Sifat Wajib Rasul Yang Perlu Kamu Ketahui!

Sifat Wajib Rasul

Sifat wajib rasul– Nabi dan Rasul adalah manusia-manusia terbaik pilihan Allah SWT. Tentunya, hal tersebut yang membedakannya dengan manusia yang lain. Selain karena mendapatkan amanah berdakwah, ada sifat wajib bagi rasul yang tentunya dimiliki.

Sifat-sifat tersebut yang menjaga mereka dari dosa, karena tugas seorang nabi dan rasul adalah untuk mengantarkan umat dari zaman jahiliyah menuju zaman penuh pencerahan.

Sifat wajib rasul berjumlah

Rasul memiliki 4 sifat wajib, yaitu siddiq, amanah, tablig, dan fatanah. Berikut penjelasannya:

  • Shiddiq

Shiddiq memiliki makna benar. Artinya, setiap perkataan yang diucapkan atau disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW adalah benar. Sifat wajib Rasul, shiddiq tercantum dalam Surah Maryam ayat 41 yang menyebutkan bahwa:

“Dan ceritakanlah (Muhammad) kisah Ibrahim di dalam kitab (Al-Quran), sesungguhnya dia adalah seorang yang sangat membenarkan, seorang nabi”.

  • Amanah

Amanah berarti dapat dipercaya. Bukti bahwa amanah merupakan sifat wajib Rasul, termasuk Nabi Muhammad SAW dapat dilihat dalam surah An Nisa ayat 58, yang berbunyi:

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum diantara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. 

Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”.

  • Tablig

Tablig adalah sifat wajib seorang Rasul, yaitu menyampaikan wahyu. Sifat wajib Nabi Muhammad SAW tablig ini termuat dalam surah Al Maidah ayat 67, berbunyi:

“Wahai Rasul! Sampaikanlah apa yang diturunkan Tuhanmu kepadamu. Jika tidak engkau lakukan (apa yang diperintahkan itu) berarti engkau tidak menyampaikan amanat-Nya. 

Dan Allah memelihara engkau dari (gangguan) manusia. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir”.

  • Fatanah

Fatanah berarti pandai, cerdas, dan bijaksana. Sifat fatanah tercantum dalam surah Al An’am ayat 83, sebagai berikut:

“Dan itulah keterangan Kami yang Kami berikan kepada Ibrahim untuk menghadapi kaumnya. Kami tinggikan derajat siapa yang Kami kehendaki. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana, Maha Mengetahui”.

Sifat wajib rasul fatanah artinya

Al-Fathonah berarti memiliki kecerdasan yang tinggi. Ini merupakan sifat wajib bagi rasul yang mutlak adanya. Sebab, kecerdasan tersebut dibutuhkan karena berkaitan dengan misi suci yang telah diamanahkan oleh Allah SWT.

Selain itu, karena ujian dan tugas yang diberikan kepada rasul sangat berat, tentunya hal ini memerlukan kecerdasan untuk menyelesaikan masalah secara cepat.

Rasul juga berperan sebagai tokoh Islam, pemimpin, panglima perang, pebisnis, politisi, dan sebagainya semasa hidupnya.

Nabi dan rasul diberi kecerdasan oleh Allah SWT agar mampu merangkul hingga memerangi kaum yang menolak keberadaan Allah SWT dan tidak berada di jalan-Nya.

Selain itu, juga mengajak mereka untuk berada di jalan yang benar dan diridhoi oleh Allah SWT.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Sifat wajib rasul, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *