Tusuk Festoon Dan Kegunaannya

Tusuk Festoon

Tusuk festoon merupakan salah satu teknik dasar di dalam menjahit tentunya dan pada kegiatan menjahit, tentu tidak asing lagi dengan istilah tusuk festoon.

Tusuk feston  merupakan salah satu teknik di dalam menjahit. Kemudian tusuk feston ini merupakan teknik yang paling sering digunakan untuk menjahit beraneka ragam kerajinan yang berbahan dasar kain flannel tentunya.

Kemudian kerajinan yang biasa dihasilkan adalah hiasan pensil, boneka, gantungan kunci, tas kecil dan sebagainya. Teknik menjahit dengan menggunakan tusuk feston ini cukup sangat mudah dan sederhana tentunya.

Dan untuk cara mengaplikasikan teknik ini pun dapat dilakukan dengan menggunakan tangan dan juga alat yang banyak dijumpai tentunya.

Kemudian ada sangat banyak berbagai macam varian dari tusuk feston ini tentunya. Salah satu macam dari tusuk festoon ini yaitu sebagai berikut :

  • tusuk feston biasa atau tusuk selimut
  • tusuk feston bersilang
  • tusuk feston tertutup atau bentuknya segitiga
  • tusuk feston berkelompok yang diikat
  • tusuk feston kaki dua dan tusuk festoon berganda
  • tusuk feston bekelompok dengan antara
  • tusuk feston naik turun
  • tusuk feston dengan sisipan.

Kemudian tusuk feston ini sebenarnya merupakan teknik dasar dalam menjahit , akan tetapi teknik ini pun sangat kerap membingungkan bagi anda yang tidak terbiasa menjahit tentunya.

Ketika anda belajar tentang tusuk feston ini, hal yang pertama yang anda lakukan yaitu anda harus mempunyai kain dengan serat yang sangat jelas agar dapat memudahkan dalam membuat jarak dan pola jahitan.

#1. Tusuk Feston Sebagai Pengisi

tusuk feston sebagai pengisi  bidang tusuk festoon ini letaknya dapat dibuat secara bebas dan dikerjakan setiap baris dengan cara dibolak balik.

Pada baris pertama setiap tusuk festoon ini menyangkut sedikit kain dasar, dan pada baris – baris berikutnya hanya pada permulaan dan pada ujungnya atau di akhir saja.

#2. Tusuk Feston Digunakan Untuk

Tusuk feston digunakan untuk menjahit kain, dan salah satu tusuk dasar menjahit yang paling sering dilakukan yaitu digunakan untuk menjahit beraneka macam kerajinan dari kain flannel tentunya.

Nah demikianlah artikel tentang tusuk festoon, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *