Akreditasi Jurusan Teknik Sipil Politeknik Sendawar

Akreditasi Jurusan Teknik Sipil Politeknik Sendawar

Akreditasi Jurusan Teknik Sipil Politeknik Sendawar – Politeknik Sendawar yaitu satu dari sekian Perguruan Tinggi swasta di Nusantara yang berupa Politeknik, dikelola oleh dikti dan tergolong kedalam kopertis wilayah 11.

Perguruan Tinggi ini telah beridiri sejak tahun 30 Agustus 2005 dengan Nomor SK PT 117DO2005 dan Tanggal SK PT 30 Agustus 2005. Politeknik Sendawar terletak di Jalan Sendawar Raya RT I Barong, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Akreditasi Jurusan Teknik Sipil Politeknik Sendawar

Teknik Sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan/perancangan, manufaktur, manajemen/pengelolaan, dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan.

Artinya, seorang lulusan Teknik Sipil perlu menguasai ilmu terkait desain (saat melakukan perancangan), konsturksi (saat melakukan pembangunan dan menyusun sistem pengelolaan), hingga pemeliharaan lingkungan (saat melihat dampak pembangunan dari berbagai aspek).

Jenis bangunan yang dimaksud di sini meliputi banyak hal, seperti gedung perkantoran, jembatan, jalan raya, bandara, stasiun, komplek perumahan, serta beragam fasilitas umum lainnya.

Oleh karena itu, pilihan topik penelitiannya juga sangat beragam, seperti jembatan dan bantaran sungai/tepi laut, desain jalan, teknologi untuk melindungi manusia dari bencana seperti; banjir dan gempa bumi, serta konservasi lingkungan di suatu wilayah.

Berikut beberapa alasan logis kenapa kamu harus memilih jurusan Teknik Sipil .

  • Peluang kerja lulusan Teknik Sipil sangat luas terutama di negara sedang berkembang seperti Indonesia yang sedang melakukan pengembangan infrastruktur.
  • Perusahaan juga membutuhkan lulusan Teknik Sipil untuk melakukan rekayasa bangunan.
  • Salah satu nilai tambah bagi lulusan Teknik Sipil ialah mampu menghasilkan karya-karya yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Karena tangan-tangan dingin Sarjana Teknik Sipil turut ambil bagian dalam pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan hingga bandara.
  • Sarjana Teknik Sipil juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk memperkuat divisi pengembangan bangunan.
  • Lulusan Teknik Sipil juga bisa lho menciptakan lapangan pekerjaan dengan cara membuka kantor konsultan perencana bangunan atau dengan membuka perusahaan jasa konstruksi (kontraktor) maupun perusahaan pengembang (developer)

Prospek kerja lulusan Teknik Sipil sangat cerah mengingat Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur. Jadi, lulusan Teknik Sipil banyak dibutuhkan oleh sektor pembangunan seperti kontaktor.

Selain itu, lulusan Teknik Sipil juga bisa bekerja sebagai konsultan atau di sektor perbankan yang bertugas untuk mengaudit pengajuan kredit konstruksi.

Dewasa ini, lulusan Teknik Sipil yang memiliki ketertarikan di bidang hukum mulai banyak yang menjadi Pengacara Hak Paten dan bertugas menilai apakah suatu hal baru dan inovatif layak diberi hak paten.

Setiap jenis pekerjaan di seluruh bidang ini menawarkan jenjang karier yang menjanjikan. Berbekal keilmuan yang dipelajari di bangku perkuliahan, pada umumnya rata-rata gaji awal lulusan Teknik Sipil berada pada kisaran Rp5.000.000.

Besaran ini sangat bergantung pada area tempat bekerja, jabatan saat diterima, serta pengalaman yang kamu miliki.

Akreditasi Jurusan Teknik Sipil Politeknik Sendawar adalah Baik. Sesuai dengan SK Nomor 0165/SK/LAM Teknik/VD3/XII/2022. SK ini berlaku semenjak 2022 hingga 2027-12-20.

Demikianlah informasi terkait akreditasi Jurusan Teknik Sipil Politeknik Sendawar. Semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *