Apa Itu Pariwara?

Pariwara

Pariwara adalah teks iklan dalam bahasa Jawa. Definisi dari pariwara sendiri adalah teks yang membujuk masyarakat untuk menggunakan barang dan jasa. 

Tujuannya untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengomsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan. 

Persaingan di bidang iklan memang semakin tajam sejak adanya televisi. namun, media cetak tetap memiliki pangsa pasar tersendiri dan tetap menjadi target produsen dalam mengiklankan produknya.

Pariwara bahasa jawa

Bahasa Jawa bisa digunakan sebagai bahasa iklan. Iklan dalam bahasa Jawa disebut dengan Pariwara. Salah satu cara menarik pembeli adalah dengan menggunakan iklan atau promosi yang menarik.

Sisi menarik iklan dapat dibuat dengan kreasi konsep, gambar, slogan atau bisa juga bahasanya. 

Nah, berkaitan dengan bahasa, khusus untuk menarik pembeli dari suku Jawa beberapa perusahaan memanfaatkan iklan ber-bahasa Jawa agar iklan terasa lebih familiar atau akrab sehingga mudah diterima.

Iklan bahasa Jawa menggunakan krama alus kedengarannya unik bukan? Jika kamu ingin menggunakannya, maka kamu termasuk orang yang eksentrik.

Penggunaan krama alus tentu akan membuat iklan kamu lebih menarik lagi, mengingat bahasa Jawa krama alus mulai banyak digunakan, terutama generasi muda.

Iklan bahasa Jawa krama laus dapat digunakan untuk iklan makanan, minuman, jasa, hotel, pariwisata, pakaian dll

Pariwara persuasive

Pariwara dalam bahasa jawa berarti iklan. Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling dikenal dan paling banyak dibahas orang, hal ini dikarenakan daya jangkaunya yang luas. 

Iklan menjadi instrumen promosi yang sangat penting, khususnya bagi perusahaan yang memproduksi barang atau jasa yang ditujukan kepada masyarakat luas. 

Menurut Kleppner dalam bukunya Advertising Procedure menyatakan bahwa iklan berasal dari bahasa latin Ad-vere berarti mengoperkan pikiran dan gagasan kepada pihak lain. 

Iklan Persuasif Merupakan iklan untuk mempengaruhi atau membujuk konsumen. Persuasif sering juga disebut dengan daya bujuk. Daya bujuk mempunyai daya pengaruh untuk menyihir orang untuk melakukan sesuatu. 

Iklan dengan daya bujuk yang kuat hampir pasti akan menggerakkan konsumen untuk mendekatkan diri dengan brand kita dan tertarik untuk mencobanya. 

Iklan persuasif ini sangat penting apabila mulai tercipta persaingan dan setiap lembaga berusaha menciptakan permintaan. Tujuannya, yaitu: 

  • Membentuk pilihan merk 
  • Mengalihkan pilihan ke merk tertentu 
  • Mengubah persepsi pelanggan terhadap atribut produk 
  • Mendorong pembeli untuk membeli saat itu juga 

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang pariwara, semoga bermanfaat dan jangan lupa  di share ke teman-teman yang lain ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *