Kesehatan Mental Anak Yang Perlu Dijaga

Kesehatan Mental Anak

Kesehatan Mental AnakKesehatan mental anak adalah bagian yang sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan seseorang secara menyeluruh terutama pada anak anak. Mental anak perlu dijaga tetap stabil agar tumbuh kembang anak berjalan dengan baik.

Orang tua punya mempunyai peran yang sangat penting dalam mendukung kesehatan mental buah hatinya. Mengasuh dan merawat anak dengan penuh kasih sayang sama dengan membangun fondasi yang kuat bagi anak agar ia dapat mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang dibutuhkannya untuk hidup bahagia, sehat, dan sejahtera.

Kesehatan mental anak atau atau mental health anak berperan penting terhadap kemampuan anak untuk bersosialisasi di sekolah. Dengan menjaga kesehatan mental anak akan mempengaruhi kualitas hidup anak serta cara anak berpikir atau bertindak.

Pada masa kanak-kanak tahap perkembangan yang paling penting yaitu perkembangan mental anak hingga mencapai masa remaja. Karena pada masa ini, perkembangan otak berlangsung begitu cepat.

Jika anak terbiasa tumbuh dengan pengalaman negatif, seperti mendengar obrolan yang tidak pantas untuk anak seusianya, atau anak menjadi korban kekerasan atau bullying, maka anak akan beresiko menderita gangguan kesehatan mental.

Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan anak dalam belajar, bahkan memunculkan rasa rendah diri, minder terhadap orang lain dan cenderung takut untuk mencoba hal baru.

Buat kamu yang memiliki buah hati, penting untuk mengetahui informasi berikut karena menjaga kesehatan mental anak sangat penting. Untuk lebih jelasnya yuk simak informasi di bawah ini.

Kesehatan Mental Anak Usia Dini

Sangat penting bagi orangtua untuk lebih memperhatikan anak terutama terhadap kondisi kesehatan mental anak. Untuk menjaga kondisi kesehatan mental anak sejak usia dini, orang tua perlu melakukan beberapa tips mendidik anak agar kesehatan mental tetap stabil.

Saat ini banyak orang tua yang menaruh harapan terlalu tinggi pada sang anak. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun terlalu menuntut anak melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan mereka dapat menyebabkan anak stress.

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh orangtua adalah untuk tidak memberikan tuntutan dan ekspektasi yang tinggi terutama terhadap bagaimana cara anak berpenampilan dan lain-lain. Kemudian orang tua bisa menerapkan menggunakan pola asuh yang tepat dan sehat yaitu menjalin ikatan yang kuat dan komunikasi yang baik dengan anak.

Saat ini anak anak sudah bisa menyampaikan pendapat dan keinginannya.  Banyak anak yang komplain kepada orang tua karena merasa pendapatnya tidak didengarkan oleh orangtua mereka. 

Misalnya anak tidak tertarik terhadap sesuatu atau anak lemah dalam satu bidang sehingga orang tua mereka menganggap anak mereka bodoh dan kerap membandingkan dengan anak tetangga.

Padahal anak akan membicarakan dengan orang tua topik-topik yang berhubungan dengan sekolah, hobi, dan pastinya akan berputar seputar pendidikan, nilai yang diperoleh, atau tentang rencana mereka perihal karir masa depan mereka.

Sayangnya, pembahasan yang ingin disampaikan anak seringkali membuat mereka dihakimi oleh orang tua. Hal inilah yang membuat mereka merasa malas untuk berbicara dengan orangtua. 

Oleh sebab itu, orang tua perlu mendengarkan cerita anak baik seputar pelajaran apa yang diminati dan bidang apa yang diminati agar dapat diarahkan karir yang sesuai dengan bakat anak. Cobalah untuk berpikir melalui sudut pandang anak agar komunikasi dan ikatan batin dapat terjalin dengan kuat.

Kesehatan Mental Anak Broken Home

Anak atau remaja yang yang orang tuanya bercerai, berpisah atau yang dikenal dengan istilah anak broken home bisa mengalami masalah kesehatan mental. Ada banyak aspek yang bisa menyebabkan kesehatan mental anak terganggu.

Dimulai dari mengembangkan perasaan sinis ke semua orang, masalah kepercayaan, tidak bisa berkonsentrasi, yang pada akhirnya bisa memicu gangguan kesehatan mental. Mereka beranggapan bahwa orang lain menganggap remeh dirinya sehingga muncul perasaan benci dan tidak senang terhadap orang lain.

Anak-anak dari dari keluarga broken home lebih mungkin mengalami masalah mental dibandingkan dengan  anak-anak yang orang tuanya tinggal bersama. Keluarga yang tidak utuh membuat rumah penuh dengan konflik dan situasi ini membuat anak menjadi tidak nyaman. 

Anak akan kehilangan salah satu figur orang tua atau bahkan keduanya. Orang tua yang berpisah sering mengabaikan anak apalagi jika anak ikut bersama salah satu orang tuanya. Orang tua akan sibuk bekerja sehingga waktunya bersama anak anak semakin berkurang.

Nah, itulah pembahasan mengenai kesehatan mental anak usia dini dan anak broken home. Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *