Dasar Dasar Intervensi Psikologis

Dasar Dasar Intervensi Psikologis

Dasar Dasar Intervensi PsikologisIlmu psikologi memiliki cakupan yang sangat luas salah satunya intervensi psikologi. Seperti yang kita ketahui jika ilmu psikologi memiliki cakupan yang cukup kompleks yang mencakup semua aspek dalam kehidupan.

Dalam menghadapi berbagai permasalahan di ruang lingkup psikologi, diperlukan sebuah upaya intervensi psikologi. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah sebuah masalah menjadi lebih rumit dan lebih besar dampaknya.

Psikologi merupakan sebuah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari atau meneliti tentang perilaku, sikap, kejiwaan, mental dalam hubungannya dengan masyarakat atau dengan lingkungan sosialnya. 

Dengan kata lain psikologi dapat juga diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku seseorang yang tampak secara lahiriah dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan jawaban.

Dalam menjalankan observasi psikologi tersebut, ada beberapa macam intervensi yang terlibat di dalamnya yang dikenal juga dengan istilah intervensi psikologis. Ketika melaksanakan observasi kamu harus mengetahui dasar dasar intervensi psikologis.

lantas apakah yang dimaksud dengan intervensi psikologi? Adapun yang dimaksud dengan intervensi dalam bidang psikologi adalah upaya yang dilakukan untuk mengubah perilaku pikiran, atau perasaan seseorang yang mana dalam perubahan tersebut diharapkan dapat berubah kearah yang lebih baik untuk dirinya sendiri maupun bagi lingkungannya. 

Intervensi psikologi tidak hanya dilakukan oleh psikolog, namun dapat juga dilakukan oleh orang yang memiliki kemampuan atau keahlian di bidang tersebut.

lalu apa saja dasar dasar intervensi psikologi? Sebelumnya akan kita bahas apa yang dimaksud dengan intervensi psikologi.

Dasar Dasar Intervensi Psikologis Adalah

Secara umum, intervensi dapat diartikan sebagai campur tangan atau ikut campur untuk menyelesaikan perselisihan untuk mencapai kondisi yang lebih baik. Jika dikaitkan dengan ilmu psikologi, intervensi identik dengan usaha untuk memperbaiki psikologi yang tidak sehat.

Sehingga dapat disimpulkan intervensi psikologi adalah sebuah upaya dan strategi perubahan terencana dengan tujuan untuk memperbaiki fungsi fungsi psikologis yang tidak sesuai alias tidak sehat menjadi lebih baik.

Seperti yang kita tahu, ilmu psikologi sangat luas jangkauan dan cakupannya. Mulai dari hal-hal bertema klinis, perkembangan manusia, kesejahteraan sosial, pendidikan, hingga dunia industri dan organisasi. 

Sehingga intervensi psikologi juga bermacam-macam wujudnya mulai dari intervensi dalam menangani kesehatan mental, rehabilitasi pasca bencana, dan lain sebagainya.

Salah satu poin penting dari intervensi adalah cara atau strategi saat memberikan bantuan. Pihak pihak yang diberi perlakuan intervensi psikologi dapat mencapai tahap perkembangan yang optimal. Interaksi dalam intervensi ini juga dapat bersifat terapeutik  (terapi).

Dasar Dasar Intervensi Psikologis Suatu

Dasar dasar intervensi psikologi ada beberapa macam yaitu sebagai berikut: 

  1. Intervensi Psikoterapi, yaitu intervensi yang dilakukan dalam suatu bentuk perlakuan (treatment) terhadap permasalahan yang sifatnya emosional.
  2. Intervensi Psikoterapi Suportif, merupakan bagian dari intervensi psikoterapi. Yaitu psikoterapi yang bertujuan untuk memperkuat perilaku penyesuaian diri yang sudah baik, dan memberi dukungan psikologi kepada klien. 
  3. Intervensi Psikoterapi Reedukatif yaitu psikoterapi yang bertujuan untuk mengubah cara pikiran dan perasaan klien agar klien tersebut dapat berfungsi lebih efektif dalam semua aspek kehidupannya dengan cara mengkaji ulang keyakinan, serta mendidik agar memiliki pengalaman baru.
  4. Intervensi Psikoterapi Rekonstruktif merupakan intervensi yang bertujuan untuk mengubah seluruh kebijakan klien yaitu dengan cara menggali ketidaksadaran, analisa, defensi yang patologis, memberi pemahaman pada klien tentang proses tak sadar tersebut. 
  5. Intervensi Behavioral, yaitu sebuah intervensi yang bertujuan untuk memodifikasi perilaku maladaptif langsung baik dari segi kognisi, emosi, dan sosiologis. Adapun masalah yang di treatment pada intervensi ini adalah masalah yang dihadapi saat ini.
  6. Intervensi Phenomenological, yaitu sebuah intervensi yang bertujuan untuk memberikan klien belajar mengambil tanggung jawab serta memahami perasaannya dalam berperilaku. 
  7. Intervensi Rehabilitas Psikososial, yaitu sebuah intervensi yang bertujuan untuk memberikan usaha dalam memberikan informasi bagi keluarga atau pasien mengenai masalah atau gangguan yang dialami, membantu pasien memahami, mengurangi atau mencegah munculnya masalah terkait dengan situasi sosial yang sedang terjadi.
  8. Intervensi Preventif, yaitu sebuah intervensi yang bertujuan untuk melakukan pencegahan terhadap suatu masalah yang akan terjadi terutama pencegahan masalah dalam hal ketergangguan mental seseorang.
  9. Intervensi Psikoanalitik, yaitu jenis intervensi yang lebih cenderung berperan atau meneliti tentang teori kepribadian dan teori filsafat.
  10. Intervensi Eksistensial Humanistik, yaitu sebuah intervensi yang bertujuan untuk mengembangkan reaksi melawan psikoanalisis dan behaviorisme yang dianggap tidak berlaku adil dalam meneliti atau mempelajari manusia atau individu. 

NAh, itulah pembahasan mengenai dasar dasar intervensi psikologi. Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *