Ilmu Fisiologi Ternak

Ilmu Fisiologi Ternak

Ilmu Fisiologi Ternak- Mempelajari tentang struktur sel hewan, anatomi dan fungsi organ saluran pencernaan, sistem digesti, absorpsi dan metabolisme serta fungsi nutrien untuk memenuhi kebutuhan pokok, produksi dan reproduksi.

Makalah Ilmu Fisiologi Ternak

Ilmu Fisiologi Ternak adalah salah satu mata kuliah yang diajarkan pada jurusan peternakan. Fisiologi merupakan gabungan dari beberapa ilmu yaitu biokimia, fisika, kimia genetik, imunologi,

dan patologi yang memiliki tujuan untuk memahami secara jelas segala proses yang menjamin hidup suatu individu organisme atau spesies (Sonjaya, 2013). Salah satu materi yang terdapat pada mata kuliah fisiologi ternak adalah sistem digesti.

Sistem digesti dapat disebut juga dengan sistem pencernaan. Pencernaan merupakan serangkaian proses yang terjadi dalam traktus digestivus (alat pencernaan) ternak hingga memungkinkan sampai terjadinya penyerapan/absorbsi (Handayani & Endrakasih, 2018).

Maka dari itu untuk mempelajari isi materi sistem digesti hewan ternak diperlukan pemahaman yang lebih detail. Agar mahasiswa mampu memahami materi sistem digesti hewan ternak, pengajar membutuhkan modul pembelajaran yang baik.

Dalam proses mengajar, modul pembelajaran memiliki peran yang penting. Dengan modul yang baik, mahasiswa dapat melakukan proses belajar dengan tenaga, waktu dan biaya yang lebih hemat.

Modul disusun dan ditulis hingga demikian agar materi yang disampaikan dalam proses mengajar selalu searah dengan tujuan yang telah dirumuskan dengan jelas (Agustina & Adesti, 2019).

Pada umumnya pembelajaran mata kuliah fisiologi ternak hanya menggunakan modul buku ajar, hal ini menyebabkan rendahnya pemahaman mahasiswa.

Pada pengembangan modul ajar memungkinkan berbagai teknologi dapat diaplikasikan ke dalam bidang pendidikan, salah satunya adalah modul pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality.

Jurnal Fisiologi Ternak

Fisiologi ternak adalah cabang ilmu yang mempelajari proses biologis yang terjadi pada hewan ternak, seperti sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem endokrin dan proses-proses metabolic lainnya.

Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana hewan ternak berfungsi dan bagaimana mereka dapat tumbuh, bereproduksi dan bertahan hidup secara optimal.

  • sistem pencernaan adalah salah satu aspek penting dalam fisiologi tenak. Ini mempelajari bagaimana hewan ternak mengolah makanan mereka dan bagaimana makanan dicerna dan diserap oleh tubuh.
  • sistem pernapasan merupakan aspek penting dalam fisiologi ternak. Ini mempelajari bagaimana hewan ternak bernafas dan bagaimana oksigen diserap dan diteruskan ke seluruh tubuh.
  • sistem endokrin mempelajari tentang bagaimana mereka mempengaruhi berbagai proses dalam tubuh seperti pertumbuhan, reproduksi dan metabolisme.Hormon dikeluarkan oleh kelenjar endokrin seperti hipotalamus, hipofisis dan tiroid dan mereka mempengaruhi berbagai sistem tubuh melalui aliran darah.
  • fisiologi ternak juga membahas proses-proses metabolic seperti metabolism energy dan metabolism air. Ini mempelajari bagaimana tubuh memanfaatkan energi dalam makanan dan bagaimana air dikelola dan disalurkan keseluruh tubuh. ini sangat penting karena memastikan bahwa hewan ternak memiliki energy yang cukup untuk beraktivitas dan bertahan hidup serta memastikan bahwa mereka tidak kekurangan air.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Ilmu Fisiologi Ternak, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *