Akreditasi Jurusan Ilmu Syari’Ah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Akreditasi Jurusan Ilmu Syari'Ah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Akreditasi Jurusan Ilmu Syari’Ah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi – Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi atau yang dikenal dengan UIN TS Jambi merupakan salah satu perguruan tinggi islam negeri dari pahlawan nasional yang berasal dari jambi yaitu Sultan Thaha Syaifuddin.

UIN TS Jambi atau lahirnya Institut Agama Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi tidak terlepas dari perkembangan agama islam dan lembaga pendidikan islam yang ada di provinsi jambi.

Hal ini didorong oleh hasrat masyarakat dan ulama jambi, setelah memperhatikan banyaknya lembaga yang mengeluarkan tamatan/lulusan madrasah/sekolah agama tingkat atas jambi, sehingga diadakannya kongres ulama pada tahun 1957.

Pengembangan dari IAIN menjadi UIN merupakan cara untuk meningkatkan kualitas ilmu disiplin islam, hal ini dikarenakan banyaknya mahasiswa/mahasiswi yang memilih untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi UIN Sutha Jambi.

Selanjutnya UIN TS Jambi ini mempunyai 7 fakultas dan 1 program pascasarjana, dan juga terdiri dari 43 program studi termasuk program studi pasca sarjana.

Kemudian UIN TS Jambi ini mempunyai beberapa organisasi kemahasiswaan di antaranya ada SEMA, DEMA, HMP, MENWA, PRAMUKA, KSR, KOPERASI, GENBI DAN IMADIKSI serta ada La PASMA.

UIN TS Jambi sangat unggul di bidang pendidikan, dan juga UIN TS Jambi ini juga sering kali mendapatkan penghargaan salah satunya yaitu sebagai jumlah pendaftar tertinggi kedua pada SPAN-PTKIN 2020.

Pada saat ini universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sudah menyandang akreditasi “ B “ dengan NO. SK 713/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2022. 

Akreditasi  sendiri merupakan merupakan sebuah nilai yang diberikan kepada Perguruan Tinggi atau Sekolah, oleh lembaga yang berwenang memberikan penilaian seperti BAN- PT.

Akreditasi Jurusan Ilmu Syari’Ah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi 

Akreditasi merupakan indikator yang harus dilihat oleh siswa yang tentunya akan melanjutkan pendidikan tinggi di kampus kampus tentunya.

Akreditasi ini terdiri dari dua bagian yaitu adanya akreditasi kampus dan akreditasi program studi atau jurusan yang pada saat ini sudah menjadi Departemen.

Berikut ini  Akreditasi Jurusan Ilmu Syari’Ah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yaitu :

Perguruan Tinggi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Program Studi: Ilmu Syari’Ah
Strata: S2
No. SK: 2694/SK/BAN-PT/Akred/M//VII/2019
Tahun SK: 2019

Akreditasi :B

Tahun kadaluarsa : 2024

 

Nah demikianlah artikel tentang Akreditasi Jurusan Ilmu Syari’Ah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *