Kalimat berikut yang menggunakan kosakata emotif adalah

Akreditasi.orgHai adik-adik dan teman-teman, sekarang kita akan membahas soal Bahasa Indonesia tentang penggunaan kosakata emotif. Nah, mungkin masih banyak di antara kita yang bingung ketika menjawab soal yang berhubungan dengan materi ini karena kurang paham. Namun, adik-adik dan teman-teman tidak perlu kuatir berikut ini akan kita coba paparkan contoh soal beserta penjelasannya dengan rinci. Silakan dibaca dan dipahami dengan baik ya adik-adik dan teman-teman.

 

Kalimat berikut yang menggunakan kosakata emotif adalah ….

A. Para pengedar *narkoba pantas mendapatkan hukuman seberat-beratnya.

B. Indonesia merupakan salah satu negara yang kerap disasar oleh para pengedar.

C. Jumlah jaringan *narkoba di Indonesia semakin bertambah setiap tahunnya.

D. Hati orang tua mana yang tega melihat anaknya menderita karena jeratan *narkoba.

 

Jawaban: D

 

Pembahasan:

Kata emotif adalah kata-kata yang bersifat menimbulkan (membangkitkan) emosi subjektif sehingga menciptakan gambaran dalam imajinasi yang merangsang pancaindra. Ciri-ciri kata emotif adalah sebagai berikut.

  1. Membangkitkan emosi.
  2. Menimbulkan emosi positif dan negatif.
  3. Melibatkan pancaindra. Kalimat “Hati orang tua mana yang tega melihat anaknya menderita karena jeratan *narkoba.” terdapat kata emotif pada kata ‘menderita’, yang membuat emosi sedih.

 

Itulah contoh soal beserta penjelasan tentang penggunaan kosakata emotif. Semoga bisa menambah pemahaman adik-adik dan teman-teman semua, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *