Akreditasi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Stit Darul Ulum Sarolangun Jambi

Akreditasi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Stit Darul Ulum Sarolangun Jambi

Akreditasi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Stit Darul Ulum Sarolangun Jambi – Sebelum berdirinya Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Sarolangun adalah merupakan  Kampus 2 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh Maulana Qori Bangko yang didirikan pada Tahun 1998.

Sesuai dengan hasil musyawarah para tokoh masyarakat desa Tanjung antara lain: Drs. M. Thaher Ya’qub, KH. Zainal Abidin, Drs. M. Saman, A. Syukur Amin, M. Zen, H. Kadaruddin, Drs. Afdoluddin, Drs. M. Nasir dan Drs. Damanhuri, dan lain-lain.

Dalam musyawarah tersebut terbentuklah kepengurusan awal sebagai berikut: Ketua Drs. M. Saman, Sekretaris Drs. Damanhuri dan Bendahara H. Kadaruddin. Kepengurusan ini berjalan lebih kurang dua tahun.

Pada tahu 2000 kepengurusan tersebut diganti sesuai dengan ketentuan dari STAI SMQ Bangko, maka diangkatlah Drs. M. Saman sebagai koordinator dan Drs. M. Nasir sebagai sekretaris.

Kemudian atas ide dan saran dari Ahmad Ridwan, M.Pd.I salah seorang dosen IAIN Raden Fatah Palembang Kopertais Wilayah VII Sumbagsel yang diperbantukan di STAI SMQ Bangko, bahwa melihat dari jumlah mahasiswa yang ada, keadaan dosen, jumlah madrasah/sekolah pendukung, dan sarana/ fasilitas lainnya STAI SMQ Bangko Kampus 2 Tanjung sudah layak berdiri sendiri (memisahkan diri dari STAI SMQ Bangko).

Menindaklanjuti ide dan saran tersebut di atas, maka pada tanggal 2 April 2005 para pengurus dan dosen STAI SMQ Bangko kampus 2 Tanjung serta para tokoh masyarakat desa Tanjung mengadakan pertemuan (rapat) membicarakan/ merencanakan pendirian STAI di Tanjung (Kabupaten Sarolangun).

Dalam pertemuan tersebut terbentuklah panitia persiapan pendirian yang terdiri dari; Ketua Drs. M. Saman, Sekretaris Drs. M. Nasir, Bendahara Drs. Junaidi, anggota : Drs Afdoluddin, Syafriliandi Nst., M.Pd.I, dan Azra’i Abbas, S.Ag.

Panitia ini bertugas untuk menyusun proposal pendirian dan persiapan pra kondisi pendirian tersebut.

Dalam pertemuan itu disepakati bahwa nama perguruan tinggi yang akan didirikan adalah STAI Darul Ulum Sarolangun dan jurusan yang diusulkan yaitu jurusan Tarbiyah dengan Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI), dan jurusan Syari’ah dengan Program Studi (Prodi) Ekonomi Islam (EI).

Hasil dari pertemuan tersebut, juga disepakati berdirinya Yayasan Darul ‘Ulum Sarolangun sebagai payung berdirinya sebuah Perguruan Tinggi yang diketuai oleh Drs. M. Thaher Ya’qub.

Pada tanggal 11 Mei 2005 berangkatlah panitia ke Palembang mengantarkan proposal pendirian ke IAIN Raden Fatah, Kopertais wilayah VII Sumbagsel (pada saat itu yang menjabat sebagai rektor/ koordinator Kopertais Prof. Dr. H. J. Suyuthi Pulungan, MA) proposal pendirian disetujui dan mendapat rekomendasi dari Kopertais Wilayah VII Sumbagsel.

Kemudian diteruskan ke Jakarta yakni Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama (sekarang Kementerian Agama).

Akreditasi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Stit Darul Ulum, Sarolangun, Jambi

Setelah melalui proses diskusi dan konsultasi yang cukup panjang baik di STAI SMQ Bangko Kampus 2 Tanjung, Kopertais Wilayah VII Sumbagsel, maupun Dirjen Pendidikan Islam Depag RI, akhirnya upaya dan kerja keras panitia membuahkan hasil.

Dengan dikeluarkannya surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI pada Tangal 28 Mei 2007 Nomor: Dj.1/220.D/2007 tentang persetujuan pendirian Perguruan Tingggi Islam Swasta dalam hal ini atau dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul ‘Ulum Sarolangun (bukan STAI sebagaimana yang diusulkan).

Dengan satu Program Studi (Prodi) yakni Pendidikan Agama Islam (PAI). seiring jalan waktu maka diusulkan kembali tuk perubahan nama Stit Darul Ulum, Sarolangun, Jambi Pada tahun 2021 berganti lah Nama  menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Sarolangun.

Akreditasi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Stit Darul Ulum, Sarolangun, Jambi adalah Baik. Sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 13/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/I/2021. SK ini berlaku semenjak 2021 hingga 2026-01-05,

Itulah pembahasan tentang akreditasi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Stit Darul Ulum, Sarolangun, Jambi. Semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *