Yang merupakan kalimat efektif adalah

Akreditasi.org, Hai adik-adik dan teman-teman, sekarang kita akan membahas soal Bahasa Indonesia tentang kalimat efektif. Nah, mungkin masih banyak di antara kita yang bingung ketika menjawab soal yang berhubungan dengan materi ini karena kurang paham. Namun, adik-adik dan teman-teman tidak perlu kuatir berikut ini akan kita coba paparkan contoh soal beserta penjelasannya dengan rinci. Silakan dibaca dan dipahami dengan baik ya adik-adik dan teman-teman.

 

Yang merupakan kalimat efektif adalah ….

A. Para siswa telah selesai melaksanakan ujian

B. Semua korban kebakaran berterima kasih sekali kepada petugas pemadam kebakaran.

C. Banyak para tunawisma yang terdampak banjir

D. Banyak kuda-kuda yang berlarian di pacuan

 

Jawaban: A

 

Pembahasan:

Kalimat efektif merupakan kalimat yang minimal memiliki subjek dan predikat, hemat penggunaan kata, logis, juga memiliki diksi yang sesuai. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis kalimat efektif.

  1. Penggunaan huruf kapital, miring, atau pun tebal
  2. Penggunaan tanda baca
  3. Penggunaan konjungsi
  4. Kehematan kata dan makna

 

Kalimat efektif pada pilihan tersebut adalah kalimat “Para siswa telah selesai melaksanakan ujian.” Kalimat tersebut memenuhi kaidah penulisan kalimat efektif, seperti penggunaan kapital yang tepat, kalimat tersebut berpola S-P-O, dan hemat penggunaan kata dan makna.

 

Itulah contoh soal beserta penjelasan tentang kalimat efektif. Semoga bisa menambah pemahaman adik-adik dan teman-teman semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *