Morfosintaksis Bahasa Korea

Morfosintaksis Bahasa Korea

Morfosintaksis Bahasa Korea- Morfosintaksis adalah gabungan dari morfologi dan sintaksis. Adapun morfologi adalah cabang tata bahasa yang menelaah struktur atau bentuk kata, yang utamanya melalui penggunaan morfem. 

Adapun sintaksis adalah cabang tata bahasa yang menelaah kaidah – kaidah yang mengatur cara kata – kata dikombinasikan untuk membentuk kalimat dalam suatu bahasa.

Baik morfologi maupu sintaksis merupakan bagian dari ilmu bahasa. Morfologi mempelajari seluk beluk bentuk kata. Satuan yang paling kecil yang diselidiki oleh morfologi ialah morfem, sedangkan yang paling besar adalah kata. 

Berbeda dengan sintaksis, yag mempelajari hubungan antara kata / frase / klausa / kalimat yang lain, atau tegasnya mempelajari tentang seluk beluk frase, klausa, kalimat, dan wacana. Jadi kata yang dalam morfologi merupakan satuan yang paling besar, dalam sintaksis merupakan satuan yang paling kecil.

Motivasi bahasa korea 

  • 회망은 꿈이 아니라 꿈을 실현하는 방법이다,hweimangeun kkumi anira kkumel silhyeonhaneun bangbeobida (Harapan bukanlah impian, tetapi jalan membuat impian menjadi nyata)
  • 별을 좋아하는 사람은 꿈이 많고, byeoreul johahaneun sarameun kkumi manko (Orang yang suka bintang itu orangnya pemimpi)
  • 당신이 삶을 완성 시킨다, dangsini nae sarmeul wanseong sikinda (Engkau membuat hidupku lebih lengkap)
  • 진짜 위험한 것은 아무것도 하지 않은 것이다, jinjja wiheomhan goseun amugeotdo haji aneun geosida, (Kesalahan terbesar adalah tidak melakukan suatu tindakan apa pun)
  • 비를 좋아하는 사람은 슬픈 추억이 많고, bireul johahaneun sarameun seulpeun chueogi manko (Orang yang suka hujan itu orangnya melankolis)
  • 스스로를 신뢰하는 사람만이 다른 사람들에게 성실할 있다, seuseuroreul sinnoehaneun sarammani dareun saramdeurege seongsilhal su itda  (Hanya orang yang percaya pada sendiri yang bisa jujur atau tulus pada orang lain.)
  • 웃음없는 날은 쓸모없는 날입니다. 미소 짓고 하루를 즐기는 것을 잊지 마세요,
    us-eum-eobsneun nal-eun sseulmo-eobsneun nal-ibnida. miso jisgo haluleul jeulgineun geos-eul ij-ji maseyo. (Hari tanpa tertawa adalah hari yang tidak berguna. Jangan lupa tersenyum dan menikmati harimu)
  • 인간은 욕심 때문에 칭찬할 없는 일을 하는 경우가 많습니다.
    (ingan-eun yogsim ttaemun-e chingchanhal su eopneun ireul haneun gyeong-uga manh-seumnida.) Manusia sering melakukan hal-hal yang tidak terpuji karena keserakahannya. –Hyun Go Wun
  • 승자는 결코 시도하길 멈추지 않는다 (seungjaneun gyeolko sidohagil meomchuji anhneunda), Seorang pemenang tidak pernah berhenti berusaha.
  • 우리가 자신에게 편안하고 자신을 완전히 받아들일 , 다른 사람들은 우리를 친근한 사람으로 여기고 우리를 있는 그대로 좋아할 것입니다. (uriga jasin-ege pyeon-anhago jasin-eul wanjeonhi badadeuril ttae, dareun saramdeur-eun uri-reul chingeunhan saram-euro yeogigo uri-reul ittneun geudaero joa-hal geos-imnida.) Ketika kita merasa nyaman dengan diri kita sendiri dan menerima diri kita sepenuhnya, orang lain akan melihat kita sebagai orang yang ramah dan menyukai kita apa adanya.
  • 당신의 우상이 당신의 라이벌이 때까지 일하십시오 (dangsin-ui usang-i dangsin-ui raibeol-i doel ttae-kkaji il-hasibsio). Bekerjalah sampai idolamu menjadi sainganmu. –G. Dragon

Contoh morfosintaksis 

Morfosintaksis merupakan perpaduan morfologi dan sintaksis. Keduanya lazim disebut dengan elemen tata bahasa. 

Kridalaksana (1993: 143) mendefinisikan morfosintaksi sebagai struktur bahasa yang mencakup morfologi dan sintaksis sebagai satu organisasi dan kedua bidang itu tidak bisa dipisahkan.

Kata kerja (verb), di sisi lain, adalah kata yang menggambarkan tindakan, keadaan, atau peristiwa. Kata kerja biasanya menjadi predikat dalam kalimat dan menunjukkan apa yang dilakukan subjek. Contoh kata kerja adalah “makan”, “berlari”, dan “berbicara”.

Kata sifat (adjective) adalah kata yang digunakan untuk memberikan deskripsi atau kualitas pada kata benda atau kata ganti. Kata sifat biasanya digunakan sebelum kata benda atau setelah kata kerja “to be”. Contoh kata sifat adalah “besar”, “cantik”, dan “cerdas”.

Kelas kata lainnya, seperti kata keterangan (adverb), kata ganti (pronoun), kata depan (preposition), kata hubung (conjunction), dan kata seru (interjection), juga memiliki peran dan fungsi yang berbeda dalam kalimat.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Morfosintaksis Bahasa Korea, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *