Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa dan Desain dan Pascasarjana.

Di Institut Seni Indonesia Surakarta biaya kuliah tidak terlalu tinggi karena memakai sistem UKT, nah bagi kalian yang berminat kuliah di Institut Seni Indonesia Surakarta kalian bisa kunjungi webste kampu di https://isi-ska.ac.id/ .

Daftar Universitas Negeri yang ada di Solo 

1. Universitas Sebelas Maret

Di urutan kedua Daftar Universitas Negeri yang ada di Solo  di huni oleh Universitas Sebelas Maret, Perguruan Tinggi Negeri ini berdiri pada tahun 11 Maret 1976 di Kota Solo nah kampus ini pada mulanya merupakan gabungan dari berbagai perguruan tinggi pada m asa itu.

Saat ini  Universitas Sebelas Maret memiliki program pendidikan diploma, sarjana, pascasarjana, dan juga doktoral, Juga terdapat 10 fakultas, yang mana fakultas ini terdiri dari : 

  • Fakultas Seni Rupa dan Desain.
  • Fakultas Ilmu Budaya.
  • Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 
  • Fakultas Pertanian.
  • Fakultas Teknik. 
  • Fakultas Hukum.

Untuk mengtahui informasi lebih lanjut kalian bisa kunjungi website resmi Universitas Sebelas Maret di https://uns.ac.id/id/ .

2. UPBJJ – Universitas Terbuka Surakarta

Daftar Universitas Negeri yang ada di Solo  berikut nya adalah UPBJJ – Universitas Terbuka Surakarta, kampus ini memiliki Unit Program Pembelajaran Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka Surakarta merupakan unit pelaksana teknis Universitas Terbuka Surakarta. 

Tugas dan Tugas UPBJJ-UT merupakan wadah bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan akademik dan administrasi akademik. Untuk kegiatan sehari-hari UPBJJ – Universitas Terbuka Surakarta mempunyai misi memberikan layanan pembelajaran jarak jauh.

Universitas Terbuka sendiri merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 1984. 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai UPBJJ – Universitas Terbuka Surakarta kalian bisa kunjungi di sini https://surakarta.ut.ac.id/ 

3. UIN Raden Mas Said Surakarta

Daftar Universitas Negeri yang ada di Solo  yang ke empat adalah UIN Raden Mas Said Surakarta, perguruan tinggi negeri ini berdiri pada tahun 1997, alamat kampus ini di Jl. Pandawa, Dusun IV, Pucangan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah Indonesia.

Pada mulanya adalah UIN Raden Mas Said Surakarta bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Surakarta, nama ini di uabah pada tahun 11 Mei 2021.

4. Poltekkes Kemenkes Surakarta

Yang terakhir Daftar Universitas Negeri yang ada di Solo  adalah Poltekkes Kemenkes Surakarta,  perguruan tinggi ini di bawah naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yang secara administratif berada di bawah Badan PPSDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan.

Saat ini Poltekkes Kemenkes Surakarta memiliki  8 jurusan di ataranya jurusan tersebut sebagai berikut ; Keperawatan, Kebidanan, Fisioterapi, Okupasi Terapi, Ortotik Prostetik, Akupunktur, Terapi Wicara dan terakhir Jamu.

Untuk mengenai pendaftraan dan informasi lainnnya kalian bisa kunjungi di https://www.poltekkes-solo.ac.id/ .

Nah itulah daftar Universitas Negeri yang ada di Srmasuk dalam daftar banyak orang yang ingin belajar di Solo ini, kami akan rekomendasikan beberapa Universitas Negeri yang ada di Solo.

 Ada banyak Manfaat kuliah di Universitas Negeri yang ada di Solo terutama bagi kalian yang termasuk kedalam kelas ekonomi menengah kebawah.

 Manfaat yang pertama mungkin lebih hemat biaya kuliah, kedua manfaaat kuliah di Universitas Negeri yang ada di Solo  adalah perguruan tinggi sudah terjamin mutu serta kualitasnya.

Di bawah ini kami akan tampilkan list Universitas Negeri yang ada di Solo, kalian tinggal baca dan ikuti saja kami terus, karena kami banyak menyediakaan informasi-informasi menarik lainnya.

5. Institut Seni Indonesia Surakarta

Daftar Universitas Negeri yang ada di Solo  yang pertama adalah Institut Seni Indonesia Surakarta.

 Institut Seni Indonesia Surakarta merupakan salah satu perguruan tinggi negeri dibawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaolo, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua ya, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *