Kumpulan Lagu Wajib Nasional Dan Pencipta Yang Wajib Kamu Tahu

Lagu Wajib Nasional

Lagu Wajib Nasional – Lagu wajib nasional umumnya diperdengarkan ketika peringatan hari-hari besar kepahlawanan atau saat upacara bendera.

Lagu wajib nasional menceritakan mengenai berbagai hal seperti mengenang jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, membangkitkan semangat pemuda bangsa, hingga bentuk rasa cinta tanah air dan keindahan alam di dalamnya.

Hampir semua lagu wajib nasional juga memiliki irama semangat yang membuatnya mudah diingat dan dihafalkan.

Dibalik penciptaan lagu nasional juga menyimpan banyak cerita dan sejarah terbentuknya lagu tersebut. Contohnya lagu Halo-Halo Bandung yang diciptakan oleh Ismail Marzuki pasca peristiwa Bandung Lautan Api pada tahun 1946.

Lagu Wajib Nasional Pendek

Berikut beberapa lagu wajib nasional pendek

  • Bendera Merah Putih

Pencipta: Ibu Sud

Lagu wajib nasional Bendera Merah Putih adalah salah satu lagu nasional dengan lirik yang pendek yang kaya makna. Bendera Merah Putih merupakan lagu karangan Saridjah Niung atau lebih akrab disapa Ibu Sud (Ibu Soed) yang menggambarkan tentang rasa cinta kepada salah satu simbol negara, yakni bendera merah putih.

  • Satu Nusa Satu Bangsa

Pencipta: Liberty Manik

Lagu Satu Nusa Satu Bangsa menjelaskan mengenai ikrar Sumpah Pemuda. Lagu ini pertama kali diperdengarkan melalui radio pada tahun 1947 dan selalu diputar saat memperingati peristiwa Sumpah Pemuda.

  • Hymne Guru

Pencipta: Sartono

Lagu Hymne Guru ditetapkan sebagai lagu wajib nasional oleh Pemerintah pada tahun 1980. Lagu ini menggambarkan sosok guru yang merupakan seorang pahlawan tanpa tanda jasa atas pengabdiannya yang tak kenal lelah untuk mencetak generasi penerus bangsa.

  • Maju Tak Gentar

Pencipta: Cornel Simanjuntak

Lagu nasional Maju Tak Gentar diciptakan oleh Cornel Simanjuntak pada saat awal kemerdekaan dan mulanya berjudul Maju Putra-Putri Indonesia. Lagu ini kerap dinyanyikan untuk membangkitkan semangat rakyat untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

  • Halo-Halo Bandung

Pencipta: Ismail Marzuki

Ismail Marzuki sang pencipta lagu kala itu mengungsi ke wilayah Bandung untuk menghindari pendudukan tentara Inggris dan Belanda di Jakarta.

Saat mengungsi itulah terjadi peristiwa bersejarah yaitu Bandung Lautan Api pada tahun 1946 yang kemudian menjadi inspirasi Ismail Marzuki untuk menciptakan lagu Halo-Halo Bandung.

  • Dari Sabang Sampai Merauke

Pencipta: R. Soeharjo

Awalnya lagu ini berjudul Dari Barat Sampai ke Timur, lantas atas saran Soekarno kemudian dirubah menjadi Dari Sabang Sampai Merauke, persis seperti letak geografis Indonesia yang terbentang dari Pulau Sabang sampai Pulau Merauke.

Lagu Wajib Nasional Garuda Pancasila

Garuda Pancasila adalah lagu wajib nasional yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Dalam sejarah, lagu wajib nasional diciptakan untuk mengapresiasi perjuangan pahlawan dan menumbuhkan rasa semangat perjuangan pada generasi muda.

Seperti halnya lagu wajib nasional yang lain, lagu Garuda Pancasila yang diambil dari lambang dasar negara juga memiliki lirik yang bermakna.

Berikut ini lirik lagu wajib nasional Garuda Pancasila

Garuda pancasila

Akulah pendukungmu

Patriot proklamasi

Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara

Rakyat adil makmur sentosa

Pribadi bangsaku

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Garuda pancasila

Akulah pendukungmu

Patriot proklamasi

Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara

Rakyat adil makmur sentosa

Pribadi bangsaku

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Ayo maju maju

 

Demikianlah pembahasan mengenai lagu wajib nasional. Semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah kecintaan kamu untuk negara Indonesia, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *