Mind Mapping Template, Manfaat dan Jenis Mind Mapping

Mind Mapping

Mind Mapping  merupakan alat berpikir organisasional yang memudahkan seseorang dalam menempatkan berbagai informasi di dalam ingatannya untuk kemudian mengambil informasi tersebut kapanpun dibutuhkan.

Pengertian Mind mapp adalah teknik penyusunan catatan demi membantu seseorang menggunakan seluruh potensi otak agar optimum. Caranya, menggabungkan kerja otak bagian kiri dan kanan. Metode ini mempermudah memasukkan informasi dari dalam otak.

Mind map merupakan teknik yang paling baik dalam membantu proses berpikir otak secara teratur karena menggunakan teknik grafis yang berasal dari pemikiran manusia yang bermanfaat untuk menyediakan kunci-kunci universal sehingga membuka potensi otak. Dengan metode mind mapping akan meningkatkan daya ingat seseorang hingga 78%.

Mind Mapping Template

Bagi kalian yang membuat Mind Mapp, kalian bisa menggunakan Mind MappTemplate ini sebagai contoh dari Kerangka berpikir tersebut.

Kalian bisa melihat contoh dari Mind Mapping Template di bawah ini

Mind Mapping Mind Mapping

Mind Mapping Sejarah

Metode Mind Mapp dikenalkan oleh Tony Buzan di tahun 70-an. Konsep ini didasarkan pada kenyataan bahwa otak manusia terdiri dari satu juta sel otak. Sel otak ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian pusat (nukleus) dan bagian cabang yang memancar ke segala arah.

Pencabangan ini membuatnya tampak seperti pohon dengan berbagai ranting di sekelilingnya (Buzan, 2009:30).

Mind Mapp  akan memberikan gambaran lebih detail mengenai ide yang dibuat. Selain itu juga sebagai metode untuk mencari alternatif opsi atau pilihan lain.

Manfaat Mind Mapping

  • Meningkatkan kemampuan mengingat
  • Melatih kemampuan fokus dan konsentrasi
  • Meningkatkan kreatifitas dan imajinasi
  • Menambah efisiensi waktu dalam mempelajari suatu hal
  • Dapat digunakan sebagai metode belajar, pengembangan ide, atau pemecahan masalah

Jenis-jenis Mind Mapping

Mind Mapp  Silabus

Yaitu Mind Mapp yang memberikan gambaran tentang hal-hal yang akan dipelajari. Mind Mapping  jenis ini biasanya dibuat dalam ukuran besar dan ditempel di dinding.

Mind Mapp  Bab

Yaitu Mind Mapp hasil rangkuman bab-bab yang telah dipelajari. Mind Mapp bab dibuat secara ringkas, hanya dituliskan poin penting dari tiap bab.

Mind Mapping

Peta konsep  jenis ini mirip dengan Mind Mapp  bab, hanya saja ada tambahan penjelasan dari setiap bab nya. Peta konsep  paragraf biasanya ditulis dalam buku kecil.

Langkah Membuat Mind Mapping

  1. Siapkan kertas kosong berbentuk mendatar (landscape), tulis ide inti di bagian tengah kertas. Anda juga dapat mengganti atau menambah tulisan dengan gambar agar lebih menarik dan meningkatkan imajinasi.
  2. Cari topik yang berhubungan dengan ide inti. Hubungkan topik-topik ini dengan ide inti hingga membentuk cabang. Tuliskan kata kunci untuk topik cabang ini.
  3. Tambahkan gambar atau ilustrasi di tiap topik cabang.
  4. Beri ruang kosong di kertas untuk menambahkan ide atau gagasan baru.

Perangkat Pembuat Mind Mapping

Seperti dilansir dari goodfirms.co, beberapa software berikut menyediakan layanan untuk membantu membuat Mind Mapping .

  1. Compendium
  2. Freeplane
  3. Wisemapping
  4. Semantik
  5. Xmind
  6. Coggle
  7. Mindmeister

Kalian dapat memulainya dengan menuliskan gagasan paling inti, untuk kemudian dikembangkan menjadi gagasan cabang. Kalian juga dapat melakukan kustomisasi warna dan gambar, disesuaikan dengan selera kalian.

Nah itulah informasi mengenai Mind Mapp, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *