Semaphore Pramuka A Sampai Z, Lengkap!

Semaphore Pramuka

Semaphore pramuka merupakan metode yang digunakan untuk mengirim sinyal atau pesan dengan menggunakan alat sederhana.

Alat sederhana yang biasa digunakan adalah bendera, batang, maupun tangan kosong sekalipun. Semaphore pramuka dilakukan dengan cara mengulurkan kedua tangan membentuk posisi tertentu sesuai formasi yang sudah ditentukan.

Semaphore Pramuka memiliki manfaat sebagai salah satu cara untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Semaphore merupakan salah satu materi yang diajarkan dan wajib dihafalkan oleh seluruh anggota pramuka.

Hal ini bertujuan agar anggota pramuka tetap bisa berkomunikasi dari jarak yang jauh dan berada di tempat yang susah sinyal. Selain itu, semaphore pramuka ini juga sering digunakan untuk kepentingan militer berkomunikasi jarak jauh.

Gambar Semaphore Pramuka A sampai Z

Jika kalian mencara gerakan Semaphore Pramuka A sampai Z, Kalian bisa lihat melalui gambar di bawah ini:

Semaphore Pramuka

Jika didefinisikan secara Ilmiah Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan.

Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semaphore. Pengiriman sandi melalui bendera semaphore ini menggunakan dua bendera, yang masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm.

Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna.

Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning, dimana letak warna merah selalu berada dekat tangkai bendera. Pada awal abad ke 19, semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan.

Informasi tambahan untuk kalian bahwa Pencipta semaphore adalah Sandi Morse yang merupakan warga negara Amerika.

Semaphore dahulu digunakan ketika terjadi perang sipil di Amerika Serikat dengan cara berdiri di suatu tempat yang tinggi atau 2-3 meter di atas permukaan tanah dan melakukan isyarat bendera.

Jadi jika Kalian tergabung Praja Muda Karana harus mengetahui dalam kepala Semaphore Pramuka A sampai Z, agar Kalian bisa nantinya membaca petunjuk yang di tinggalkan.

Sekian dulu dari kami, semoga informasi mengenai Semaphore Pramuka ini bermanfaat bagi Kalian yang membutuhkan, wassalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *